Life & health

Terbaru dari Kemenparekraf dan Rumah Atsiri, Penasaran?

By : Her World Indonesia - 2023-12-01 17:00:02 Terbaru dari Kemenparekraf dan Rumah Atsiri, Penasaran?

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Wonderful Indonesia bersama Rumah Atsiri Indonesia mempersembahkan koleksi aromatik pertama dengan nama ‘Scent of Wonderful Indonesia’ pada tanggal 30 November 2023. Kolaborasi ini menjadi awal baru dalam dunia pariwisata yang tidak melulu soal makanan ataupun tempat, namun juga mencakup aroma yang memikat indera penciuman. 


(Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Essential Oil? Berikut 4 Caranya)

 

Seperti yang diungkapkan oleh Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf, “Kolaborasi ini mempertemukan Kemenparekraf dan Rumah Atsiri Indonesia dalam inisiatif aromatik untuk mengangkat profil industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu kolaborasi ini juga dalam rangka diplomatic scent sebagai identitas wangi ‘Wonderful Indonesia’ yang hadir bersama cerita asal usulnya untuk membangun ketertarikan akan pariwisata Indonesia. Harapannya pesona indrawi ini memberikan dorongan bagi wisatawan untuk langsung dapat merasakan kesan dan pengalaman yang otentik dari cerita yang melatarbelakangi terciptanya Scent of Wonderful Indonesia di Indonesia.”



Natasha Clairine selaku Founder of Rumah Atsiri Indonesia, Ni Made Ayu Marthini selaku Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf dan Marsha Aruan merasakan langsung pengalaman aromatik dalam ‘Scent of Wonderful Indonesia’ di Museum Mini Atsiri diSarinah. Foto: Dok. Kemenparekraf)

Di Indonesia, aroma dan wewangian telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari sejak zaman kejayaan kerajaan-kerajaan masa lampau. Dari ritual keagamaan atau upacara adat, hingga kuliner khas Nusantara yang turun temurun menggunakan aroma rempah-rempahan atau tanaman yang disuling menjadi minyak atsiri.

 

Mengulik jejak sejarah, pada tahun 1963, Ir. Soekarno memiliki visi besar untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen minyak atsiri terbesar di Asia. Berjalannya waktu, pabrik atsiri tersebut akhirnya sekarang dikenal sebagai Rumah Atsiri Indonesia, dan telah menjadi destinasi wellness aromatic yang terus mengembangkan produk turunan minyak atsiri.


(Baca Juga: 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut)

 

Natasha Clairine, Pendiri Rumah Atsiri Indonesia, mengungkapkan bahwa lahirnya Rumah Atsiri tidak bisa lepas dari kisah aromatik Indonesia yang kaya. Natasha pun berharap bila nantinya koleksi ‘Scent of Wonderful Indonesia’ ini dapat memberikan kontribusi berarti bagi industri pariwisata, membuka jendela luas akan kekayaan budaya dan warisan aromatik Indonesia.

  

Sudah sejak lama pula Indonesia mempunyai sumber rempah yang melimpah, seperti pala, nilam, dan serai. Rempah-rempah ikonik dan khas inilah yang terpilih dalam ‘Scent of Wonderful Indonesia’ karena memiliki peran penting dalam masakan, obat tradisional, dan wewangian rakyat Indonesia sejak berabad-abad lalu. Aroma lemon (limau) dan serai (lemongrass) yang menyegarkan sering digunakan dalam aromaterapi untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Sementara nilam (patchouli) Indonesia dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia dengan aroma yang bersahaja dan musky, dengan sedikit rasa manis dan rempah. Ditambah aroma pala (nutmeg) yang hangat dan pedas dengan sedikit rasa manis memberi kesan membumi.  



(Ni Made Ayu Marthini Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf bersama Marsha Aruan sedang mencoba membuat ramuan aromatik yang berbahan alami khas Indonesia di Atsiri diSarinah. Foto: Dok. Kemenparekraf)

(Baca Juga: Mudahnya Relaksasi Tubuh dengan Essential Oil Ini)

 

Dalam kesempatan yang sama, Marsha Aruan juga berbagi cerita tentang penggunaan minyak atsiri dalam kehidupannya. "Saya menggunakan minyak atsiri dalam rutinitas sehari-hari karena dapat membangun mood dan membantu relaksasi setelah beraktivitas. Hari ini, saya semakin kagum dengan keanekaragaman aromatik khas Indonesia, terutama setelah merasakan sendiri bagaimana pengalaman aromatik dapat menghubungkan kita dengan identitas budaya suatu negara melalui indera penciuman,” ujarnya.


Kolaborasi ini dapat menjadi pintu untuk terjalinnya sebuah keterikatan antara aroma khas Indonesia dengan wisatawan untuk lebih mengenal Indonesia sehingga aroma tersebut dapat terkenang di benak wisatawan sebagai aroma khas Indonesia. ‘Scent of Wonderful Indonesia’ dapat dikatakan sebagai perjalanan yang memperkenalkan warisan tradisi Indonesia melalui indera penciuman. 


Gimana, tertarik dengan produk kolaborasi Kemenparekraf dan Rumah Atsiri ini?


(Penulis: Romy Boy)


Life & health