Food & travel

5 Rekomendasi Galeri Seni di Indonesia yang Instagrammable

By : Her World Indonesia - 2023-07-25 16:00:02 5 Rekomendasi Galeri Seni di Indonesia yang Instagrammable

Para pencinta karya seni tentunya senang berkunjung ke galeri seni atau art gallery untuk menghabiskan waktu luangnya. Namun di masa kini, tidak hanya pencinta seni saja yang datang ke suatu galeri seni. Banyak juga dari berbagai kalangan yang senang mengunjungi art gallery karena suasananya yang menarik dan Instagrammable.

Buat kamu yang lagi cari-cari tempat aesthetic untuk bikin konten atau hanya ingin sekadar menikmati karya-karya seni, Her World punya beberapa rekomendasi galeri seni di bawah ini just for you!


1. Museum MACAN


Museum MACAN atau Museum Seni Modern dan Kontemporer di Nusantara yang berlokasi di Kota Jakarta ini merupakan galeri seni yang memberikan akses kepada publik untuk dapat berkunjung dan mengapresiasi karya seni modern atau kontemporer dari seniman Indonesia dan luar negeri. Biasanya, Museum MACAN menggelar pameran seni atau event dengan memberikan fasilitas dan ruang seluas 4.000-meter persegi.

Selain itu, art museum yang satu ini juga memiliki daya tarik seperti beberapa spot yang Instagrammable dan aesthetic. Sudah banyak pengunjung yang berdatangan karena atmosphere dari museum ini yang unik dan membuat para pengunjung ingin mengabadikan momennya di sana.


2. Selasar Sunaryo Art Space

(Selasar Sunaryo Art Space berlokasi di Kota Bandung. Foto: Dok. selasarsunaryo/Instagram)


Jika sedang berkunjung ke Kota Bandung, kamu wajib mengunjungi Selasar Sunaryo Art Space yang didirikan oleh seniman legendaris di Indonesia, Sunaryo. Galeri seni ini berfokus pada program dan kegiatan seni rupa kontemporer untuk memberikan edukasi kepada publik melalui pameran-pameran seni yang menampilkan berbagai karya dari Indonesia mau pun mancanegara.

Selasar Sunaryo juga memiliki sejumlah spot menarik yang memiliki nilai estetika seperti galeri instalasi tempat karya-karya seni milik Sunaryo dipamerkan. Kalau kamu suka membuat konten dengan konsep minimalis dengan warna-warna monochrome atau muted colors, galeri seni ini wajib kamu kunjungi.


3. Wot Batu

(Instalasi karya seni bebatuan di Wot Batu Bandung. Foto: Dok. wotbatu/Instagram)


Bertetangga dengan Selasar Sunaryo Art Space, Wot Batu juga merupakan tempat karya seni instalasi bebatuan yang dikreasikan oleh Sunaryo secara artistik. Wot Batu memiliki daya tarik tersendiri karena karya seni ini ditempatkan outdoor dan menyatu dengan alam. Selain itu juga, Wot Batu tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi tetapi juga nilai filosofis yang berisikan nilai-nilai kehidupan dibaliknya. Kalau kamu juga pencinta alam, mungkin akan tertarik untuk mengunjungi Wot Batu karena atmosfernya yang tentram dan menenangkan.


(Baca Juga: 5 Coffee Shop Di Bandung Dengan View Bagus dan Instagramable)


4. Jogja Gallery

(Salah satu pameran seni yang ada Jogja Gallery. Foto: Dok. jogja_gallery/Instagram)

Galeri yang berlokasi di alun-alun utara Yogyakarta dikenal dengan nama Jogja Gallery menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi terutama bagi para wisatawan domestik mau pun asing. Galeri seni ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada 19 September 2006.

Jogja Gallery didirikan untuk menampilkan beraneka macam pameran karya seniman-seniman Indonesia termasuk lukisan, karya seni rupa, pemutaran film dan event lainnya. Galeri seni ini memiliki daya tarik bagi para art lovers melalui pameran-pameran seninya dengan temanya yang bergantian membuat pengunjung tertarik untuk terus mengunjungi Jogja Gallery.


5. MoJa Museum

(MoPaint salah satu kegiatan dari MoJa Museum di Jakarta. Foto: Dok. mojamuseum/Instagram)

Museum of Jakarta atau lebih dikenal dengan sebutan MoJa Museum selalu diramaikan oleh anak-anak muda yang senang berkonten dan mencari spot Instagrammable. Bahkan, MoJa Museum tidak terlihat seperti museum atau galeri seni pada umumnya tetapi memiliki keunikannya tersendiri dengan konsep modern dan instalasi seni dengan warna-warna yang vibrant.


Museum seni ini juga menawarkan kegiatan-kegiatan menarik seperti kelas melukis MoPaint. Dengan adanya kegiatan ini, penikmat seni dapat berkreasi untuk menciptakan seni mereka sendiri menggunakan cat yang disediakan dan dapat diaplikasikan pada dinding atau pun kanvas. Selain itu, hasil karyanya juga dapat dibawa pulang untuk kenang-kenangan.


(Baca Juga: Ini 6 Taman Yang Cocok Untuk Piknik di Jakarta)


Itu dia beberapa rekomendasi galeri seni dari Her World, aesthetic dan instagrammable kan! Buat kamu pencinta seni, tinggal pilih aja mau berkunjung galeri seni yang mana dulu nih?



(Penulis: Larasati Emiri)


Food & travel