Baik Untuk Diet, Ini 6 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan!



  • Quinoa merupakan salah satu biji-bijian yang telah mendapatkan popularitasnya sebagai makanan sehat di dunia! Pasalnya, quinoa termasuk ke dalam daftar superfood yang mengandung nutrisi tinggi seperti vitamin B, vitamin E, magnesium, serat, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, antioksidan, bebas gluten, dan protein yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. 


    Lebih lanjut, berikut ini beberapa manfaat quinoa untuk kesehatan. Yuk, disimak!




    1. Meningkatkan kesehatan jantung


    (Foto: Dok. Freepik)


    Salah satu manfaat dari quinoa yakni dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Food Lipids mencatat bahwa, quinoa mengandung banyak flavonoid yang telah terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. 


    Selain itu, merujuk pada sebuah penelitian lain tahun 2004 yang diterbitkan di European Journal of Nutrition, menemukan bahwa kadar asam lemak bebas dan konsentrasi trigliserida yang lebih rendah, yang terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung


    2. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis

    Quinoa mengandung beberapa senyawa tanaman flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 


    Quercetin dan kaempferol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh, yang berarti bisa membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas, menurut studi tahun 2019 dalam jurnal Molecules. Dengan kata lain, mengkonsumsi lebih banyak makanan kaya flavonoid seperti quinoa dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan menurunkan risiko terhadap penyakit kronis. 


    3. Menyeimbangkan kadar gula darah


    (Foto: Dok. Xb100/Freepik)


    Mengutip dari laman Live Science, biji-bijian seperti quinoa diketahui mampu menyeimbangkan kadar gula darah. Faktanya, sebuah penelitian tahun 2009 dalam Journal of Medicinal Food, menyimpulkan bahwa quinoa memiliki indeks glikemik yang relatif rendah sehingga tidak akan menimbulkan lonjakan kadar gula darah.


    4. Baik untuk orang yang menjalani diet bebas gluten, orang dengan intoleransi atau alergi gluten

    Apakah kamu sedang menjalani diet bebas gluten? Ataukah kamu memiliki kondisi intoleransi atau alergi gluten? Quinoa bisa menjadi pilihan makanan terbaik. Ini karena, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Columbia University menunjukan bahwa, quinoa tergolong biji-bijian bebas gluten yang cocok untuk kamu yang tidak toleran atau alergi terhadap gluten. Penelitian ini juga menunjukan bahwa quinoa dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan antioksidan meskipun bebas gluten. 


    5. Dapat membantu menurunkan badan


    (Foto: Dok. SHVETS production/Pexels)


    Jika kamu sedang menjalani program penurunan berat badan, quinoa bisa menjadi salah satu makanan yang wajib ada di dalam daftar makanan diet kamu. Pasalnya, quinoa mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras, jagung, dan gandum utuh. Dengan kandungan protein yang tinggi dapat meningkatkan metabolisme dan memberikan perasaan kenyang, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. 


    Tak hanya itu saja, quinoa juga mengandung serat tinggi yang juga dikenal baik dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Ini karena, serat dapat mendorong penurunan asupan kalori dengan meningkatkan perasaan kenyang dan meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan. 


    6. Memiliki efek anti-inflamasi, anti-virus, anti-kanker dan anti-depresan

    Mengingat quinoa mengandung dua flavonoid utama, yakni quercetin dan kaempferol, maka masuk akal jika biji-bijian ini memiliki efek anti-inflamasi, anti-virus, anti-kanker, dan anti-depresan. Faktanya, pada sebuah penelitian tahun 2008 menyebutkan bahwa senyawa penting ini telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, anti-virus, anti-kanker dan anti-depresan. 


    Itulah enam manfaat quinoa untuk kesehatan. Quinoa bisa dijadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat yang lebih menyehatkan, karena kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan protein. Ini juga bebas gluten, lezat, dan sangat mudah disiapkan. 


    Caranya, siapkan satu cup quinoa lalu rebus dengan dua cup air atau kaldu hingga mendidih, selama sekitar 15 menit. Setelah terlihat mengembang, matikan api lalu aduk. Santap nasi quinoa ini dengan atau tanpa tambahan topping. Jika ingin menambahkan topping, Anda bisa menambahkan salad bayam, sayur kale, dan ayam panggang atau ikan salmon. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below