Kenali 6 Ciri-Ciri Anemia Yang Perlu Kamu Tahu


  • Kenali 6 Ciri-Ciri Anemia Yang Perlu Kamu Tahu
    (Ciri-ciri anemia yang perlu kamu tahu. Foto: Dok.AsiaVision/iStock)

    Anemia atau kekurangan darah adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah. Padahal, sel darah merah sangat dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen dan nutrisi yang kemudian disebarkan ke organ tubuh lainnya. Namun, jika organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi tersebut maka para penderita anemia menjadi pucat dan mudah lelah. 


    Oleh karena itu, kamu perlu mengenali ciri-ciri anemia agar membantu dalam mencegah dan menangani secara tepat. Berikut ini beberapa ciri-ciri anemia yang perlu kamu tahu. 




    1. Mudah Lelah 

    ciri-ciri anemia

    (Mudah lelah menjadi ciri umum dari anemia. Foto: Dok.VioletaStoimenova/iStock)

    Kondisi ini menjadi salah satu ciri yang paling umum akibat kurang darah. Namun untuk anemia, kelelahan yang terjadi sedikit berbeda dengan kelelahan biasa. Kelelahan atau kondisi tubuh yang capek terjadi karena tubuh kekurangan hemoglobin, yakni protein khusus yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh melalui bantuan sel darah merah.

    Ketika tubuh kekurangan hemoglobin, maka secara otomatis semua sel dan jaringan tubuh juga akan kekurangan oksigen. Hal ini mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan sel darah merah untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dari hal tersebutlah maka tubuhmu merasa cepat lelah. 


    2. Kulit Pucat 

    Kulit pucat menjadi salah satu ciri-ciri umum dari anemia. Hal ini berkaitan dengan kondisi hemoglobin yang memberikan warna merah pada darah. Pada jaringan kulit manusia terdapat banyak pembuluh darah kecil dan rona kulit manusia juga sebagian besar dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar. Itulah sebabnya ketika kadar hemoglobin rendah, kulit dapat berwarna pucat.

    Seseorang yang kulit tubuhnya pucat, seperti wajah, gusi, dan kelopak mata bawah biasanya sudah mengalami gejala anemia sedang hingga berat. 


    (Baca Juga: 6 Makanan Sumber Zat Besi Pencegah Anemia)


    3. Sesak Napas

    ciri-ciri anemia

    (Sesak napas terjadi karena kurangnya oksigen pada tubuh yang bisa menjadi ciri anemia. Foto: Dok.AntonioGuillem/iStock)

    Peran hemoglobin memang sangat penting bagi manusia. Jika kamu kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah, maka bisa berimbas pada kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

    Kondisi ini bisa membuat otot menjadi tidak mendapatkan oksigen yang cukup untuk bisa melakukan aktivitas normal sehari-hari, seperti berjalan, naik turun tangga, hingga saat berolahraga ringan. Ketika kadar oksigen tersebut tidak tercukupi, maka laju pernapasan menjadi meningkat. Ini merupakan salah satu cara tubuh untuk bisa mendapatkan oksigen yang mencukupi.

    Namun, ketika paru-paru semakin bekerja keras untuk menampung oksigen dapat menyebabkan dada akan terasa sesak meski hanya melakukan aktivitas ringan. Hal ini bisa menjadi ciri-ciri kamu terkena anemia. 


    4.Pusing 

    Tidak hanya sesak napas, pusing juga bisa menjadi ciri-ciri anemia karena kekurangan kadar oksigen dalam tubuh. Ini karena otak membutuhkan oksigen untuk bekerja. Apabila organ utama itu sampai kekurangan oksigen, maka kamu akan merasakan pusing, terutama saat berdiri dari duduk atau berbaring.

    Anemia dapat mengakibatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh berkurang, dan sama halnya dengan otak. Kejadian ini akan menimbulkan rasa pusing dan membuat tubuh kehilangan keseimbangannya. 


    (Baca Juga: Ketahui 7 Buah Penambah Darah)


    5. Jantung Berdebar

    ciri-ciri anemia

    (Jantung berdebar menjadi ciri anemia yang tidak boleh diabaikan. Foto: Dok.Pitchayanan Kongkaew/iStock)

    Ciri-ciri anemia berikutnya yang tidak boleh kamu abaikan adalah jantung berdebar kencang. Kondisi ini biasa disebut dengan istilah palpitasi jantung. Ini terjadi akibat kekurangan zat besi dan minimnya kadar hemoglobin dalam darah, sehingga membuat jantung harus bekerja ekstra keras untuk mengalirkan darah agar beroksigen. Itu sebabnya jantung berdetak lebih cepat dan kencang karena berusaha memompa oksigen.

    Meski begitu, jantung berdebar adalah salah satu ciri anemia yang tidak langsung nampak. Bisa saja tubuhmu sudah kekurangan zat besi sejak lama, tapi jantung berdebar baru muncul di kemudian hari. Maka dari itu, kamu perlu selalu berhati-hati. 


    6. Gelisah 

    Ciri-ciri anemia atau kurang darah yang bisa dikatakan parah adalah ketika kamu merasa gelisah di malam hari. Kondisi ini menyebabkan kamu merasa selalu ingin menggerakkan kaki. Padahal, sudah saatnya bagi kamu untuk beristirahat atau tidur. Jika kondisi tersebut terus terjadi, maka bisa jadi salah satu penyebab kualitas tidurmu yang buruk.

    Waktu tidur yang terganggu semakin membuat kamu sulit untuk merasa segar di pagi hari. Hasilnya, kegiatan di siang hari menjadi terganggu. Hal tersebut bisa kamu hindari, seperti mencoba untuk tidak menunda jadwal konsultasi dengan dokter. Bisa jadi, kondisi yang sedang kamu alami ini menjadi gejala penyakit lain yang selama ini belum kamu ketahui.


    Itulah beberapa ciri-ciri anemia yang perlu kamu tahu. Jika mengalami kondisi tersebut secara berulang, segeralah  berkonsultasi dengan dokter dan lakukan pola hidup sehat agar anemia bisa diatasi dengan tepat. 


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below