Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!


  • Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh!
    (Tak Disangka, Inilah 6 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh. Foto: Dok.seb_ra/iStock)

    Apakah kamu termasuk salah satu orang yang tahu kalau minum air hangat ternyata membawa manfaat yang baik bagi tubuh? Ya, minum air hangat setiap hari ternyata membawa dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Sayangnya, beberapa orang justru mengawali hari dengan minum teh atau kopi hangat, bukan air putih.


    Bahkan sebagian yang lain lebih menyukai air putih dingin ketimbang air putih hangat. Padahal terdapat segudang manfaat minum air putih hangat jika rutin dikonsumsi setiap hari. Mulai dari kesehatan pernapasan, pencernaan, hingga mental. 




    Kebiasaan minum air hangat setiap hari juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit dan perlu dirutinkan agar mendapatkan manfaat tersebut. Kamu bisa minum air putih hangat di pagi hari setelah bangun tidur dan juga sebelum tidur. Apa saja manfaat minum air putih hangat bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat dari minum air hangat. 


    1. Mengatasi pilek di pagi hari

    manfaat minum air hangat

    (Pilek di pagi hari bisa diatasi dengan minum air hangat. Foto: Dok.dragana991/iStock)

    Manfaat minum air putih hangat yang pertama adalah mampu meredakan pilek di pagi hari. Beberapa orang mengalami pilek di pagi hari dan sangat mengganggu aktivitas harian karena rutinitas yang seharusnya sudah dapat dimulai di pagi hari jadi tertunda karena badan yang tidak fit. Namun ada kabar baik, minum air putih hangat dapat menjadi solusi.

    Air putih hangat mampu meringankan gejala infeksi saluran napas bagian atas seperti pilek dan hidung tersumbat. Suhu yang tinggi pada air putih hangat dapat mempercepat perjalanan lendir, sehingga gejala pilek akan mereda. Selain itu, suhu hangat juga mampu meredakan sakit di tenggorokan akibat penumpukan lendir di kerongkongan pada pagi hari.


    2. Membantu membersihkan kulit 

    manfaat minum air hangat

    (Kulitmu menjadi bersih jika rutin minum air hangat. Foto: Dok.paulaphoto/iStock)

    Seperti yang telah disebutkan di atas, minum air hangat dapat membersihkan kulitmu. Selain itu, air hangat juga akan membantu detoksifikasi tubuh. Ini karena minum air hangat akan membuat suhu tubuh naik sehingga mengeluarkan keringat.

    Hal ini akan membantu tubuh membuang racun dan mempermudah organ pencernaan untuk menghilangkan kotoran. Manfaat lainnya adalah untuk membersihkan tubuh dari dalam, mengobati jerawat dari dalam ke luar, dan membuat kulit sehat dan bercahaya. 


    (Baca Juga: Suka Minum Teh? Menurut Penelitian, Ini 8 Manfaat Teh Hijau!)


    3. Mencegah penuaan dini

    Kamu bisa mencegah masalah ini dengan minum air hangat setiap. Racun yang ada pada tubuh akan membuat kulit menua lebih cepat dan menyebabkan lingkaran hitam dan kantung bengkak di bawah mata. Minum air hangat membantu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas berbahaya dan membuat kulit tampak lebih halus.


    4. Membantu nenurunkan berat badan berlebih 

    manfaat minum air hangat

    (Air hangat mampu menurunkan berat badan berlebih dan membantu proses diet. Foto: Dok.atakan/iStock)

    Selain diet, minum air putih hangat setiap hari mampu menurunkan berat badan yang berlebih. Air putih hangat dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga ada banyak kalori dalam tubuh yang terbakar. Lemak dalam tubuh pun akan larut dengan mudah.

    Waktu yang paling tepat untuk minum air putih hangat agar mendapatkan manfaat tersebut  adalah di pagi hari setelah kamu bangun tidur. Jika kamu melakukannya secara rutin maka dapat memberikan manfaat lebih untuk diet.


    5. Mengatasi jerawat di wajah

    Jerawat yang ada pada wajah bisa disebabkan karena hormon yang tidak stabil dan tubuh yang dehidrasi. Selain itu, lingkungan yang penuh dengan kotoran dan bakteri juga dapat membuat wajah terlihat kusam. Terkadang, masalah ini sulit untuk dihindari dan kamu mencari cara yang tepat untuk mengatasinya. 

    Coba rutin minum air hangat. Air hangat dipercaya dapat melawan radikal bebas, menstabilkan hormon, dan melembapkan kulit agar wajahmu terlihat lebih cerah dan mulus. 


    (Baca Juga: Intip 7 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami)


    6. Melancarkan sirkulasi peredaran darah

    manfaat minum air hangat

    (Peredaran darah akan mengalir lebih lancar karena rutin minum air hangat. Foto: Dok.wildpixel/iStock)

    Minum air hangat saat perut kosong ketika bangun tidur ternyata tidak berbahaya, justru sangat disarankan karena mampu melancarkan sirkulasi tubuh serta peredaran darah. Hampir sama dengan mandi air hangat, minum air hangat juga dapat memperbaiki sirkulasi tubuh. Peredaran darah yang ada pada tubuhmu akan mengalir lebih lancar sehingga menekan risiko penyakit kardiovaskuler.

    Minum air putih hangat juga memiliki manfaat untuk jantung karena air hangat berperan dalam menjaga tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Jadi dengan rutin mengkonsumsi air putih hangat, munculnya berbagai penyakit dapat dicegah karena peredaran darah yang lancar. 


    Banyak sekali kan manfaat minum air hangat yang belum kamu tahu. Nah, jangan lupa untuk terus mengonsumsinya, ya.


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below