Life & health

Ada 6 Kebiasaan Sederhana Untuk Mengecilkan Perut

By : Vanessa Masli - 2022-09-22 18:00:02 Ada 6 Kebiasaan Sederhana Untuk Mengecilkan Perut

Ketika memiliki perut yang kecil menjadi salah satu misi utamamu untuk berolahraga atau mengatur pola makan, mungkin prosesnya tak semulus dan semudah yang kamu bayangkan. Saat kamu fokus berolahraga dan menjalani program diet, lalu hasilnya tak sesuai harapan, tak jarang justru proses yang kamu jalani membuat diri semakin insecure dan stres untuk mendapatkan bentuk tubuh keinginanmu.


Padahal, untuk mencapai ukuran perut yang relatif kecil dan rata, banyak hal lain yang memengaruhi ukuran perut, tak hanya olahraga dan diet. Beberapa kebiasaan yang terkesan sederhana dan mungkin kerap kamu abaikan justru membantu untuk mengecilkan perutmu. Nah, buat kamu yang penasaran, Her World sudah merangkum beberapa kebiasaan untuk dicoba.


1. Banyak minum air putih


Meski ekstra kafein dari kopi atau teh terasa penting untukmu, air putih sudah harus jadi kebutuhan esensial yang tak bisa kamu abaikan. Selain memberi kesegaran pada rasa haus yang dirasakan, memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang banyak juga bisa bantu kecilkan ukuran perutmu.


Kamu bisa merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makanmu juga jadi berubah, plus air putih bisa mengeluarkan racun dan membantu tubuh untuk bakar lemak lebih baik. Pastikan kamu minum air putih sebanyak dua liter setiap harinya.



(Minum air putih bisa bantu mengecilkan perut. Foto: Dok. Aviz/Pexels)


2. Kurangin kebiasaan minum dengan sedotan


Perut yang kembung mungkin adalah salah satu kondisi paling jauh dari kata nyaman sehingga membuat perut pun terlihat lebih besar. Tak hanya apa yang kamu makan dan minum, tapi caramu mengonsumsinya juga berpengaruh. Selain mengurangi konsumsi minuman bersoda, ada satu kebiasaan meminum yang juga perlu kamu kurangi.


Sedotan, baik plastik maupun stainless steel, menjadi salah satu alat minum yang perlu kamu hindari untuk mengecilkan perut. Dengan meminum menggunakan sedotan, kamu tanpa sadar memasukkan angin ke area perut sehingga ukurannya membesar.


3. Beri waktu untuk berdiri sejenak


Bukan berarti kamu harus bekerja sambil berdiri selama delapan jam atau lebih, tapi beri waktu untuk berdiri sejenak. Setidaknya dari delapan jam, kamu ambil satu jam untuk bekerja sambil berdiri. Saat berdiri, kamu memberi ruang bagi tubuh untuk lebih ter-stretch, yang juga memengaruhi lingkar perutmu.


Plus, buat kamu yang rutin berolahraga di rumah, perbanyak olahraga pada posisi berdiri untuk mengaktifkan lebih banyak otot serta menguatkan area tengah tubuh sehingga prosesmu untuk mengecilkan perut bisa lebih maksimal.


(Baca Juga: Ada 6 Makanan Yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Apa Saja?)


4. Lebih nikmati apa yang kamu makan


Kebiasaan sederhana yang mungkin bisa kamu gunakan untuk mengecilkan perut adalah menikmati apa yang kamu makan. Saat kamu sering menghabiskan makananmu dalam waktu singkat, apalagi ditemani film atau serial favorit yang mendistraksi proses makanmu.


Nah, untuk memastikan kamu memiliki ukuran perut yang semakin hari semakin kecil, mengunyah makanan setidaknya 10 kali dalam mulut sebelum ditelan atau setidak-tidaknya makan lebih pelan dari biasanya. Ketika kamu mengunyah lebih lama, perutmu akan terbantu untuk mencerna makanannya sehingga tak mudah alami sembelit atau kembung. Secara otomatis, perutmu bisa terlihat lebih kecil dan tubuhmu terasa lebih ringan.


5. Atur pola tidurmu


Selain pola makan dan rutin berolahraga, waktu dan kualitas tidur harianmu pun bisa membantu ukuran perutmu jadi lebih kecil. Tubuhmu membutuhkan tidur yang nyenyak selama minimal tujuh jam, dengan kualitas paling nyenyak. Pola tidur yang baik akan mengatur kadar hormon kortisol sehingga memengaruhi banyaknya lemak yang tubuh simpan di dalam.


Ketika kamu ingin membakar lebih banyak kalori dalam tubuh, termasuk lemak di area perut, tidur yang cukup bisa memberikan energi cukup untuk menjalani hari tanpa kamu harus membeli camilan agar energimu tetap terjaga sepanjang hari. Sedangkan, saat kamu kurang tidur,



(Pola tidur bisa memengaruhi bentuk tubuhmu. Foto: Dok. Zohre Nemati/Unsplash)


6. Coba untuk relaksasi


Mungkin saat ini bukan waktu yang tepat untuk kamu mendapatkan massage treatment, ketika banyak deadline yang menumpuk untuk diselesaikan. Namun, bukan berarti kamu tak punya waktu untuk berelaksasi. Luangkan waktu, setidaknya 20 menit, jauh dari pekerjaan dan distraksi lainnya.


Waktu relaksasi itu bisa menurunkan hormon pemicu stres yang kemudian bisa menjaga sistem pencernaan. Pikiran yang lebih rileks juga memengaruhi bagaimana kondisi dan bentuk tubuh setiap harinya.


(Baca Juga: Kenali 7 Jenis Jamu Dan Manfaatnya, Penasaran?)


Inilah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perutmu. Semoga bermanfaat!


Life & health