Life & health

5 Tanda Ketidakseimbangan Hormon, Simak Yuk!

By : Her World Indonesia - 2023-12-20 18:00:01 5 Tanda Ketidakseimbangan Hormon, Simak Yuk!

Sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kita, baik secara jasmani maupun rohani. Minum vitamin tidaklah cukup, tetapi kamu juga harus melihat dan merasakan apa yang badan kamu butuhkan. Salah satu hal yang jarang sekali diperhatikan tetapi bisa menjadi masalah ketika tidak dijaga maupun diobati adalah hormon yang tidak seimbang.


Sebelum mengenali tanda-tanda tersebut, kamu harus lebih mengetahui apa sebenarnya yang disebut ketidakseimbangn hormon. Terdapat lebih dari 50 hormon di dalam tubuh manusia dan hormon itu sendiri mempengaruhi beberapa aktivitas dalam tubuh seperti metabolisme dan siklus tidur. Ketika terjadi ketidakseimbangan hormon, mengartikan bahwa ada satu atau dua hormon yang diproduksi secara berlebihan maupun kurang dalam tubuh kita. Butuh diketahui bahwa sedikit perubahan dalam hormon memberikan efek yang sangat besar karena hormon merupakan sinyal yang kuat dalam tubuh. Perubahan tersebut bisa sampai berdampak negatif dan menghalangi kehidupan sehari-hari. Di artikel ini, Her World akan memberitahumu tanda-tanda ketidakseimbangan hormon dan bagaimana cara untuk mengatasinya.


(Baca Juga : 4 Buah yang Harus Dihindari Saat Diet. Cari Tahu, Yuk!)


1. Penambahan atau Penurunan Berat Badan yang Tidak Bisa Dijelaskan


Tanpa disadari kamu sering makan lebih dari kadar wajar kamu atau justru tidak nafsu makan sehingga berat kamu naik maupun turun dengan drastis. Ini merupakan salah satu tanda dari ketidakseimbangan hormon. Ini bisa terjadi karena kandungan estrogen yang berlebih atau berkurang. Namun, ini juga bisa disebabkan oleh level stres yang tinggi dan kurangnya istirahat.


2. Jerawat Kronis


Remaja, gadis maupun laki-laki, yang sedang beranjak dewasa terkena masalah jerawat yang cukup berat. Selain dari remaja yang terkena pubertas, terdapat juga para wanita yang memiliki masalah ini disaat melewati haid. Ini terjadi karena adanya perubahan dalam hormon androgen yang berlebihan, sehingga wajah lebih berminyak dan sel-sel pori tertutup. 


3.Jam Tidur yang Tidak Teratur


(Waktu tidur yang tidak beraturan dapat berdampak buruk dalam waktu jangka panjang. Foto: Dok. Cottonbro Studios/ Pexels)


Sulit sekali untuk menutup mata meskipun jam di dinding sudah menunjukkan pukul dua pagi. Badan terasa letih dan ingin beristirahat tapi tidak bisa tidur. Ada banyak hormon yang bisa mempengaruhi jam tidur kamu yang tidak teratur. Kurangnya produksi melatonin dan kortisol dapat menjadi faktor utama insomnia kamu karena dua hormon ini sangatlah penting untuk menjaga siklus tidur yang baik.


4.Mudah Merasa Lelah


Ini adalah salah satu tanda paling umum dan paling diabaikan dari ketidakseimbangan hormon. Sudah memiliki siklus tidur yang baik dan kamu mempunyai nafsu makan yang baik, tetapi cepat merasa lelah dan sulit untuk fokus. Ini disebabkan oleh kurangnya produksi hormon tiroid dalam tubuh. Kelebihan hormon progesteron juga dapat membuat kamu cepat mengantuk.


5.Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur


Ketidakseimbangan hormon ini sering terjadi untuk para wanita dan gadis yang baru saja memulai puber. Waktu menstruasi yang tidak sama setiap bulan atau menstruasi yang hanya datang beberapa bulan sekali merupakan hal yang tidak wajar. Jarak siklus menstruasi seharusnya adalah 21-35 hari. Jika kurang ataupun lebih dari itu, berarti ada ketidakseimbangan hormon estrogen,progesteron, dan testosteron.



( Baca Juga : 11 Pilihan Buah yang Bagus untuk Asam Lambung! )


Lalu, bagaimana cara kita memperbaiki ketidakseimbangan hormon? Yang paling utama adalah konsultasi ke dokter atau cek hormon pada darah terlebih dahulu. Kamu tidak tahu dengan pasti apa yang sedang terjadi dan dengan pergi ke dokter atau mengambil darah dapat membantu kamu mencari solusi yang tepat.


( Makanan sehat dapat membantu kamu meregulasi hormon. Foto: Dok. Jane Doan/ Pexels)


Selain dari itu, berusaha untuk mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Berusaha untuk beristirahat dengan cukup dapat memberikan waktu untuk tubuh kita recharge kembali. Mulai makan dengan sehat dan mengurangi masuknya gula maupun minyak yang tidak sehat karena dapat menghambat tubuh untuk berproduksi hormon dengan jumlah yang seharusnya. Dengan melakukan olahraga dengan rutin juga dapat mendorong sensor pembuatan hormon dengan lebih baik. Semoga dengan artikel ini kamu dapat lebih terpapar dengan pentingnya hormon dan menjadi lebih sehat!






( Penulis : Ruby Ishak)


Life & health