Bibir Terasa Tebal dan Kering, Kenali 9 Penyebabnya!


  • Bibir Terasa Tebal dan Kering, Kenali 9 Penyebabnya!
    Bibir Terasa Tebal dan Kering, Kenali 9 Penyebabnya! (Photo by Freepik)

    Apakah kamu pernah merasakan bibir yang terasa tebal dan kering, bahkan hingga kulit bibir sampai terkelupas dan mengeluarkan darah? Bibir terasa tebal dan kering bisa terjadi karena beberapa hal, seperti dehidrasi, paparan sinar matahari, ataupun karena kebiasaan menggigit bibir. Meskipun kondisi serius, tetapi bibir yang terasa tebal dan kering tentunya bisa menimbulkan rasa perih dan ketidaknyamanan. Dalam artikel ini, Herworld akan menjabarkan secara detail tentang penyebab bibir terasa tebal dan kering, termasuk cara mengatasinya. Simak!


    Penyebab bibir tebal dan kering




    Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir terasa tebal dan kering, antara lain: 


    1. Kebiasaan Menggigit Bibir


    (Bibir terasa tebal dan kering. Photo by Rawpixel.com on Freepik)


    Menggigit bibir merupakan salah satu kebiasaan buruk bagi banyak orang—mungkin kamu salah satunya—yang bisa menyebabkan bibir terasa tebal dan kering. Hal itu karena, saat kamu menggigit bibir, tanpa sengaja kamu melukai area bibir yang dapat menyebabkan kemerahan, lecet hingga kulit mengelupas pada bibir, dan luka berdarah di bibir. Dan, bibir yang mengalami peradangan itulah yang bisa membuat bibir kamu terasa tebal dan kering. 


    2. Sering Menjilat Bibir


    Menurut American Academy of Dermatologist Association, sering menjilat bibir juga merupakan satu kebiasaan yang bisa menyebabkan bibir terasa kering dan mengelupas. Dalam sebuah ulasan yang diterbitkan di International Journal of Woman's Dermatology, saat kamu menjilat bibir, itu artinya kamu melapisi bibir dengan air liur, dan air liur atau saliva mengandung enzim yang terlalu keras, yang dapat tertinggal di bibir dan merusak kulit halus dan sensitif bibir. Ditambah, air liur menguap dengan sangat cepat bisa membuat bibir menjadi semakin kering dari sebelumnya. Itulah yang membuat bibir terasa kering dan tebal. 


    3. Mengonsumi Makanan Asin dan Pedas


    (Bibir terasa tebal dan kering. Photo by Freepik)


    Mengonsumsi makanan asin dan pedas memang bisa meningkatkan selera makan. Tetapi sayangnya, itu bisa menjadi salah satu penyebab bibir terasa tebal dan kering. Makanan asin, terutama yang dilapisi banyak garam di luarnya dapat menempel di bibir dan memengaruhi area kulit bibir yang sensitif. Menurut Doris Day, MD, seorang profesor klinis di NYU Grossman School of Medicine, garam mengandung senyawa natrium yang dapat menarik dan menahan air di bibir, sehingga membuatnya terasa semakin kering. Sementara makanan pedas, itu dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit bibir, yang bisa membuat bibir kamu terasa tebal dan lebih kering.

    Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan asin dan pedas sama sekali, hanya saja penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi makanan asin dan pedas agar tidak berlebihan, sehingga tidak memberikan efek buruk pada bibir maupun kesehatan kamu secara keseluruhan. 


    4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol


    Mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga bisa menyebabkan mulut kering atau dry mouth. Itu karena, alkohol memiliki efek diuretik yang bisa membuat tubuh dehidrasi dan lebih banyak buang air kecil dari biasanya. Mayo Clinic mencatat bahwa, mulut kering dapat memengaruhi kesehatan mulut kamu secara keseluruhan, termasuk bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak alkohol juga dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, karena alkohol bisa mengganggu proses penyerapan vitamin yang diperlukan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. 


    5. Alergi


    "Reaksi alergi tidak hanya menyebabkan sesak atau gatal-gatal saja, tetapi juga bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di sekitar bibir," kata Dr. Day. Hal ini bisa disebabkan karena kandungan alergen dalam produk makeup, produk skincare, atau bahkan pasta gigi yang kamu gunakan. "Cinnamic acid dan turunannya adalah alergen umum dalam pasta gigi yang menyebabkan bibir teriritasi," jelas Adam Friedman, MD, seorang profesor dermatologi di George Washington University School of Medicine & Health Sciences. "Selain itu, geseken bibir dengan benda-benda tertentu juga dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi, yang menimbulkan reaksi alergi pada bibir seperti kemerahan, terasa tebal dan bengkak, serta pengelupasan bibir yang kronis," tambah Dr. Friedman.

