Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Kurang Darah & Cara Mengatasinya


  • Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Kurang Darah & Cara Mengatasinya
    5 Penyebab Dan Cara Mengatasi Kurang Darah. (Foto: Dok. AsiaVision/iStock)

    Pernah merasa lemas, nyeri dada, dingin di tangan atau kaki, kulit pucat, dan sakit kepala? Bisa jadi kamu menderita anemia atau kurang darah. Kurang darah terjadi ketika tubuh kamu kekurangan sel darah merah di dalam darah untuk membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Inilah yang menyebabkan kamu menjadi mudah lelah dan lemas.


    Berbeda dengan darah rendah, kurang darah merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merahmu di bawah rata-rata. Biasanya pria dewasa mengalami kurang darah ketika jumlah sel darah merahnya di bawah 14 gram per desiliter. Sedangkan wanita dewasa dikatakan mengalami kurang darah ketika jumlah sel darah merah di bawah 12 gram per desiliter. 




    Kurang darah bisa terjadi sementara maupun jangka panjang. Disebabkan oleh beberapa hal, kurang darah bisa diatasi dengan banyak cara. Mari simak penyebab kurang darah dan cara mengatasinya.


    (Baca juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Anemia Yang Perlu Kamu Tahu)


    Penyebab Kurang Darah

    Kurang Darah, penyebab
    (Kenali penyebab kurang darah. Foto: Dok. kuarmungadd/iStock)

    1. Kekurangan Zat Besi

    Ketika tubuh kamu tidak mampu menghasilkan sel darah merah, bisa jadi kamu sedang kekurangan zat besi. Sebenarnya zat besi bisa kamu peroleh melalui berbagai jenis makanan. Namun, ada kondisi kesehatan tertentu yang bisa menyebabkan tubuhmu tidak mampu menyerap zat besi.


    2. Hamil

    Untuk kamu yang sedang melalui masa kehamilan, kurang darah adalah kondisi yang wajar. Saat sedang hamil, tubuh membutuhkan sel darah merah, bahkan lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu, kamu perlu meningkatkan asupan zat pembentuk sel darah merah seperti, zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Pastikan untuk penuhi kebutuhan zat besimu, supaya kamu dan buah hatimu tetap terjaga kesehatannya.


    3. Pendarahan

    Pendarahan, salah satu penyebab kurang darah yang perlu kamu waspadai. Pendarahan bisa terjadi karena cedera, gangguan menstruasi, kanker usu, efek samping obat, wasir, dan peradangan di lambung. Ketika kamu mengalami pendarahan maka, tubuhmu pasti akan kekurangan darah.


    4. Anemia Aplastik

    Anemia aplastik adalah kondisi kesehatan di mana sumsum tulang belakangmu tidak bis menghasilkan sel darah merah dengan baik. Biasanya anemi aplastik dipicu oleh infeksi, penyakit autoimun, paparan zat kimia beracun, dan efek samping antibiotik.


    5. Anemia Hemolitik

    Berbeda dengan anemia aplastik, anemia hemolitik adalah kondisi kesehatan di mana tubuh kamu menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada pembentukannya. Para penderita anemia hemolitik mengalami masalah kesehatan ini karena faktor genetik, atau diperoleh setelah lahir akibat kanker darahm penyakit autoimun, infeksi bakteri atau virus, dan efek samping obat-obatan.


    (Baca juga: Inilah Sederet Makanan untuk Tekanan Darah Rendah)


    Cara Mengatasi Kurang Darah

    Makanan Kurang Darah

    (Makanan Untuk Penderita Kurang Darah. Foto: Dok. piotr_malczyk/iStock)

    1. Jogging

    Jogging adalah salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan untuk pengidap kurang darah. Pasalnya, jogging dapat membantu memproduksi sel darah merah dengan lebih banyak sekaligus melindungi jantung. Sebelum dan setelah melakukan jogging, sangat disarankan untuk melakuka peregangan untuk terhindar dari cedera.


    2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

    Seseorang yang mengidap kurang darah perlu untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi. Daging merah, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau, hingga seafood, adalah beberapa contoh makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, produksi sel darah merah akan meningkat.


    3. Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

    Nah, tidak hanya mengonsumsi makanan dengan zat besi berlimpah, kamu juga perlu membantu tubuh untuk menyerap zat besi tersebut. Caranya, makanlah makanan yang kaya akan vitamin C seperti, jeruk, stroberi, dan mangga. 

    Selain vitamin C, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin A yang bisa membantu penyerapan zat besi dengan maksimal. Beberapa contoh makanan yang kaya akan vitamin A antara lain, ikan, hati, labu, kangkung, dan sawi.


    4. Bersepeda

    Selain jogging, bersepeda juga merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kurang darah. Olahraga satu ini tidak membebani tubuh. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk bersepeda ke luar rumah, cobalah menggunakan sepeda statis. 


    5. Minum Suplemen Zat  Besi

    Para pengidap kurang darah kronis, kamu perlu untuk berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter menyarankan pasien untuk meminum suplemen zat besi. Tinggi atau rendahnya dosis, tergantung dari jumlah sel darah merah dari penderita. Dengan meminum suplemen zat besi, kadar zat besi dalam tubuhmu akan meningkat selama beberapa minggu.


    (Baca juga: Ketahui 7 Buah Penambah Darah)


    Inilah penyebab kurang darah dan cara mengatasinya. Kalau kamu ada keluhan lebih, silakan langsung menghubungi dokter untuk tindakan lebih lanjut. Selalu jaga kesehatan, ya!


    (Penulis: Audrey Josephine)

    Tags: kurang darah



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below