Life & health

Tak Mudah Sakit, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

By : Vanessa Masli - 2023-01-17 15:00:02 Tak Mudah Sakit, Ini 6 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Kalau bangun di pagi hari dengan udara yang mungkin masih sejuk, rasanya lebih nyaman untuk mandi air hangat. Entah untuk merilekskan pikiran sebelum memulai hari atau sekadar menghangatkan tubuh, air hangat mungkin menjadi opsi yang cocok untukmu setiap pagi. Namun, sebenarnya yang kamu butuhkan, baik pikiran maupun tubuh, adalah mandi air dingin di pagi hari.


Jika kamu masih belum yakin kalau mandi air dingin di pagi hari memberikan berbagai manfaat untuk keseharianmu, Her World sudah merangkum beberapa manfaat kesehatan dengan menerapkan kebiasaan ini. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.


1. Memperbaiki mood


Jika kamu bangun pagi dengan perasaan yang gelisah atau mood kurang baik, mandi air dingin bisa menjadi solusi cepat dalam memperbaiki mood. Dengan menerapkan kebiasaan ini, kamu meningkatkan produksi hormon endorfin atau lebih dikenal dengan hormon kebahagiaan.


Mandi air dingin menjadi semacam terapi singkat untuk membuat mood-mu lebih baik, semangat menjalani hari lebih optimis, sekaligus meningkatkan energimu dalam beraktivitas sepanjang hari. Kamu bisa keluar kamar mandi dengan senyum lebih lebar dari saat kamu masuk.



(Moodmu akan lebih happy setelah mandi air dingin. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)


2. Mendorong penurunan berat badan


Kalau kamu memiliki misi untuk menurunkan berat badan, mandi air dingin rupanya dapat menjadi solusi yang membantu proses tersebut. Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri dari dua jenis jaringan lemak, salah satunya adalah lemak tak jenuh. Biasanya, jenis lemak satu ini membantu jaga kehangatan tubuh saat memasuki area dengan suhu rendah dan cukup penting untuk kelangsungan hidup.


Dengan membiasakan diri untuk mandi air dingin, apalagi di pagi hari, kamu mengaktifkan lemak tak jenuh karena tubuh berusaha menjaga suhunya selagi kamu mandi. Dalam proses menghangatkan tubuh inilah, kalorimu pelan-pelan bisa terbakar dan akhirnya mengurangi lemak jenuh.


Tentu digabungkan dengan nutrisi seimbang dan olahraga yang rutin, mandi air dingin jadi menu pelengkap dalam proses penurunan berat badanmu.


3. Meningkatkan konsentrasi


Kamu bisa tingkatkan konsentrasi dari cara sesederhana mandi air dingin di pagi hari. Pada dasarnya, air dingin membangunkan tubuh sekaligus mendorongmu untuk bernapas lebih dalam dan penuh kesadaran sehingga lebih cepat menurunkan kadar karbondioksida dalam tubuh. Secara otomatis, tubuh jadi lebih peka terhadap kondisi sekitar dan pikiranmu juga jadi lebih konsentrasi.


Apalagi buat kamu yang sering tidur larut malam dan bangun relatif pagi, mandi air dingin bisa jadi penyemangat awal sebelum kamu tingkatkan kesadaranmu dengan segelas kopi favorit.


(Baca Juga: Sering Berkeringat? Ini 7 Cara Mudah Atasi Biang Keringat)


4. Meningkatkan sistem imun tubuh


Saat kamu mungkin tumbuh besar dengan anggapan bahwa mandi air dingin bikin tubuh cepat sakit, justru fakta mengungkapkan sebaliknya. Kebiasaan mandi air dingin memberikan manfaat dalam peningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat kamu rutin menerapakan kebiasaan ini, air dingin memiliki peran dalam peningkatan sel darah putih di tubuhmu. Sel darah putih sendiri berperan untuk melindungi tubuhmu dari bakteri, virus, maupun radikal bebas yang sebabkan tubuh jadi tak gampang sakit.


5. Mengurangi gejala depresi


Isu kesehatan mental sudah tak lagi asing di telinga, termasuk depresi. Apalagi di masa pandemi, tak sedikit orang yang merasakan situasi kurang menyenangkan secara psikologis. Selain berkonsultasi dengan psikolog untuk temukan solusi atau menerapkan kebiasaan-kebiasaan untuk menenangkan pikiran, mandi air dingin dapat menjadi terapi sederhana untuk membantu kurangi gejala depresi.


Terapi satu ini dikenal dengan istilah hydrotherapy. Kamu cukup mandi air dingin selama lima menit, setidaknya dua sampai tiga kali dalam satu minggu. Air dingin yang dapat meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh juga membantu kurangi gejala-gejala depresi yang kamu rasakan.



(Beri ruang kamu juga untuk menenangkan diri dengan mandi air dingin. Foto: Dok. Yaroslav Shuraev/Pexels)


6. Melancarkan sirkulasi darah


Air dingin membantu lancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar berikan banyak dampak baik bagi dirimu. Mulai dari tampilan kulit dan rambut yang lebih sehat, energi dalam tubuh bertambah, dan menjaga kesehatan jantung, kamu dapat merasakan manfaat sirkulasi darah yang lancar bagi tubuh. Kebiasaan air dingin dapat membantumu dapatkan kondisi seperti itu.


Plus, untuk kamu yang rajin berolahraga, air dingin dapat membantu proses pemulihan area yang cedera. Perannya tak jauh berbeda dengan es batu yang redakan peradangan di area tersebut, air dingin juga melakukan proses yang serupa.


(Baca Juga: 4 Gerakan Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Untuk Perut Kecil)


Beberapa manfaat inilah yang mungkin jadi alasanmu untuk coba biasakan diri mandi air dingin di pagi hari. Selamat mencoba!


Life & health