Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman


  • Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman
    (Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Paling Aman. Foto: Dok. YelenaYemchuk/iStock)

    Ingin memulai hidup sehat dan memiliki tubuh ideal tetapi bingung harus menjalankan diet seperti apa? Alvin Hartanto, seorang ahli ilmu gizi, memberikan penjelasan pada kanal Youtube Herworld Indonesia mengenai ragam jenis diet dan makanan sehat untuk diet yang bisa kamu coba. Mulai dari diet intermittent fasting atau yang lebih umum dikenal dengan diet OCD sedang menjadi pembicaraan warganet selama beberapa waktu terakhir. Sebuah program diet dengan melakukan puasa pada jam-jam tertentu. Jadi, kamu yang menjalankan diet ini hanya makan pada jendela makan yang sudah ditentukan. Terdapat tiga jendela makan dalam diet OCD yang perlu dilakukan secara bertahap yaitu, jendela makan 8 jam, 6 jam, hingga 4 jam.


    (Baca juga: Mengenal Diet Intermittent Untuk Menurunkan Berat Badan)




    Selain pola diet, dalam video “Her Class: Menentukan Diet Sehat Dengan Ragam Buah Kaya Nutrisi”, Alvin Hartanto menjelaskan bahwa pembatasan jam makan tidak terlalu efektif bila makanan yang dikonsumsi tidak sehat. Selama jendela makan, pastikan kebutuhan nutrisi tercukupi dengan memilih jenis makanan yang tentunya mendukung program diet kamu. Berikut beberapa makanan sehat untuk diet yang bisa kamu coba.

    1. Lemon

    Buah yang kaya akan vitamin C dan serat ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan. Untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi pada saat melakukan diet, campuran air lemon dapat sangat membantu. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mengurangi perut kembung dan mencegah penambahan berat badan.

    Terlepas dari itu, perlu diingat bahwa lemon mengandung asam yang dapat memicu asam lambung. Jadi, untuk kamu yang memiliki asam lambung atau gerd, tidak disarankan untuk mengonsumsi lemon pada program diet kamu.

    2. Yoghurt


    Pilihan makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah yoghurt. Sebagai sumber protein yang baik, yoghurt membantu memberikan rasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, kandungan probiotik pada yogurt sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi bakteri.


    (Baca juga: 6 Alternatif Yogurt Untuk Diet Yang Bisa Dicoba!)


    Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih yoghurt untuk diet adalah label nutrisi pada kemasan yogurt. Jika kadar gula dalam yogurt tinggi, maka tidak disarankan untuk dikonsumsi selama menjalankan program diet. Pada umumnya, yoghurt dengan berbagai varian rasa cenderung memiliki kadar gula yang lebih tinggi.


    3. Pisang

    Makanan Sehat Untuk Diet

    (Makan Pisang Untuk Diet Yang Lebih Sehat. Foto: Dok. iprogressman/iStock)


    Siapa yang tidak suka buah pisang? Selain rasanya yang lezat, ternyata pisang juga bagus lho untuk dikonsumsi selama diet. Pisang mengandung potasium dan karbohidrat dalam jumlah yang tinggi, sehingga akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, serat, dan protein, yang tentunya sangat kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

    Pisang cocok dikonsumsi setelah olahraga, untuk menggantikan energi yang hilang. Setelah olahraga, tubuh membutuhkan energi yang mudah diserap untuk menggantikan energi yang telah terbakar.


    4. Stroberi


    Kaya akan antioksidan, stroberi bisa menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk diet. Studi menunjukkan bahwa stroberi meningkatkan produksi dua hormon penting yaitu adiponektin dan leptin. Kedua hormon ini membantu proses pembakaran lemak dan metabolisme.

    Selain itu, stroberi juga mengandung serat yang bisa membantu sistem pencernaan. Mengonsumsi semangkuk buah stroberi setiap hari terbukti bermanfaat dalam menghilangkan lemak perut. Terlepas dari manfaatnya dalam membakar lemak, serat pada stroberi akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.


    (Baca juga: Manfaat Makan Buah Stroberi Untuk Kesehatan)


    5. Wortel

    Makanan Sehat Untuk Diet

    (Wortel Sangat Baik Dikonsumsi Saat Diet. Foto: Dok. Merinka/iStock)


    Siapa sangka sayur berwarna oranye ini memiliki segudang nutrisi. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan air, karbohidrat, dan serat yang sangat tinggi. Sehingga, wortel cocok untuk dijadikan menu diet yang sehat.


    Secara alami, wortel merupakan sayur rendah kalori dan penuh nutrisi yang dapat membantu program diet kamu. Secangkir jus wortel hanya mengandung 50 kalori, yaitu 3% dari total kalori harian dalam diet 1.500 kalori. Jika kamu mau mencoba menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, mengonsumsi wortel akan membantu kamu.


    Kamu bisa menonton video Her Class bersama Alvin Hartanto di kanal YouTube Her World Indonesia untuk tahu lebih detail makanan sehat apa yang paling aman buat kamu untuk jalani diet. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai konsumsi makanan sehat untuk diet dan rasakan perubahannya!



    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below