Life & health

Yuk, Cari Tahu Apa Saja Kategori Karya Seni Rupa!

By : Her World Indonesia - 2023-11-23 17:00:02 Yuk, Cari Tahu Apa Saja Kategori Karya Seni Rupa!

Pada dasarnya, seni memiliki banyak macam, di antaranya adalah seni rupa, seni tari, seni musik, seni sastra, dan lain sebagainya. Nah, untuk kali ini Her World akan secara khusus membahas kategori karya seni rupa. Ada apa saja? Yuk, dicek!


(Baca Juga: Yang Boleh Dilakukan dan Dihindari Saat di Pameran Seni)


Seni rupa


(Lukisan termasuk dalam salah satu karya seni rupa. Foto: Dok. RDNE Stock project/Pexels)

Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian yang hasilnya dapat dilihat secara visual. Karya seni rupa sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah karya seni yang dibuat semata-mata untuk mengekspresikan perasaan tanpa memiliki fungsi praktis. Jenis-jenis seni rupa murni, yaitu seni lukis, seni batik, seni patung, dan seni keramik.


Sementara itu, seni rupa terapan adalah karya seni yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis yang akan memudahkan banyak orang. Jenis-jenis seni rupa terapan di antaranya adalah karya seni tekstil seperti corak batik yang terdapat pada pakaian dan karya seni keramik seperti perlengkapan makan.


(Baca Juga: Karya Seni yang Bisa Dipajang di Pernikahan)


Karya seni rupa berdasarkan wujudnya


(Patung termasuk ke dalam karya seni rupa tiga dimensi. Foto: Dok. Mike Bird/Pexels)

Karya seni rupa sendiri dapat dibedakan berdasarkan wujudnya, yakni dua dimensi, tiga dimensi, dan empat dimensi. 


Dua dimensi


Karya seni rupa dua dimensi hanya memiliki panjang dan lebar sehingga hanya dapat dinikmati dari arah depan saja. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah foto, gambar, lukisan, karikatur, poster, batik, dan lain sebagainya. 


Tiga dimensi


Karya seni rupa tiga dimensi atau dikenal juga dengan sebutan trimatra memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Hal ini membedakannya dari karya seni rupa dua dimensi sehingga karya seni ini dapat dinikmati dari segala arah. Contoh karya seni dua dimensi adalah patung, seni instalasi, boneka, seni arsitektur, dan lain sebagainya.


Empat dimensi


Karya seni rupa empat dimensi termasuk hal baru dalam dunia seni. Karya seni yang termasuk dalam empat dimensi adalah seni rupa video dan seni pertunjukan. Seni rupa video dapat menampilkan berbagai gerak dan bunyi dalam bentuk video. Di sisi lain, seni rupa pertunjukan menampilkan perupa yang beraksi di hadapan banyak orang. Aksi perupa inilah yang dapat dikategorikan sebagai karya seni rupa empat dimensi.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Galeri Seni di Indonesia yang Instagrammable)


Itu dia beberapa penjelasan singkat mengenai kategori karya seni rupa. Semoga bermanfaat!



(Penulis: Romy Boy)

Life & health