Life & health

Ada 6 Makanan Yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Apa Saja?

By : Vanessa Masli - 2022-09-17 10:00:02 Ada 6 Makanan Yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Apa Saja?

Setiap tahunnya, bulan September diperingati sebagai Suicide Prevention Month yang jatuh pada 10 September. Sebuah hari yang didedikasikan untuk mengurangi kasus bunuh diri dengan terus meningkatkan awareness masyarakat terhadap kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri. Apalagi sejak pandemi melanda dunia, isu kesehatan mental semakin dirasakan oleh banyak orang.


Kecenderungan seseorang untuk melakukan bunuh diri bisa datang dari berbagai faktor. Mungkin rasa stres berkepanjangan hingga menimbulkan gangguan depresi, pikiran yang jauh dari kata tenang, hingga rasa kesepian. Banyak hal yang menyebabkan seseorang memiliki kecenderungan untuk bunuh diri.


Banyaknya penyebab, banyak juga solusi yang bisa dilakukan untuk bisa menenangkan pikiran. Makanan yang kamu konsumsi pun memiliki kekuatan untuk menenangkan pikiranmu dan bisa jadi solusi stres yang diperlukan. Penasaran apa saja?


1. Alpukat



(Alpukat, makanan yang ramah di perut dan pikiran. Foto: Dok. Ready Made/Pexels)


Buah satu ini tak hanya cocok untuk diet, memberi asupan lemak baik yang bisa menyehatkan tubuh, tapi juga berperan penting dalam meredakan stres dan juga berikan ketenangan dalam pikiran. Kandungan asam lemak omega 3 bisa memenuhi kebutuhan lemak baik tubuh yang juga memberi dampak dalam mengurangi stres, rasa khawatir, dan meningkatkan mood.


Plus, alpukat bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga kamu tak gampang tergoda untuk memakan makanan cepat saji yang bisa mendorong peningkatan level stres. Kamu bisa meminumnya sebagai jus atau smoothie dicampurkan dengan pisang dan gandum. Alpukat bisa kamu haluskan dan jadi selai untuk roti yang dinikmati saat sarapan atau menjadi guacamole untuk camilan di sore hari.


2. Labu kuning



(Sup labu kuning ditambah biji labu sebagai hiasan. Foto: Dok. Nataliya Vaikevich/Pexels)


Mungkin melihat labu kuning bisa hidupkan imajinasimu, tapi juga beri ketenangan dalam pikiranmu. Labu kuning menyimpan magnesium yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga ketenangan dalam otak. Sedangkan, rendahnya kadar magnesium pada tubuh bisa jadi penyebab gangguan kekhawatiran dan mood menjadi tak stabil.


Kamu bisa juga memanfaatkan biji labu untuk menyempurnakan sumber magnesium. Daging labu kuning bisa kamu kukus dan dimakan langsung, bisa juga dijadikan sup hangat. Biji labu bisa kamu panggang dan dijadikan camilan, maupun topping tambahan untuk smoothie bowl atau sup.


3. Bluberi



(Bluberi bisa jadi opsi topping untuk rotimu saat sarapan. Foto: Dok. NastyaSensei/Pexels)


Buah beri satu bisa jadi makanan andalan untuk menenangkan pikiranmu. Kandungan antioksidan dan phytonutrients yang ditemukan dalam buah bluberi bisa meningkatkan cara tubuh merespon terhadap stres. Satu jenis sel darah putih memiliki peran untuk tingkatkan imunitas tubuh, penting juga untuk menanggulangi stres dan buah beri satu ini.


Kamu campurkan dengan yoghurt, kamu jadikan topping sereal favorit, buah bluberi bisa jadi solusi manis untuk berikan ketenangan pada pikiran.


(Baca Juga: Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin yang Bisa Jadi Kebiasaan)


4. Telur



(Telur bisa jadi sarapan pemberi energi dan mengurangi stres. Foto: Dok. Christian Coquet/Unsplash)


Kamu termasuk orang yang wajib makan telur setiap kali sarapan? Jika iya, berarti kamu sudah membantu otak untuk lebih rileks dan tenang. Kandungan vitamin D yang kaya dalam satu butir telur ini memberikan dampak positif dan esensial bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan fungsi imunitas tubuh, meredakan peradangan, hingga meregulasi mood sehingga gejala depresi pun dapat dikurangi.


Telur yang mungkin rutin kamu konsumsi juga mengandung acetylcholine, zat yang berfungsi sebagai pemberi sinyal pada otak untuk mengatur mood sehingga kamu lebih mudah untuk mengelola kadar stres setiap harinya.


5. Teh herbal



(Teh kamomil bisa jadi pilihan teh herbal untuk tenangkan pikiran. Foto: Dok. Ornella Binni/Pexels)


Sudah bukan rahasia lagi akan kehangatan teh yang bisa membuat diri jadi lebih rileks sehingga tak sedikit orang suka menikmati teh pada malam hari. Perpaduan daun teh dan berbagai bahan herbal lainnya bisa memberi efek menenangkan dan membantu kurangi gejala-gejala yang disebabkan stres.


Mungkin teh hijau, teh rosemary, maupun teh kamomil, apapun pilihanmu, teh herbal memiliki peran besar untuk bisa membuat dirimu lebih tenang. Bukan nutrisi yang terkandung dalam tehnya, tapi justru sensasi hangat dari teh herbal itulah yang beri kekuatan untuk menenangkan pikiran.


6. Susu hangat



(Segelas susu hangat selalu jadi andalan. Foto: Dok. Charlotte May/Pexels)


Tak sedikit orang yang menikmati segelas susu hangat saat sulit tidur, mungkin kamu termasuk salah satunya. Segelas susu hangat sudah lama menjadi andalan banyak orang karena efek relaksasi yang diberikan, baik secara fisik maupun psikologis. Rutinitas ini biasanya memberikan sinyal bagi tubuh untuk tidur sehingga otomatis seluruh bagian tubuh mulai perlahan-lahan beristirahat.


Minuman yang kaya kalsium memang dikenal kekuatannya untuk menjaga kesehatan tulang, tapi kandungan kalsium pada susuh juga bisa mengurangi depresi. Apalagi ketika susu ditambahkan vitamin D, otot akan lebih mudah untuk relaksasi dan mood juga lebih stabil.


(Baca Juga: Berencana Mengecilkan Paha? 6 Makanan Ini Bisa Membantu)


Beberapa makanan di atas ini bisa kamu jadikan andalan untuk menenangkan pikiran dan perlahan berdamai dengan stres yang dirasakan. Semoga bermanfaat!


Life & health