     

    6. Dehidrasi


    Dehidrasi merupakan penyebab paling umum bibir terasa tebal dan kering. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan cairan yang cukup. Ditambah dengan kelembapan udara yang rendah, yang juga bisa menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, dan terasa tebal. Selain karena kekurangan cairan tubuh, dehidrasi juga bisa terjadi akibat masalah kesehatan tertentu, seperti diare dan muntah-muntah. Tak hanya memberikan dampak buruk pada kesehatan bibir, dehidrasi telah dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan lainnya akibat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik karena kekurangan cairan. Maka dari itu, minumlah lebih banyak air atau minimal sesuai yang direkomendasikan untuk mencegah dehidrasi pada tubuh, sekaligus menjaga kesehatan bibir kamu. 


    7. Paparan Sinar Matahari


    Paparan sinar matahari tidak hanya bisa memberikan efek buruk pada kesehatan dan kecantikan kulit, tetapi juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Jika kamu berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan lip balm ber-SPF, itu bisa membuat kulit bibir terkelupas dan kering. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit dan bibir menjadi lebih kering daripada sebelumnya, menurut Dr. Day. Ditambah lagi, peradangan akibat sengatan matahari atau sunburn dapat membuat lapisan bibir kamu terkelupas. Dan saat terjadi peradangan, tentu itu akan membuat bibir kamu terasa lebih tebal. 


    8. Kebiasaan Bernapas Melalui Mulut


    Memiliki kebiasaan bernapas melalui mulut, terutama saat tidur di malam hari, dapat menyebabkan mulut kering, yang juga bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Kebiasaan ini biasanya terjadi karena adanya masalah pada hidung dan tenggorokan, yang membuatmu menjadi bernapas melalui mulut—ini juga membuatmu menjadi kerap mendengkur di malam hari. 


    9. Kekurangan Vitamin B


    "Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, terasa tebal, dan ruam kemerahan di sekitar mulut," kata Ife J. Rodney, MD, dokter kulit dan profesor dermatologi di Howard University dan George Washington University. Faktanya, vitamin B sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kulit (termasuk bibir) tetap sehat, sehingga terhindar dari sejumlah permasalahan kulit, seperti kering, pecah-pecah, dan ruam kemerahan. 


    (Baca Juga: 5 Manfaat Lip Serum, Bikin Bibir Lebih Sehat & Merah Merona!)


    Tips Mengatasi Bibir Kering dan Tebal


    1. Minum Cukup Air


    (Bibir terasa tebal dan kering. Photo by Pvproduction on Freepik)


    Mencukupi kebutuhan air harian dapat membantu mengatasi bibir yang terasa tebal dan kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi merupakan penyebab paling umum bibir terasa tebal dan kering. Minumlah air putih setidaknya 1,5 liter hingga 2 liter per hari untuk mencegah dehidrasi. 


    2. Menggunakan Produk Perawatan Bibir yang Tepat

    (Bibir terasa tebal dan kering. Photo by Ron Lach on Pexels)


    Gunakan produk perawatan bibir seperti lip balm untuk menjaga bibir tetap lembap. Dan, untuk pagi dan siang hari, gunakan lip balm ber-SPF untuk melindungi bibir kamu dari bahaya paparan sinar matahari, sekaligus melembapkannya.  Kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami, seperti minyak esensial, madu, atau aloe vera gel, sebagai perawatan bibir. Bahan-bahan tersebut akan membantu menutrisi, melembapkan, dan mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah. 


    3. Menghindari Menggigit, Menjilat, atau Mengelupas Kulit Bibir


    Hentikan kebiasaan menjilat, menggigit, atau mengelupas kulit bibir, yang dapat menyebabkan peradangan dan membuat bibir terasa tebal dan kering. 


    4. Hindari makanan asin dan pedas sementara waktu


    Selama proses penyembuhan bibir yang kering, terkelupas, dan terasa tebal, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan asin dan pedas sementara waktu sampai bibir kamu pulih sepenuhnya. 


    5. Kompres dingin bibir 


    "Untuk bibir kering yang juga disertai dengan ruam kemerahan dan rasa perih, kamu bisa mengompres dingin bibir. Kemudian dilanjutkan dengan melembapkan bibir dengan produk perawatan bibir terbaik," saran Debra Jaliman, MD, dermatologist



    (Baca Juga: Lakukan 8 Tips Ini Agar Lipstik Anti Luntur Saat Makan!)


    Itulah tadi beberapa penyebab bibir terasa tebal dan kering, termasuk cara tepat untuk mengatasinya. 





    (Penulis: Calvin)




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below