Hair & beauty

5 Manfaat Lip Serum, Bikin Bibir Lebih Sehat & Merah Merona!

By : Her World Indonesia - 2023-10-31 20:00:01 5 Manfaat Lip Serum, Bikin Bibir Lebih Sehat & Merah Merona!

Memiliki bibir yang kering, pecah-pecah, dan terkelupas, serta munculnya garis-garis halus di bibir memang bisa mengganggu penampilan. Pasalnya, hasil akhir pengaplikasian lip product menjadi tampak tidak halus dan tidak bagus. Sayangnya, mengatasi hal ini dengan lip balm saja tidak cukup. Kamu bisa memadukan penggunaan rutin lip balm dengan lip serum


Lip serum atau serum bibir merupakan salah satu produk perawatan bibir yang cukup penting. Meski sekilas memiliki fungsi yang sama dengan lip balm, tapi keduanya ternyata cukup berbeda. Lip balm hanya bekerja di permukaan bibir saja, sementara lip serum bekerja untuk menutrisi bibir dari dalam sehingga menjadikan bibir lebih sehat dan merah merona dengan alami. 


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat lip serum untuk kesehatan dan kecantikan bibir yang perlu kamu ketahui. Simak!


1. Menghidrasi bibir


(Manfaat lip serum. Foto: Dok. Racool_Studio/Freepik)


Kondisi bibir yang kering, pecah-pecah, dan terkelupas merupakan tanda-tanda bibir yang tidak sehat dan kurang terhidrasi. Itu mungkin bisa semakin diperparah dengan penggunaan lip product yang kering atau matte setiap harinya. 

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa menggunakan lip serum secara rutin untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan bibir kamu. Lip serum biasanya dikemas dengan kandungan formula yang mampu menghidrasi dan melembapkan bibir secara optimal. 


2. Menutrisi bibir


Selain mampu menghidrasi bibir, lip serum juga bermanfaat untuk menutrisi dan menjaga kesehatan bibir. Lip serum diketahui mengandung bahan-bahan alami seperti jojoba oil, vitamin E, dan almond oil, yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dan darah di bibir. Jika peredaran darah di bibir lancar dan baik, maka bibir akan terlihat lebih sehat dan berwarna merah alami. 


Penting untuk diketahui terutama untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan yang ber-AC atau pun di luar ruangan yang banyak terpapar sinar matahari, semuanya berisiko tinggi menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi bukan hanya terjadi pada tubuh saja, tapi juga pada area kulit dan bibir, yang ditandai dengan tampilan kering dan pecah-pecah. Untuk itu, kamu perlu mengaplikasikan lip serum secara rutin.


3. Memperbaiki tekstur bibir


(Manfaat lip serum. Foto: Dok. Freepik)


Seperti yang diketahui, penggunaan lip product yang kering dan matte dalam berbagai aktivitas harian, bisa membuat kondisi bibir semakin kering dan pecah-pecah. Bahkan, kadar toksin yang tinggi dalam beberapa produk lip product juga bisa menyebabkan warna bibir menggelap dan bertekstur. Kondisi tersebut merupakan tanda bahwa bibir tidak sehat dan rusak, sehingga membutuhkan asupan nutrisi untuk membuatnya kembali sehat dan merah merona alami. 


Lip serum akan sangat membantu menyehatkan kembali bibir yang rusak akibat penggunaan lip product dengan kadar toksin yang tinggi. Kandungan dalam lip serum bukan hanya akan memperbaiki tekstur bibir yang terlihat di permukaan saja, tapi juga memperbaiki bibir dengan cara menutrisi hingga ke dalam.


(Baca Juga: Tampil Cantik dengan 10 Peralatan Make Up ala Korea Ini)


4. Mencegah adanya risiko iritasi


Manfaat lip serum berikutnya yaitu dapat mencegah adanya risiko iritasi pada bibir yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Hal itu karena, lip serum dapat memberi lapisan pelindung ganda pada permukaan bibir, untuk meningkatkan tahan kulit bibir sehingga tak mudah berkerut meski terpapar sinar ultraviolet atau polusi udara.


5. Mencegah bibir menghitam


Menjaga kebersihan bibir sama pentingnya dengan menjaga kebersihan kulit, terutama setelah menggunakan berlapis-lapis lip product seharian. Tidak membersihkan sisa lip product yang menempel pada permukaan bibir, bisa memberi efek buruk pada kesehatan dan kecantikan bibir. Seperti bisa menyebabkan terjadinya pigmentasi secara permanen, yang membuat bibir tampak menghitam, terlihat kering, dan tidak plump


Dengan menggunakan lip serum secara rutin, tidak hanya akan menghidrasi dan melembapkan bibir, sekaligus mencegah munculnya garis-garis halus pada bibir. Manfaat lip serum juga bisa merangsang produksi kolagen untuk menjadikan bibir terlihat kenyal, lembap dan sehat alami.


Cara Tepat Memilih Lip Serum yang Sesuai dengan Kulit Bibir


Berikut ini adalah beberapa cara tepat memilih lip serum yang sesuai dengan kulit bibir dan terbaik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan bibir, meliputi: 


  • 1. Pilih lip serum yang terbuat dari bahan alami sehingga lebih aman digunakan setiap hari dan menghidarii risiko iritasi
  • 2. Pilih lip serum yang memiliki kandungan sunflower seed oil, almond oil, madu, vitamin E, dan berbagai kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan bibir
  • 3. Pilih lip serum yang memiliki kandungan dengan manfaat anti aging di antaranya yang mengandung vitamin E, rosehip oil, peptide dan hyaluronic acid
  • 4. Ketahui dengan pasti bahan-bahan yang terkandung di dalam lip serum yang akan kamu pilih
  • 5. Lihat ulasan atau review dari konsumen lainnya yang sudah pernah menggunakan lip serum tersebut di berbagai website atau blog populer. 


(Baca Juga: Intip Kandungan Skincare di 5 Produk Make Up Ini)


Itulah tadi semua yang perlu kamu ketahui tentang manfaat lip serum untuk kesehatan dan kecantikan bibir sehingga bibir kamu terlihat lebih sehat dan merah merona secara alami ya.




(Penulis: Calvin)

Hair & beauty