Bikin Tubuh & Kulit Lebih Sehat, Ini 6 Manfaat Green Juice!


  • Bikin Tubuh & Kulit Lebih Sehat, Ini 6 Manfaat Green Juice!
    (Photo by Alex Lvrs on Unsplash)

    Jika diperhatikan, beberapa tahun terakhir popularitas green juice memuncak sebagai salah satu tren kesehatan dan kebugaran favorit. Jenis minuman ini disebut-sebut menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan, menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sangat menjanjikan, bukan? 


    Lebih lengkapnya, dalam artikel ini akan mengulas semua yang perlu kamu ketahui tentang apa itu green juice beserta manfaatnya. Simak!




    Apa itu green juice?

    manfaat green juice, green juice

    (Photo by Alisha Mishra on Pexels)


    Pada dasarnya, green juice merupakan jenis minuman yang terbuat dari berbagai sayuran hijau, ini termasuk seledri, kangkung, lobak Swiss, bayam, wheat grass, mentimun, peterseli, dan mint. Untuk menghindari rasa pahit, sebagian besar resep green juice juga menambahkan sejumlah kecil buah, seperti apel, beri, kiwi, lemon, jeruk, dan jeruk bali, untuk meningkatkan rasa dan memberikan rasa manis alami.


    Manfaat green juice


    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


    Salah satu manfaat utama dari minum green juice yakni dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, banyak sayuran hijau dalam green juice yang mengandung antioksidan dan fitonutrien, yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas penyebab melemahnya sistem kekebalan tubuh. 


    2. Meningkatkan hidrasi


    Diambil dari laman Mindbodygreen, minum green juice dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, terutama jika mengandung sayuran dengan kandungan air tinggi seperti mentimun. Mentimun mengandung 90% air dan sarat dengan elektrolit seperti magnesium dan potasium, yang bisa membantu menjaga keseimbangan cairan yang optimal di dalam tubuh. 


    3. Mendukung proses detoksifikasi alami di dalam tubuh

    manfaat green juice, green juice

    (Photo by Alex Lvrs on Unsplash)


    Green juice dapat mendukung proses detoksifikasi alami di dalam tubuh dengan cara memberikan nutrisi untuk men-support tubuh saat melakukan proses detoksifikasi alaminya sendiri. Menurut Dr. Chris Norris, fisioterapis, mengatakan bahwa sayuran hijau, termasuk bahan-bahan umum dalam green juice seperti kangkung, bayam, dan selada air, dapat mendukung detoksifikasi fase II di hati. Ini artinya bahwa hati akan lebih efektif dalam mengeluarkan racun dengan cepat dari dalam tubuh. 


    (Baca Juga: Atur Piringmu, Ini Pola Makanan Sehat Bergizi Dan Seimbang)


    4. Meningkatkan kesehatan pencernaan


    Green juice sangat baik untuk meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Bagaimana tidak, green juice dapat menyediakan banyak nutrisi dan antioksidan penting seperti flavonoid untuk mendukung kesehatan usus, kata Luciana Godoi, MS, RD, LDN., seorang ahli gizi fungsional. 


    Selain itu, banyak penelitian, salah satunya penelitian tahun 2020 dalam Current Pharmacology Reports, yang telah membuktikan bahwa fitonutrien dan karotenoid yang biasa ditemukan dalam bayam dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.  


    Green juice juga mengandung prebiotik, asupan serat yang memberi makan bakteri baik di usus, kata Manisha Mittal, MD, seorang dokter pengobatan integratif bersertifikat. 


    5. Meningkatkan kesehatan jantung


    Green juice merupakan sumber nutrisi baik yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian tahun 2016 dalam jurnal JRSM Cardiovascular Disease, menunjukan bahwa mengonsumsi sayuran hijau dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantun. 


    Lainnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences, melaporkan bahwa minum green juice dapat menurunkan tekanan darah yang juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. 


    Tekanan darah tinggi dapat memicu penumpukan plak yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular. Jadi, minum green juice bisa menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan jantung.


    6. Kulit lebih sehat dan glowing

    manfaat green juice, green juice

    (Photo by Shin Diamond on Pexels)


    Satu lagi manfaat minum green juice, menurut Dr. Norris, yakni dapat menjaga kulit tetap sehat, glowing, dan tampak lebih muda. Ini berkat kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi dalam green juice, yang dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan penuaan. 


    Itulah enam manfaat green juice untuk kesehatan dan kecantikan. Kamu dapat membuat green juice sendiri di rumah, atau membeli green juice dalam bentuk kemasan. 


    Jika kamu membeli green juice dalam bentuk kemasan, pastikan tidak mengandung pemanis buatan dan pilih green juice yang fresh. Ini karena, pemanis buatan dapat mengurangi kepadatan nutrisi dan bisa memberikan beberapa efek kesehatan yang merugikan.


    Selain itu, banyak produk green juice kemasan yang melalui proses pasteurisasi, proses untuk membunuh bakteri berbahaya dan memperpanjang umur simpan, yang justru dapat merusak beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.


    (Baca Juga: Baik Untuk Diet, Ini 6 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan!)


    Itu dia beberapa fakta menarik dan manfaat green juice yang mungkin kamu butuhkan untuk jalani gaya hidup lebih sehat.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below