Life & health

4 Buah yang Harus Dihindari Saat Diet. Cari Tahu, Yuk!

By : Her World Indonesia - 2023-12-15 10:00:01 4 Buah yang Harus Dihindari Saat Diet. Cari Tahu, Yuk!

Diet bukan hanya melakukan olahraga dan kegiatan fisik lainnya yang membuat badan kamu berkeringat. Salah satu hal terpenting saat menjalani diet adalah memenuhi nutrisi tubuh kamu dengan mengatur pola makan, walaupun banyak makanan yang kamu konsumsi, belum tentu makanan tersebut memenuhi nutrisi tubuh yang kamu perlukan. 


Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh tentu membuat kamu harus memperhatikan makanan apa yang kamu berikan ke dalam tubuh kamu. Nutrisi tertentu bisa kamu dapatkan di buah-buahan. Buah memang terkenal kaya vitamin yang baik untuk tubuh kamu. Buah juga berperan penting bagi siapapun yang sedang menjalani diet. Misalnya, dalam mengatuh pola makan untuk memenuhi nutrisi di tubuh, camilan seperti gorengan dapat di-switch ke buah-buahan. 


Sayangnya, walaupun buah itu sehat dan memiliki banyak manfaat, ada beberapa buah yang harus kamu hindari jika sedang diet karena alasan tertentu. Yuk, cari tahu apa saja buah-buahan yang harus dihindari saat diet.


1. Durian


(Durian salah satu buah paling digemari. Foto: Dok. Alexey Demidov/Pexels)


Dikenal sebagai rajanya buah karena memiliki rasa yang manis, enak, dan legit. Hal ini menjadikan durian banyak digemari. Namun, durian baiknya kamu hindari atau batasi konsumsinya saat menjalankan diet. Sebab, durian memiliki kandungan kalori yang tinggi, satu porsi buah durian yang memiliki berat 243 gram, sedikitnya memiliki 357 kalori. Sangat tinggi bukan? Untuk itu ada baiknya kamu batasi mengkonsumsi buah durian ini.



2. Anggur


Buah yang tidak kalah pamornya dengan buah durian, yaitu anggur. Anggur memiliki rasa yang manis dan praktis dimakan karena tidak perlu dikupas atau dipotong, cukup dibersihkan saja. Manis yang dimiliki buah anggur memang nikmat, tetapi dibalik itu ada kandungan gula alami yang tinggi. Walaupun memiliki kandungan gula yang tinggi bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengkonsumsinya, ya. Konsumsi dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan gula harian kamu.


(Baca Juga: 11 Pilihan Buah yang Bagus untuk Asam Lambung!)


3. Mangga 


(mangga memiliki kadar gula alami yang cukup tinggi. Foto: Dok. Roman Odinstov/Pexels)


Sama dengan buah anggur, buah mangga memiliki kadar gula alami yang tinggi dan memiliki kalori tersembunyi yang dapat menghambat proses penurunan berat badan (jika melakukan diet weight loss). 



4. Kelapa


Di Indonesia, buah kelapa cocok diminum siang-siang saat matahari terik untuk menghidrasi tubuh. Tahu kah kamu jika kelapa merupakan buah dengan kandungan lemak tertinggi. Dalam satu mangkuk kelapa mengandung 283 kalori, dan 224 kalori berasal dari lemak. Alternatif jika tetap ingin mengkonsumsi kelapa adalah dengan hanya meminum air kelapanya saja. 


(Baca Juga: 5 Manfaat Jus Jambu Merah yang Perlu Kamu Ketahui)


Itu dia buah-buah yang harus kamu hindari atau batasi konsumsinya saat sedang diet. Bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengonsumsi buah-buahan tersebut, ya!



(Penulis: Nada Kamiliya)


Life & health