Life & health

Manfaat Latihan Daya Tahan Tubuh dan 4 Jenisnya

By : Her World Indonesia - 2023-07-12 19:00:02 Manfaat Latihan Daya Tahan Tubuh dan 4 Jenisnya

Latihan daya tahan tubuh atau endurance training adalah jenis latihan yang membantu kamu meningkatkan stamina dan kemampuan melakukan aktivitas fisik dalam jangka waktu yang lama. Latihan Ini sering digunakan oleh atlet atau orang-orang yang gemar dalam olahraga maupun aktivitas lain yang membutuhkan tenaga dalam waktu lama, seperti mendaki gunung, bersepeda, atau bahkan menyelam.


Latihan daya tahan tubuh memiliki banyak jenis yang bermacam-macam, meski begitu semuanya memiliki beberapa elemen benang merah yang sama. Pelatihan ketahanan biasanya melibatkan aktivitas fisik berirama, berulang, dan terus menerus yang bertujuan untuk secara bertahap meningkatkan jumlah intensitas latihan kamu dari waktu ke waktu.


Melakukan latihan daya tahan tubuh secara rutin dan disiplin dapat memberikan manfaat yang luar biasa terhadap kesehatanmu seperti; menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina dan VO2 MAX (kapasitas nafas), Mengurangi risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya, hingga meningkatkan kesehatan mental. Lalu, Apa saja jenis-jenis latihan daya tahan tubuh? Bagaimana cara melakukannya? Yuk, Simak pembahasannya!


(Baca Juga: 5 Persiapan Sederhana yang Perlu Dilakukan Sebelum Berenang)


1. Latihan aerobik


Latihan aerobik adalah jenis latihan yang menggunakan kelompok otot besar dan mendorong tubuh untuk memaksimalkan penggunaan oksigen. Ini dapat membantu meningkatkan stamina, daya tahan, kesehatan jantung dan fungsi paru-parumu. Aktivitas aerobik meliputi berlari, berenang, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi. Latihan aerobik dapat dilakukan pada intensitas seberapapun sesuai kondisi fisik kita, tetapi penting untuk meningkatkan intensitas secara bertahap saat seiring meningkatnya ketahanan tubuhmu. Latihan aerobik memerlukan kinerja otot yang berat sehingga jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas aerobik dan melakukan pendinginan setelahnya.


2. High-intensity interval training (HIIT)


HIIT, atau High-intensity interval training, adalah jenis latihan kardio dengan intensitas tinggi yang melibatkan aktivitas intens singkat kemudian diikuti dengan periode istirahat atau aktivitas intensitas rendah. Latihan HIIT biasanya lebih singkat daripada latihan konvensional, tetapi bisa sama efektifnya, atau malah lebih, dalam meningkatkan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular kita. HIIT akan memacu paru-paru untuk memompa oksigen dengan lebih banyak sehingga peredaran darah ke jantung akan lebih cepat. Ditambah lagi, Latihan HIIT juga dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori dan lemak daripada latihan biasa.


3. Latihan beban


Latihan beban adalah jenis latihan yang membantu membangun massa dan kekuatan otot. Jenis latihan ini biasanya melibatkan angkat beban atau menggunakan resistance band untuk mengkontraksikan otot dalam melawan gaya. Jenis olahraga ini dapat membantumu meningkatkan kebugaran secara keseluruhan, meningkatkan kepadatan tulang, dan mengurangi risiko cedera. Ada banyak jenis latihan beban yang berbeda, jenis terbaik buatmu biasanya tergantung pada tujuan individu atau tingkat kebugaran badan. Jika kamu baru dalam latihan beban, penting untuk memulai secara perlahan dan bertahap kemudian meningkatkan intensitas latihan dari waktu ke waktu. Penting juga untuk menggunakan kuda-kuda yang tepat saat mengangkat beban untuk menghindari cedera.



(Latihan beban untuk ketahanan tubuh. Foto: Dok. leon ardho/pexels)


4. Cross training


Sesuai namanya, latihan silang atau cross training adalah jenis latihan yang menyilangkan berbagai aktivitas yang berbeda dalam satu rangkaian. Melakukan latihan silang dapat membantu mencegah cedera dengan memperkuat kelompok otot yang berbeda dan meningkatkan kebugaran kita secara keseluruhan. Misalnya, jika kamu seorang pelari, kamu bisa berlatih silang dengan berenang atau bersepeda. Latihan ini membantu kamu dalam menguatkan otot dan persendian sehingga meminimalisir risiko cedera. Lebih lagi, Saat kamu berlatih silang, tidak hanya area kardiovaskular yang terlatih, tetapi juga melatih kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi tubuh. Ini dapat membantumu untuk memiliki peningkatan performa yang lebih baik dalam olahraga apa pun.


(Baca Juga: Menarik! Lakukan Senam Irama Untuk Kesehatan Mental)


Berikut empat jenis latihan daya tahan tubuh yang telah dirangkum oleh Her World. Bagi kamu yang hobi olahraga maupun aktivitas outdoor lainnya sangat penting untuk rutin dalam melakukan rangkaian latihan fisik tersebut. Misal pun kamu sudah memiliki kemampuan teknik olahraga yang baik tapi bukan berarti tubuhmu secara otomatis aman dari cedera. Rangkaian latihan di atas adalah salah satu cara paling efektif dalam menguatkan ketahanan tubuh agar terhindar dari cedera. Jadi jangan ragu untuk mencobanya, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health