Life & health

Simpel, Ada 7 Cara Agar Kamu Bisa Tidur Setelah Minum Kopi

By : Vanessa Masli - 2022-09-01 16:00:02 Simpel, Ada 7 Cara Agar Kamu Bisa Tidur Setelah Minum Kopi

Kopi sekarang dan selalu menjadi andalan banyak orang agar tetap terjaga dalam menjalani aktivitas. Mulai dari bangun pagi berusaha melepas kantuk dengan secangkir kopi, lalu setelah makan siang, mata sudah mulai kedip-kedip lemas, lagi-lagi segelas kopi disiapkan untuk kembali kesegaran.


Namun, pernahkah kesegaran itu bertahan sampai malam sehingga kamu susah tidur? Jika iya, kamu tak sendiri. Tak jarang kadar kafein yang dikonsumsi membuatmu terjaga sehingga tubuhmu tak bisa sepenuhnya istirahat. Penting untuk temukan cara agar kamu bisa tetap tidur setelah minum kopi dan Her World sudah merangkumkannya untukmu.


1. Minum air sebelum (dan di sela-sela) minum kopi


Mungkin belum terbiasa tapi penting dilakukan dan tak ada salahnya dicoba, minumlah air putih sebelum menikmati kopi favoritmu. Selama kamu tertidur, tubuh kehilangkan kadar air setidaknya satu liter sehingga air putih harus jadi minuman pertama yang kamu konsumsi.


Mulai dari satu gelas, pelan-pelan menjadi satu liter, kamu meminum air setiap pagi. Dengan air dan dilanjutkan dengan kopi, kamu akan mendapatkan kesegaran ekstra untuk menjalani hari. Lalu, sepanjang hari, minumlah kopi dan air secara bergantian sehingga tubuhmu tetap terjaga hidrasinya. Air yang kamu konsumsi, selain menjaga hidrasi tubuh, bisa meningkatkan kualitas tidur malammu, walaupun meminum kopi.


2. Berolahraga


Tak perlu olahraga yang berat dan waktu yang lama. Cukup lakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit. Mungkin berjalan atau berenang, mungkin juga melakukan home workout sehingga tubuhmu mengeluarkan keringat. Plus, meminum kopi bisa meningkatkan produksi keringat saat berolahraga sebagai cara tubuh untuk mengatur suhu tubuh.



(Berenang bisa jadi opsi olahraga untuk tingkatkan kualitas tidur. Foto: Dok. Drew Dau/Unsplash)


3. Mandi air hangat


Cara agar kamu bisa tetap tidur setelah meminum kopi adalah mandi air hangat. Kopi membuat pikiran dan tubuh dalam posisi high alert sehingga tak jarang tubuh jadi lebih tegang serta perasaan lebih anxious dari biasanya. Tentu ini bukan kondisi tubuh yang baik untuk tidur.


Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mandi air hangat minimal 90 menit sebelum waktu tidurmu. Tak hanya membuat tubuh lebih cepat rileks, tapi juga membantumu tidur 10 menit lebih cepat. Cara ini bisa dilakukan saat kamu juga lagi kesulitan tidur.


(Baca Juga: Ketahui 6 Cara Menenangkan Pikiran Agar Kamu Bisa Tidur)


4. Tentukan jam tidurmu


Kebiasaan ini sederhana tapi esensial bagi tubuh. Pastikan kamu tidur dan bangun dalam waktu yang sama setiap hari sehingga pola tidurmu tetap terjaga. Dengan rutinitas yang kamu terapkan, tubuh pun akan lebih mudah untuk mengatur cara kerjanya, baik selama kamu tertidur maupun saat beraktivitas.


Untuk memastikan regulasi tidurmu tetap terjaga, lakukan pola yang sama saat weekend, sekalipun menekan tombol snooze terasa sangat menggoda.


5. Lalu, tentukan batas terakhir kamu minum kopi


Kalau kamu tahu jam tidurmu (setelah mengatur waktunya), langkah selanjutnya jadi terasa lebih mudah. Menentukan batas terakhir kamu minum kopi. Jadi, tubuh membutuhkan hampir 12 jam agar kafein akan meninggalkan sistemnya, tapi tergantung pada setiap individu.


Dengan mengetahui waktu tidur, kamu bisa mengukur dan menentukan jam terbaik untuk minum kopi. Apakah cukup di pagi hari atau butuh satu gelas lagi di siang hari? Jika butuh lagi, jam berapa yang jadi waktu terbaik untuk meminumnya agar tubuh mendapatkan kesegaran yang cukup tapi kualitas tidurmu tak terganggu.



(Hindari menekan tombol snooze. Foto: Dok. Miriam Alonso/Pexels)


6. Hindari makan dekat dengan waktu tidur


Bagi kamu yang suka membuka lemari camilan malam-malam, kebiasaan ini wajib dihindari. Baik yang gemar minum kopi ataupun non-kopi, kebiasaan untuk tak makan dekat waktu tidur ini perlu diterapkan. Sebab, makanan yang masuk akan kembali mengaktifkan sistem pencernaan untuk bekerja maksimal dan ini bisa menimbulkan reaksi kurang nyaman bagi tubuh.


Jadi, coba hindari mengonsumsi makanan apapun minimal dua jam sebelum tidur, rasakan perbedaan pada tubuhmu.


7. Minyak esensial bisa jadi penutup yang manis


Banyak manfaat yang diberikan dari ragam jenis minyak esensial, termasuk meningkatkan kualitas tidur. Aroma bunga lavender menjadi minyak esensial yang umum digunakan bagi orang-orang kesulitan tidur dan terbukti meningkatkan kualitasnya. Namun, beberapa pilihan aroma yang bisa jadi alternatif adalah kamomil, frankincense, dan jeruk Mandarin.


(Baca Juga: Mudah, Ini 6 Cara Mengecilkan Paha Tanpa Olahraga)


Beberapa cara agar kamu tidur setelah meminum kopi ini bisa dicoba agar kualitas tidurmu tetap terjaga tanpa harus mengorbankan kecintaanmu dengan kopi favorit. Semoga bermanfaat!



Life & health