Life & health

Ini 11 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatan

By : Her World Indonesia - 2023-03-30 19:00:02 Ini 11 Manfaat Berendam Air Hangat Untuk Kesehatan

Biasanya, setelah kamu beraktivitas selama seharian, kamu akan merasa kelelahan. Oleh karena itu, kamu langsung ingin beristirahat di rumah. Nah, kamu perlu membersihkan badanmu terlebih dahulu dengan berendam air hangat di bathtub. Perlu kamu ketahui bahwa menurut dari beberapa sumber kalau berendam air hangat dapat membuatmu semakin tenang dan menyenangkan.


Semakin rileks, badanmu akan menjadi lebih ringan. Namun, berendam air hangat juga memiliki manfaat untuk kesehatan, lho! Kira-kira seperti apa sih manfaatnya? Maka dari itu, yuk, simak ulasannya.


1. Menghilangkan Stres


(Manfaat berendam air hangat, dapat mengurangi stres pada pikiranmu. Foto: Dok.  Nathan Cowley/ Pexels.com)


Jika kamu berendam air hangat setelah melakukan aktivitas, pikiranmu akan lebih tenang. Ketegangan pada tubuhmu juga akan semakin mereda. Efek air hangat juga bisa memberikan emosional dan mental kamu lebih stabil. Maka dari itu, mulai sekarang kamu sudah bisa menerapkan kebiasaan berendam air hangat.


2. Memberikan Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik


(Kualitas tidurmu akan meningkat jika berendam air hangat setelah beraktivitas. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/ Pexels.com)


Selain menghilangkan stres, berendam air hangat juga bisa memberikan tidurmu semakin lebih nyenyak. Maka dari itu, kamu bisa berendam air hangat sebelum jam tidurmu agar keesokan paginya tubuhmu akan lebih ringan dan segar setelah bangun tidur.


3. Relaksasi Otot


(Air hangat dapat memberikan sensasi pijatan dan membuat otot menjadi lebih rileks. Foto: Dok. Craig Adderley/ Pexels.com)


Air hangat dapat memberikan sensasi pijatan selama kamu berendam di bathtub. Otot yang tegang pada tubuhmu akan menjadi lebih tenang dan juga meringankan nyeri. Oleh karena itu, kamu bisa berendam air hangat setelah kamu berolahraga karena dapat mengurangi risiko cedera yang berlebihan.


4. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi kamu memiliki kecemasan atau biasa disebut anxiety, berendam air hangat bisa meredakan jantung yang berdebar. Lalu, tekanan darah juga akan semakin menurun. Kamu bisa berendam air hangat di bathtub selama 10 menit karena efek dari air yang hangat cukup memberikan efek ketenangan pada tubuhmu.


5. Membakar Kalori Pada Tubuh

(Berendam air hangat bisa membakar kalori sama dengan berjalan kaki selama 30 menit. Foto: Dok. Chinmay Singh/ Pexels.com)


Uniknya, berendam air hangat di bathtub, bisa membakar kalori. Apalagi, jika kamu berendam air hangat setinggi pinggang selama satu jam, bisa menggantikan olahraga berjalan kaki selama 30 menit. Cocok bagi kamu yang ingin berolahraga dan juga rileks secara bersamaan.


6. Melembapkan Kulit dan Rambut

Kulit dan rambutmu kering? Tak perlu khawatir bahwa berendam air hangat bisa memberikan kelembapan pada kulit dan rambutmu. Agar lebih lembap, kamu perlu memberikan minyak atau garam pada bathtub agar memberikan kelembapan yang natural dan memberikan kesan yang mewah.


7. Menyeimbangkan Suhu Tubuh

Untuk cuaca yang dingin, suhu tubuhmu menjadi lebih hangat jika kamu berendam air hangat. Tidak ada cara lain untuk menghangatkan tubuh yang tahan lama selain menggunakan air hangat. Oleh karena itu, kamu juga akan terhindar dari demam atau flu yang menyerang akibat suhu dingin.


8. Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Mandi menggunakan air hangat dengan waktu yang lama, dapat membuat sistem imun pada tubuhmu meningkat. Hal ini berdasarkan dari board-certified Internist yakni Dr. Sunitha Posina dari New York bahwa air hangat bisa meningkatkan the CD8 lymphocytes yang dapat membunuh sel virus.


9. Menurunkan Gula Darah


(Untuk kesehatan lainnya, berendam air hangat dapat menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Foto: Dok. PhotoMIX Company/ Pexels.com)


Selain membakar kalori, manfaat air hangat untuk kesehatan lainnya adalah menurunkan kadar gula darah pada tubuh. Bagi penderita diabetes, mandi air hangat sangat disarankan agar gula darah dapat dikendalikan dengan baik. Maka dari itu, untuk orang dengan diabetes tipe dua dapat mengalami sensitivitas insulin saat mandi air hangat.


(Baca Juga: Tak Mudah Sakit, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari)


10. Mengurangi Sakit Kepala

Efek lain dari air hangat untuk kesehatan yaitu mengurangi sakit kepala. Sebagian besar bahwa sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Lalu, efek positif dari air hangat pada pembuluh darah dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Maka dari itu, hal tersebut bisa menyembuhkan sakit kepala kamu.


11. Tubuh Menjadi Lebih Bersih

Selain memberikan efek untuk kesehatan, berendam air hangat bisa membuat tubuhmu semakin bersih. Selain berendam, kamu juga bisa mandi dengan menggunakan shower. Kulitmu juga akan menjadi lebih segar karena berbagai kotoran dan zat beracun cepat menghilang. Oleh karena itu, kamu perlu sering menggunakan air hangat agar tetap sehat.


(Baca Juga: Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!)


Inilah 11 manfaat berendam air hangat untuk kesehatan. Mulai sekarang, yuk, ubah kebiasaanmu dengan menggunakan air hangat. Selamat mencoba!


(Penulis: Sania Zelikha)


Life & health