Life & health

5 Persiapan Sederhana yang Perlu Dilakukan Sebelum Berenang

By : Her World Indonesia - 2023-06-20 15:00:02 5 Persiapan Sederhana yang Perlu Dilakukan Sebelum Berenang

Aktivitas berenang tentu sering menjadi bagian dari keseharian banyak orang. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan apabila dilakukan secara rutin, serta memiliki unsur rekreasional tersendiri yang membuatnya asyik untuk dilakukan sendiri maupun bersama keluarga atau teman. Berenang sendiri termasuk relatif mudah untuk dilakukan dibanding olahraga lain karena sebagian besar dari kita sudah diajarkan cara berenang sedari kecil.


Secara sekilas, berenang memang tidak terlihat seperti olahraga yang berbahaya. Namun, sama halnya dengan olahraga pada umumnya, berenang tetap memiliki risiko jika kita tidak berhati-hati pada saat melakukannya. Oleh karena itu, Her World telah merangkum beberapa persiapan yang bisa kalian lakukan sebelum berenang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat berenang kalian jadi lebih seru!



(Berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan. Foto: Dok. Jacub Gomez/Pexels)

1. Beristirahat dengan cukup


Persiapan pertama sebelum berenang bahkan bisa dimulai sebelum menuju kolam renang, yaitu menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Salah satu caranya adalah beristirahat dengan cukup. Walaupun berenang bukan merupakan olahraga yang extreme tetapi pada dasarnya saat tubuh manusia memasuki air akan menimbulkan resiko tersendiri. Kondisi badan yang kurang bugar akan melemahkan sistem imun tubuh yang akan berujung pada flu atau masuk angin jika dipaksa untuk berenang.


2. Jangan makan terlalu banyak!


Sebelum berenang usahakan untuk makan secukupnya untuk memenuhi suplai energi kalian selama beraktivitas. Kondisikan agar perut tidak merasa kekenyangan. Pasalnya, berenang dengan kondisi kekenyangan sangat berisiko membuat kalian menjadi mual, dan kemungkinan terburuknya bisa sampai muntah di kolam. Kalau sampai hal itu kejadian, bisa dipastikan aktivitas berenang kalian akan kacau balau.


(Baca Juga: Lakukan Ini Untuk Pola Makan Sehat, Bergizi, Dan Seimbang!)


3. Pemanasan atau peregangan

Semua jenis olahraga tak terkecuali berenang, wajib hukumnya untuk pemanasan atau peregangan terlebih dahulu sebelum mulai. Gerakan peregangan memang cenderung simpel, tetapi sangat penting untuk mempersiapkan otot-ototmu agar tidak kaget saat berolahraga. Jika kamu langsung berenang tanpa peregangan terlebih dulu maka akan sangat beresiko untuk terjadi kram pada ototmu. Lebih parahnya, kalian bisa tenggelam jika sampai terkena kram perut di tengah-tengah berenang dan tentu hal ini sangat berbahaya.


4. Minum air putih yang banyak

Aktivitas yang memerlukan banyak tenaga akan membuat tubuh berkeringat. Tentunya, berkeringat membuat tubuh perlu asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Banyak orang lupa bahwa walaupun di dalam air, saat berenang tubuh juga akan mengeluarkan keringat. Jadi, penting bagi kalian untuk banyak minum air putih sebelum berenang. Saat sedang berenang pun usahakan kalian memiliki bekal air putih yang bisa kalian minum seketika diperlukan.


(Baca Juga: Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh)


5. Membilas badan dengan air bersih


Membilas badan dengan air bersih tentunya sudah lumrah dilakukan setelah selesai berenang. Namun, sebenarnya sebelum masuk ke kolam pun hal ini penting untuk dilakukan untuk memberikan badan kalian penyesuaian terhadap suhu air agar tidak kaget pada saat terendam oleh air kolam renang. Membiarkan tubuh kalian beradaptasi pada suhu air dapat menghindarkan kalian dari terkena masuk angin maupun batuk pilek yang akan mengganggu keseharian kalian. Selain membantu tubuh beradaptasi, membilas tubuh sebelum berenang juga bermanfaat untuk membantu agar kolam renang tetap bersih dari kotoran, terutama jika kalian menggunakan kolam renang umum. 


Itulah beberapa persiapan sebelum berenang yang telah dirangkum oleh Her World untuk membuat aktivitas berenang kalian lebih nyaman dan rendah risiko. Pastikan untuk tidak sampai keinginan kalian untuk menyehatkan badan dengan cara berenang malah berbalik membuat kalian sakit. Jadi pastikan untuk mencoba cara-cara di atas, ya!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)


Life & health