Life & health

Ketahui 7 Buah Penambah Darah

By : Her World Indonesia - 2022-02-07 13:00:02 Ketahui 7 Buah Penambah Darah

Anemia atau kekurangan darah merupakan penyakit yang bisa menyebabkan rasa letih, lesu, sulit bernapas, dan menganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, penyakit ini terjadi akibat kurangnya kadar hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah. Hemoglobin memiliki peranan penting yakni sebagai pengangkut oksigen ke bagian penting dalam tubuh. Tanpa oksigen yang bersih ini, maka tubuhmu akan terasa lemah dan sulit untuk fokus. Kalau tidak segera dirawat, penyakit darah rendah bisa berdampak buruk pada keseluruhan kesehatan tubuh. 


Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi anemia. Ini dia, tujuh buah penambah darah yang bisa kamu temukan di rumah. 

1. Buah Bit 


(Buah bit sebagai penambah darah. Foto:Dok. dianazh/iStock) 


Buah berwarna merah tua ini merupakan buah nomor satu yang wajib dikonsumsi bagi mereka para penderita anemia. Buah yang kaya akan vitamin C ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengaktifkan kembali sel darah merah yang meningkatkan jumlah oksigen bersih ke setiap bagian tubuh.


Selain dikenal sebagai buah penambah darah, buah bit juga mengandung potasium, kalsium, sulfur, iodium, zat besi, dan vitamin lainnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.


Kamu bisa mengonsumsi buah ini dengan berbagai macam cara, seperti direbus, dikukus, dimasukkan ke dalam sup, ditambahkan ke dalam salad, atau di jus. Jika kamu memilih untuk membuat jus maka kamu bisa mencampurnya dengan wortel dan jeruk agar lebih nikmat dan juga meningkatkan kadar zat besi alami.

2. Pisang 

(Pisang kaya akan magnesium sehingga baik untuk penderita anemia. Foto:Dok.Vanessa Loring/Pexels)


Pisang menjadi salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain buahnya yang manis dan mudah ditemukan, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa kandungan yang terdapat dalam pisang diantaranya karbohidrat, kalium, dan magnesium sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.


Tidak hanya itu, nyatanya pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh. 


(Baca Juga: 6 Manfaat Baik Mengonsumsi Pisang Untuk Ibu Hamil)


3. Jeruk 

(Kandungan vitamin c pada jeruk sebagai penambah darah. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)



Buah yang kaya akan Vitamin C ini ternyata bermanfaat untuk menambah darah karena mampu melakukan penyerapan zat besi. Selain itu, jeruk juga berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh seseorang dari virus dan bakteri. Tak heran buah ini banyak dipilih orang sebagai obat alami berbagai penyakit. 

4. Stroberi 

(Stroberi bisa dikonsumsi sebagai pencegah anemia. Foto: Dok.Engin Akyurt/Pexels)


Stroberi menjadi buah penambah darah yang mampu mencegah penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena stroberi mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan tersebut berfungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

 

5. Apel 

(Konsumsi buah apel secara rutin bisa memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Foto: Dok. Mareefa/Pexels)


Pasti sudah banyak orang yang tahu bahwa rutin mengonsumsi apel membuat kesehatan tubuh seseorang tetap terjaga dengan baik. Jika kamu mengonsumsi apel bersamaan dengan kulitnya, maka kamu akan terhindar dari penyakit anemia. Hal ini disebabkan karena apel mengandung zat besi. 


Tidak hanya zat besi, apel memiliki kandungan antioksidan, flavonoid, hingga serat yang cukup tinggi guna memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti menjaga kesehatan otak, jantung, hingga membantu menurunkan berat badan.  


(Baca Juga: Manfaat Jus Alpukat Yang Baik Untuk Tubuh)


6. Buah Naga 

(Buah berwarna merah muda ini banyak disukai orang. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)


Buah penambah darah satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Rasanya yang manis dan bentuknya yang eksotis menjadikan buah naga sebagai buah yang populer di seluruh dunia. Buah naga kaya akan zat besi, fosfor, kalium, dan berbagai vitamin lainnya yang berfungsi untuk mencegah anemia, melancarkan pencernaan, mencegah risiko kanker serta melawan stres oksidatif. 


7. Semangka 

(Buah semangka memiliki kandungan zat besi yang mampu menambah darah dalam tubuh. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


Siapa yang tidak suka dengan buah yang satu ini? Buah yang segar ketika disantap sebagai makanan penutup ini ternyata mampu mencegah anemia. Hal ini disebabkan buah semangka memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Selain menambah kadar zat besi di dalam tubuh, buah semangka juga membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi itu dengan baik karena bantuan vitamin C yang juga dikandung buah semangka. 


Itulah beberapa buah penambah darah yang bisa kamu coba sebagai obat alami. Selain mengonsumsi buah tersebut kamu juga perlu mengimbangi dengan rajin berolahraga dan menjaga pola hidup sehat. 


(Penulis: Tiara Kandida E)

Life & health