Ketahui 6 Cara Menenangkan Pikiran Agar Kamu Bisa Tidur


  • Ketahui 6 Cara Menenangkan Pikiran Agar Kamu Bisa Tidur
    Lakukan cara menenangkan pikiran agar kamu bisa tidur di malam hari. (Foto: Dok. Zohre Nemati/Unsplash)

    Ketika ada deadline yang semakin mendekat dan pekerjaan yang dilakukan tak kunjung selesai, pasti ada banyak kemungkinan yang mengisi pikiranmu. Nah, ketika otakmu sudah diisi berbagai hal, dari positif sampai negatif, akan ada banyak aspek dalam hidupmu yang mulai terganggu. Tidur yang hampir pulas lalu langsung kebangun berisikan pikiran yang tak tenang itu mungkin jadi salah satu efeknya.


    Banyak pikiran sepanjang hari hingga malam menjelang itu adalah hal yang wajar. Namun, penting untuk mengetahui cara menenangkan pikiran agar kamu bisa tidur dan Her World sudah merangkum berbagai caranya untuk kamu. Penasaran apa saja?




    1. Beri waktu dirimu untuk duduk dengan keresahanmu


    Sebelum tidur dan agar istirahatmu jadi lebih tenang, biarkan pikiranmu untuk mengenali keresahan maupun kepanikan yang kamu rasakan. Mungkin kamu beri waktu 10 menit untuk merefleksikan keresahanmu, bisa ditulis ke jurnal atau mengisahkan kepada orang yang percaya.


    Tujuannya adalah untuk melepaskan semua hal yang bisa membuat pikiranmu lebih cerah, walau hanya sedikit. Coba beri batas waktu untuk melepaskan keresahan itu agar justru kamu tak menghabiskan malam dengan perasaan yang membuatmu, akhirnya, lagi-lagi, tak bisa tidur.


    cara menenangkan pikiran agar kamu bisa tidur

    (Tuliskan apa yang jadi keresahanmu. Foto: Dok. MART Productions/Pexels)


    2. Dengarkan musik favoritmu


    Mungkin pilih lagu-lagu yang cenderung lebih akustik dan lembut, tapi musik bisa jadi salah satu cara untuk menjauhkan pikiranmu dari berbagai hal yang mengganggu dan perlahan lebih rileks. Jika musik yang biasa kamu dengarkan belum memberikan efek berarti atau justru membuatmu semakin alert, apalagi ketika playlist ini kamu dengarkan juga saat bekerja, coba cari alternatif lain.


    Pilihan lagu-lagu klasik atau musik instrumental bisa jadi lantunan nada yang dibutuhkan pikiranmu agar lebih tenang.


    3. Minum teh kamomil


    Apa yang kamu minum bisa jadi cara menenangkan pikiranmu agar bisa tidur dengan nyenyak. Minum teh, contohnya. Memang sebagian teh mengandung kafein yang lebih tinggi dari kopi sehingga harus dihindari saat kamu ingin tidur, tapi tak termasuk teh kamomil.


    Sudah lama banyak orang menikmati secangkir teh kamomil untuk kesehatan mereka. Mulai dari menyembuhkan gejala pilek, mengurangi peradangan dalam tubuh sekaligus menjaga kesehatan kulit. Plus, dilansir dari Healthline¸ bunga kamomil bisa meningkatkan kualitas tidurmu.


    Cukup menyeduh empat sendok makan bunga kamomil ke satu cangkir air mendidih. Biarkan selama lima menit, sebelum disaring untuk memisahkan teh dengan ampasnya.


    (Baca Juga: Jadi Lebih Nyenyak, Ini 7 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur)


    4. Relaksasi otot


    Lepaskan tekanan pada otot di seluruh tubuh dan rileks. Dengan kondisi tubuh yang lebih rileks, kamu lebih mudah untuk melepaskan pikiran-pikiran mengganggu maupun pemicu stres. Cukup merebahkan diri ke permukaan yang datar, mungkin di tempat tidur atau matras olahraga dan biarkan tubuh merelaksasi diri.


    Tarik napas dalam dan buang seluruhnya. Selagi menyadari pola nafas yang mengisi kehidupan sehari-hari, coba lakukan scanning pada tiap-tiap bagian tubuh. Mulai dari jari-jari kaki, paha, perut, hingga kening, temukan bagian mana yang terasa tak nyaman dan perlahan berusaha rilekskan. Semakin rileks tubuhmu, semakin mudah juga pikiranmu untuk lebih tenang.


    5. Jauhkan handphone


    Ketika kamu masih belum bisa tidur juga saat kamar tidurmu sudah gelap, mungkin ada godaan besar melihat handphone yang berada di meja sebelah tempat tidurmu untuk langsung dinyalakan dengan harapan bisa tidur. Nope, pikiranmu tak akan lebih tenang ketika kamu terus mengisinya dengan berbagai informasi di media sosial.


    Selain sinarnya yang justru membuat otak terus terjaga, kamu pun tak punya ruang untuk bisa fokus tenangkan diri di saat semua informasi baru terus mengisi pikiranmu. Jadi, pastikan handphone jauh dari jangkauan.


    cara menenangkan pikiran agar kamu bisa tidur

    (Jauhkan handphone dari jangkauanmu. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)


    6. Lakukan rutinitas ini secara konsisten


    Semua bisa dilakukan karena terbiasa, termasuk cara-cara di atas yang nantinya bisa menenangkan pikiran agar kualitas tidur tetap baik. Mulai dari apa yang kamu minum, lantunan nada yang kamu dengarkan, hingga cerita yang diselami dalam novel genggamanmu, lakukan rutinitas ini secara konsisten sehingga kamu bisa setidaknya tidur dengan nyenyak, tanpa resah.


    (Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Posisi Tidur)


    Banyak cara untuk menenangkan pikiran agar bisa tidur dan sudah Her World rangkum supaya kamu lebih mudah tahu untuk mulai darimana. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below