Life & health

11 Pilihan Buah yang Bagus untuk Asam Lambung!

By : Her World Indonesia - 2023-12-07 14:00:02 11 Pilihan Buah yang Bagus untuk Asam Lambung!

Ada buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam lambung, seperti buah-buahan yang mengandung asam tinggi yang dapat menyebabkan asam lambung kambuh dan perut perih. Namun, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk malas mengonsumsi buah-buahan, ya. Berikut ini beberapa jenis buah yang bagus untuk asam lambung, yang aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan asam lambung naik. Simak daftarnya!

1. Alpukat 


(Buah yang bagus untuk asam lambung. Photo by Thought Catalog on Unsplash)


Buah dengan tekstur lembut ini aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena andungan asamnya yang rendah sehingga tidak akan menyebabkan asam lambung kambuh. Selain itu, alpukat juga mengandung serat tinggi yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. 


2. Pisang

Pisang bisa menjadi camilan sehat bagi penderita asam lambung. Buah berwarna kuning dan memiliki rasa manis dan lembut ini bermanfaat untuk membantu menyeimbangkan kadar asam di lambung, berkat kandungan nutrisi penting seperti kalium, serat, fitronutrien, dan antioksidan di dalamnya. Kandungan seratnya juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi refluks asam lambung.


3. Melon

Seperti halnya pisang, melon juga buah yang bagus untuk asam lambung karena memiliki sifat basa yang efektif untuk mengurangi kadar asam di lambung. Melon juga bermanfaat mengurangi refluks lambung dan mencegah iritasi pada lambung. Buat kamu yang sering bermasalah dengan asam lambung, melon bisa jadi pilihan buah yang aman untuk dikonsumsi setiap hari!


4. Semangka


(Buah yang bagus untuk asam lambung. Photo by Cody Chan on Unsplash)


Berikutnya dalam daftar buah yang bagus untuk asam lambung, yakni buah semangka. Buah yang dikenal dengan kadar airnya yang cukup tinggi ini memang menjadi buah yang aman untuk semua orang, termasuk bagi para penderita asam lambung. Semangka mengandung nutrisi penting seperti likopen yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Kandungan air yang tinggi dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus menetalkan asam lambung. 


5. Kelapa

Kelapa tergolong sebagai buah yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Buah tropis ini termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan asam rendah. Mengandung mineral penting seperti kalium yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah peradangan pada lambung. Buah dengan kandungan air yang cukup banyak ini juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak, mengurangi risiko stroke, hingga mencegah penyakit jantung.


(Baca Juga: 5 Manfaat Jus Jambu Merah yang Perlu Kamu Ketahui)


6. Pepaya

Buah dengan daging yang lembut dan manis ini juga aman untuk dikonsumsi mereka yang memiliki penderita asam lambung. Kandungan enzim dalam buah pepaya sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Pepaya juga mengandung sejumlah nutrisi penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, ini termasuk vitamin K, kalsium, hingga beta karoten.


7. Apel

Apel mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, kalium, dan magnesium yang dipercaya dapat mencegah gejala refluks asam lambung. Apel juga baik untuk membantu menenangkan perut ketika asam lambung kambuh. Selain itu, apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, B, dan D. Konsumsi apel secara rutin membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.


8. Persik


(Buah yang bagus untuk asam lambung. Photo by Karolina Grabowska on Pexels)


Meski memiliki sedikit kadar asam, namun buah persik masih tergolong aman dikonsumsi penderita asam lambung. Persik mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti Vitamin A, C, B6, dan B12. Buah ini juga banyak mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium, yang diketahui dapat mengurangi gejala GERD atau refluks asam lambung.


9. Pir

Buah yang bagus untuk asam lambung berikutnya yaitu buah pir. Buah ini dinilai tidak akan memicu peningkatan asam di lambung, karena kandungan asam di dalamnya tergolong rendah. Buah pir yang manis justru dapat membantu menetralkan asam lambung. Seperti semangka, pir juga mengandung air yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Pir memiliki serat yang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan.


10. Buah naga 

Berikutnya, ada buah naga yang diketahui juga dapat mencegah naiknya asam lambung. Buah dengan daging berwarna merah-keunguan atau putih ini memiliki kandungan serat larut yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Sementara itu, kandungan pektin dalam buah naga bersifat emolien yang dapat melindungi lambung. Kamu dapat mengonsumsi buah naga secara langsung, dibuat jus, atau campuran minuman segar.


11. Mangga

Buah mangga memang mengandung sedikit asam, tetapi buah mangga yang sudah matang memiliki kandungan asam yang tergolong cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. Kandungan asam pada buah mangga yang sudah matang hanya sekitar pH 5,80 – 6,00, itu dinilai lebih rendah daripada buah mangga yang belum matang atau buah jeruk yang memiliki pH 3,00 – 3,75.


(Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol)


Itulah beberapa buah yang bagus untuk asam lambung yang bisa dikonsumsi setiap hari. Ingat, untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk, anggur, nanas, tomat, dan lemon, yang dapat meningkatkan kadar asam di lambung. 





(Penulis: Calvin)

Life & health