Hair & beauty

Lakukan 8 Tips Ini Agar Lipstik Anti Luntur Saat Makan!

By : Her World Indonesia - 2023-06-09 10:00:02 Lakukan 8 Tips Ini Agar Lipstik Anti Luntur Saat Makan!

Bibir dengan warna yang menawan menjadi tampilan yang dicari wanita. Banyak wanita yang menjadikan lipstik sebagai produk kosmetik wajib yang harus ada di dalam tas agar bibir tampil cantik seharian. Touch-up lipstik setelah makan sudah menjadi bagian dari rutinitas sebagian besar wanita. Namun, terkadang rutinitas tersebut jadi menjengkelkan karena ribet dan lipstik jadi lebih boros. Maka dari itu, berikut delapan tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat lipstikmu anti luntur saat makan.


1. Eksfoliasi bibir


(Gunakan lip scrub untuk angkat sel-sel kulit mati pada bibir. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


Bibir kering dan pecah-pecah akan membuat lipstik susah untuk menempel dengan lama. Bibir kering biasanya disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan eksfoliasi, salah satunya menggunakan scrub bibir. Dengan mengeksfoliasi bibir, sel-sel kulit mati yang menumpuk di bibir akan terangkat dan bibir menjadi halus. Dengan begitu, lipstik kamu akan lebih menempel di bibir ketika diaplikasikan.


2. Gunakan lip balm


(Lipstik akan lebih menempel pada bibir yang lembap. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Seperti yang sudah disebutkan kalau lipstik akan sulit menempel pada bibir yang kasar dan kering, maka kamu juga perlu untuk membuat bibirmu lembap. Salah satu cara paling sederhanan melembapkan bibir adalah dengan menggunakan lip balm. Sedikit tips, kamu bisa gunakan lip balm di awal tahap kamu merias wajah agar saat kamu menggunakan lipstik di penghujung make up routine-mu, lip balm sudah meresap sempurna dan bibir lembap.


(Baca Juga: 7 Warna Lipstik Untuk Bibir Hitam Dan Kulit Sawo Matang)


3. Pakai foundation atau concealer sebagai lip primer


(Gunakan foundation atau concealer sebagai lip primer. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


Kamu bisa gunakan foundation atau concealer kamu tipis-tipis dan ratakan ke seluruh bagian bibir. Ini akan menjadi primer untuk menyatukan lipstik dengan bibir agar warnanya dapat tahan lebih lama dan bahkan juga lebih menyala. Tips ini akan bekerja maksimal untuk kamu yang memiliki warna kulit gelap karena warna lipstikmu akan lebih menyala.


4. Gunakan lip liner


(Lip liner dapat digunakan sebagai base agar warna lipstik tidak mudah pudar. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Ternyata, tidak hanya membuat ilusi bibir lebih penuh dan terbingkai dengan rapih, lip liner juga bisa membuat lipstik tahan lama. Kamu bisa menggunakan lip liner sebagai lapisan pertama sebelum kamu mengaplikasikan lipstik pada bibirmu. Ini akan membuat lipstikmu tahan lebih lama dan tidak akan mudah luntur ketika makan.


5. Menggunakan lipstik matte


(Lipstik matte lebih tahan lama di bibir. Foto: Dok. Shiny Diamond /Pexels)


Lipstik dengan hasil yang powdery matte akan lebih tahan lama di bibir meskipun digunakan untuk makan. Akan lebih tahan lagi jika kamu menggunakan lipstik matte yang memiliki kalian transferproof. Namun, jangan lupa untuk memastikan lipstik matte yang tepat pada bibir. Jangan sampai membuat bibirmu kering dan memperjelas garis-garis bibirmu. Pilihlah lipstik dengan kandungan vitamin E karena dapat sekaligus menjaga kelembapan bibir.


(Baca Juga: Tak Perlu Lipstik, 5 Tips Membuat Bibir Hitam Menjadi Merah)


6. Pakai bedak tabur


(Bedah tabur akan membantu mengunci lipstik dan membuat lipstik menjadi powdery matte finish. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Jika kamu hanya memiliki lipstik dengan hasil akhir satin atau creamy, jangan berkecil hati. Kamu bisa lho mengakalinya menjadi matte tanpa perlu membeli lipstik baru. Kamu hanya perlu menggunakan bedak tabur. Pastikan kamu tempelkan tisu terlebih dahulu sebelum menggunakan bedak tabur yang berfungsi sebagai “filter” agar warna lipstik tidak berubah saat kena bedak. Lalu, gunakan bedak di atas tisu menggunakan kuas agar tidak terlalu tebal dan rata.


7. Hindari lipstik glossy


(Lipstick glossy mudah bergeser pada bibir. Foto: Dok. Chris F/Pexels)


Bagi kamu yang menyukai lipstik glossy, mungkin ini bukan berita baik untukmu. Jika kamu sedang memerlukan lipstik yang tahan lama dan anti luntur saat makan, lipstik glossy-mu harus disingkirkan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan gloss yang dimilikinya membuat lipstik lebih mudah bergeser pada bibir. Jangan khawatir kamu bisa gunakan di momen-momen lain, kok.


8. Perhatikan cara makanmu


(Hindari makanan telalu sering mengenai atau bergesekkan dengan bibir. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)


Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan caramu makan. Agar lipstik kamu dapat tahan lebih lama usahakan agar makanan tidak sering bergesekan atau mengenai bibirmu. Jangan lupa juga untuk menepuk-nepuk bibirmu jika terasa berminyak menggunakan tisu. Ingat! Jangan digosok karena gerakan menggosok akan membuat lipstik hilang. Bibir yang berminyak akan memudahkan lipstik untuk terhapus. Maka, kamu bisa juga menghindari makanan berminyak untuk listik yang lebih tahan lama.


Itu dia delapan tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat lipstik kamu anti luntur saat makan. Kamu bisa terbebas dari rutinitas touch-up lipstik berkali-kali. Selamat mencoba!


(Penulis: Nathania Adella Putri)

Hair & beauty