Life & health

Atur Piringmu, Ini Pola Makanan Sehat Bergizi Dan Seimbang

By : Her World Indonesia - 2022-07-13 16:00:01 Atur Piringmu, Ini Pola Makanan Sehat Bergizi Dan Seimbang

Empat sehat lima sempurna, sebuah pola makan yang kerap kali diajarkan dari sekolah dasar. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pola makanan sehat bergizi dan seimbang pun berubah. Kini, sudah banyak orang yang memulai pola hidup sehat dengan menggunakan pola piring makanan.


Di dunia ini tidak ada satu jenis makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Apabila tubuh memperoleh nutrisi dalam jumlah yang cukup, maka kesehatan tubuh terjaga, gizi tersimpan, anak-anak mengalami pertumbuhan sempurna, dan aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi berbagai varian makanan dalam jumlah yang tepat. 


(Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


Pola Piring Makanan Seimbang


(Pola Piring Makan Sehat Untuk Penuhi Gizi Tubuh. Foto: Dok. Health Hub)

Salah satu pola makanan sehat bergizi dan seimbang adalah pola piring makan. Pola piring makan bisa membantu kamu memulai kebiasaan makan yang lebih sehat, supaya berat badan tubuh lebih terkontrol dan tubuh dapat menangkal penyakit kronis. Lantas, bagaimana mengatur pola piring makanan seimbang? Mari simak penjelasan berikut ini.



1. Seperempat Piring Karbohidrat Kompleks


(Roti Gandum. Foto: Dok. hermaion/Pexels)

Karbohidrat kompleks memiliki kandungan vitamin B, vitamin E, mineral, zinc, magnesium, dan serat. Manfaatnya bagi tubuh pun beragam. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, kamu akan merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu terhindar dari keinginan makan yang berlebihan. Tak hanya itu, karbohidrat kompleks membantu pencegahan penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker.


Megapa karbohidrat kompleks penting? Karbohidrat kompleks tidak dipross secara berlebihan, sehingga lebih alami. Sementara karbohidrat seperti nasi putih dan roti putih, telah melalui proses yang panjang hingga nutrisinya pun hilang.


Sebagai pengganti nasi dan roti putih, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

- 2 potong roti gandum (60 gram)

- 1/2 mangkuk bihun (100 gram)

- 1/2 mangkuk nasi merah atau nasi cokelat (100 gram)

- 2/3 mangkuk oatmeal (50 gram)


2. Seperempat Piring Protein


(Daging Sumber Protein. Foto: Dok. Ali Smith/Pexels)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan protein bukan? Ya, berbagai makanan seperti daging merah, ikan, seafood, telur, dan aneka produk susu merupakan beberapa contoh protein yang mudah kamu temukan. Bukan hanya protein hewani, protein nabati seperti susu kedelai, tahu, tempe, dan kacang-kacangan juga salah satu sumber protein yang baik.


Pada umumnya, protein mengandung vitamin B, mineral, dan zinc. Sedangkan untuk ikan, terdapat kandungan emak baik yaitu asam lemak omega-3. Nah, kandungan-kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot, tulang, organ, kulit, dan kukumu.


Beberapa sumber protein di bawah ini direkomendasikan untuk kamu yang menginginkan pola makanan sehat bergizi dan seimbang:

- 90 gram ikan

- 2 gelas susu (500 ml)

- 2 potong tahu putih (170 gram)

- 5 udang (90 gram)

- 3 telur (150 gram)


(Baca Juga: 7 Rekomendasi Cemilan Untuk Diet, Dijamin Sehat & Lezat)


3. Setengah Piring Buah & Sayur


(Buah-buahan Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh. Foto: Dok. Trang Doan/Pexels)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah dan sayur memiliki nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayur memiliki kalori, lemak, dan sodium yang rendah. Terlebih lagi, keduanya kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.


Kandungan air dan serat yang tinggi pada buah dan sayur membantu membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, buah dan sayur bisa bantu kamu dari penyakit kronis lho. Beberapa di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, dan beberapa kanker.


Untuk sekali makan, kamu bisa mencoba beberapa buah dan sayur berikut ini, sesuai dengan porsi yang direkomendasikan:

- 1 apel, jeruk, pir, atau mangga (130 gram)

- 1 potong pepaya, nanas, atau semangka (130 gram)

- 1 buah pisang 

- 100 gram sayur yang tidak berdaun (brokoli atau jagung)

- 150 gram sayur berdaun


(Baca Juga: Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman)


Inilah pola makanan sehat bergizi dan seimbang yang bisa kamu coba untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhmu. Terus jaga kesehatan, ya!


(Penulis: Audrey Josephine)

Life & health