Life & health

Menarik! Lakukan Senam Irama Untuk Kesehatan Mental

By : Her World Indonesia - 2023-03-14 16:00:02 Menarik! Lakukan Senam Irama Untuk Kesehatan Mental

Senam irama adalah jenis senam yang memiliki bermacam gerakan dan dilakukan seirama dengan musik yang mengiriginya. Senam ini bukan senam biasa, terdapat unsur-unsur yang harus kamu kuasai, seperti keluwesan, keseimbangan, kekuatan, ketepatan dengan irama, dan lain-lainnya. Senam irama memadukan antara tari dan gerakan olahraga. Rangkaian senam irama dilakukan dengan gerakan berjalan, melompat, putaran tangan, dan masih banyak lagi.


Senam irama yang merupakan aktivitas olahraga ini, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi fisik semata. Ternyata, menurut beberapa sumber, senam lantai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental, lho! Yuk disimak!


1. Menyehatkan mental dan meningkatkan fokus


(Anak-anak yang melakukan senam irama terbukti memiliki fokus yang lebih baik. Foto: Dok. cottonbro studio/Pexels.com)


Senam irama juga terbukti mampu mendorong hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang dapat meningkatkan suasana hati kamu. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan kalau anak-anak yang melakukan senam irama memiliki tingkat fokus yang lebih baik dan kemampuan memecahkan masalah.


(Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit)


2. Membantu mengatasi stres


Kamu pasti pernah merasa stres dan penuh tekanan. Musik yang mengiringi senam irama dapat membuat mental menjadi lebih sehat karena memiliki efek relaksasi yang meredakan stresmu. Ketika mempraktikan senam irama, kamu akan memperoleh perasaan riang dan berenergi melalui gerakan-gerakan serta iringan musik. Dengan begitu, stresmu dapat mereda.


3. Meningkatkan rasa percaya diri


(Senam irama melakukan urutan gerak yang melibatkan dinamika kelompok dan interaksi sosial. Foto: Dok. Haste LeArt V./Pexels.com)


Dari perspektif kesehatan mental, senam irama juga bermanfaat untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Hal ini terjadi karena di saat kamu menguasai teknik dan gerakan senam, kamu akan merasa lebih bahagia dan percaya diri.


Dengan pembangunan kepercayaan diri, selain bermanfaat untuk fisik dan mental, senam irama terbukti memiliki manfaat secara sosial. Ini terjadi karena dalam melakukan urutan gerak, senam ini tidak jarang dilakukan dengan melibatkan dinamikan kelompok dan interaksi sosial. Hal ini membuat kamu lebih percaya diri karena terbiasa untuk berdinamika dengan orang lain.


(Baca Juga: 7 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Teman-Teman)


Menarik untuk dicoba, bukan? Tenyata, bukan hanya olahraga yoga yang bisa meredakan stres dan bermanfaat bagi kesehatan mental, sekarang kamu tahu satu olahraga baru yang bisa menyehatkan mentalmu. Yuk dicoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Life & health