5 Rekomendasi Desa Wisata Paling Indah Di Indonesia


  • 5 Rekomendasi Desa Wisata Paling Indah Di Indonesia
    Desa wisata Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Dok. Wisatalah)

    Berlibur tentu menjadi hal yang menyenangkan. Bagi sebagian orang, liburan adalah aktivitas untuk "kabur" dari hiruk pikuk kehidupan dan kesibukan yang dilalui di perkotaan setiap harinya. Alhasil, tidak sedikit orang yang menjadikan keindahan alam sebagai target utama dalam mencari tujuan wisata. Alih-alih berkunjung ke objek wisata seperti monumen dan sebagainya, desa wisata adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa ditawarkan ketika ingin berlibur. 


    Desa wisata telah lama dijadikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai objek pengembangan yang ditujukan untuk menjadi destinasi liburan alternatif yang menawarkan wisatawan sebuah keunikan tersendiri, mulai dari pemandangan alamnya hingga nuansa desa tradisional hingga kearifan lokalnya. 




    (Baca Juga: 5 Tempat Wisata Dataran Tinggi Cantik di Pulau Jawa)


    Maka dari itu, jika ingin merasakan kehidupan tradisional penduduk desa dan alam segar yang masih belum tercemar polusi, desa wisata menjadi pilihan yang bisa kita ambil saat liburan. 


    1. Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua Barat

    desa wisata

    (Desa Wisata Arborek di Raja Ampat, Papua Barat. Foto: Dok. Wonderful Indonesia)


    Desa wisata yang masuk ke 50 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021 ini terletak di Distrik Meosmansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Arborek atau Desa Wisata Arborek menawarkan sebuah pemandangan hamparan pasir putih yang terbentang sepanjang pulau dan keindahan bawah laut yang menawan bagi para wisatawan.


    Salah satu biota bawah laut yang bisa dilihat para wisatawan adalah ikan Pari Manta. Tanpa perlu khawatir, jika ingin menjelajahi biota laut, para wisatawan akan ditemani oleh para pemandu lokal yang sudah terlatih secara resmi dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan aman. Wisatawan juga bisa mengunjungi objek wisata yang tidak kalah indah lainnya seperti Tugu Injil Marthen hingga merasakan homestay di rumah penduduk lokal.


    2. Desa Penglipuran, Bali

    desa wisata

    (Keindahan Desa Penglipuran di Bali. Foto: Dok. abdidesa.id)


    Desa yang dinobatkan sebagai desa terbersih di dunia ini terletak di kaki Gunung Batur, Kubu, Bangil, Bali. Desa Penglipuran berjarak 45 km dari kota Denpasar. Desa Penglipuran terkenal dengan salah satu desa wisata di Bali yang udaranya masih sejuk, asri, dan memiliki suasana yang tenang karena terletak di dataran tinggi.


    Ciri khas dari desa wisata ini adalah rumah penduduk yang tertata rapi dan memiliki gaya arsitektur yang sama. Wisatawan dilarang untuk membawa kendaraan bermotor ketika memasuki desa ini agar tidak menimbulkan polusi udara dan suara.


    Desa Penglipuran yang telah menerima penghargaan dan prestasi kelas dunia ini sering dikatakan sebagai "wajah asli" Bali yang masih kental dengan nuansa budaya Bali dan keindahan lamanya yang terjaga kelestariannya. 


    3. Desa Kete Kesu, Toraja Utara

    desa wisata

    (Makan kuno di Desa Kete Kesu, Toraja Utara. Foto: Dok. lifestyle.okezone.com)


    Desa Kete Kesu terletak di Paepalean, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara. Desa ini terkenal sebagai destinasi wisata sakral Tana Toraja yang menyimpan berbagai cerita bersejarah. Masyarakat lokal Desa Kete Kesu masih menjunjung tinggi adat istiadat dan tradisi turun temurunnya.


    Ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan wajib mematuhi segala peraturan dan larangan yang telah ditetapkan. Beberapa peninggalan purbakala yang terkenal di Desa Kete Kesu adalah kuburan batu yang sudah berumur ratusan tahun. Selain itu, desa ini juga terkenal dengan penghasil kerajinan pahat hingga lukis yang telah mendapat pengakuan tingkat dunia sehingga banyak wisatawan asing yang membeli karya lokal desa ini.


    Wisatawan dapat melihat Tongkonan atau rumah adat Toraja yang berjejer rapi di sepanjang jalan yang ditelusuri. Wisatawan juga bisa menyaksikan makam kuno yang membuat bulu kuduk merinding yang diakui oleh UNESCO. 


    4. Desa Seigentung, Gunungkidul, Yogyakarta

    desa wisata

    (Keindahan Desa Seigentung di Gunungkidul. Foto: Dok. IDN Times)


    Desa Seigentung terkenal dengan judulkan Desa Wisata IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). Pasalnya, desa ini mampu memanfaatkan teknologi air bersih dengan baik. Warga desa ini terkenal sangat adaptif terhadap teknologi dan bisa menggunakannya sebagai kekuatan untuk mengembangkan ekonomi. Desa yang terletak di kabupaten yang sudah berkali-kali mendapatkan gelar nasional, tingkat Asia, dan global dalam bidang wisata ini cocok bagi wisatawan yang menyukai dataran tinggi. 


    5. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

    desa wisata

    (Keindahan alam Desa Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur. Foto: Dok. Sandro Gratia/Kodesa wisata


    Rekomendasi desa wisata yang terakhir adalah Desa Wae Rebo yang terletak di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa yang terletak di 1.200 mdpl ini disebut sebagai surga di atas awan, dihiasi dengan tujuh rumah adat berbentuk kerucut yang menjadi ikon dari Wae Rebo yang disebut Mbaru Niang.


    Wisatawan bisa melihat kerajinan kain tenun lokal bermotif Manggarai yang menyerupai bunga dengan warna yang lebih cerah. Wisatawan Desa Wae Rebo bisa menikmati liburan seru dengan jungle tracking, merasakan kehidupan masyarakat lokal setempat, menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya, hingga menyaksikan upacara adat Penti dan Tarian Caci yang merupakan refleksi dari kebudayaan warga Desa Wae Rebo.


    (Baca Juga: 5 Hutan Wisata Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi)


    Itulah rekomendasi desa wisata yang paling indah di Indonesia untuk dijadikan tujuan wisata saat liburan. Selamat berlibur!


    (Penulis: Andrea Nathania)

    Tags: desa wisata



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below