Cegah Kanker & Tumor, Ini 6 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan


  • Cegah Kanker & Tumor, Ini 6 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan
    (6 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan. Foto: Dok. ASMR/iStock)

    Memasuki musim panas, buah semangka adalah camilan sehat yang bisa kamu makan untuk menghilangkan dahaga. Tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, buah dengan rasa segar dan manis ini sering diolah menjadi jus, es krim, es buah, dan salad.




    Dalam setiap gigitan semangka, kamu akan memperoleh banyak nutrisi penting seperti, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, antioksidan, asam amino, dan potasium. Selain memiliki segudang nutrisi, semangka juga memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan beberapa buah rendah gula lainnya, seperti beri-berian. Simak enam manfaat semangka bagi kesehatan ini.


    (Baca Juga: 10 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan


    1. Menghidrasi tubuh

    Tahukah kamu bahwa tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat bekerja secara maksimal? Nah, inilah manfaat semangka yang pertama yaitu membantu menghidrasi tubuh. Beberapa sistem dalam tubuh dipengaruhi oleh asupan air seperti, pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan sebagainya.


    Semangka mengandung 92% air, sehingga kebutuhan air harianmu dapat tercukupi dengan mengonsumsi semangka dan tubuh dapat bekerja dengan baik. Terlebih lagi, kandungan air yang tinggi membuat semangka memiliki kalori yang rendah. Sehingga, kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah kamu mengonsumsi semangka.


    2. Menurunkan tekanan darah tinggi

    Manfaat Semangka

    (Ekstrak Semangka Bantu Menjaga Tekanan Darah. Foto: Dok. 5432action/iStock)

    Manfaat semangka berikutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Pada penelitian di tahun 2012, ditemukan bahwa ekstrak semangka membantu menurunkan tekanan darah pada usia paruh baya dengan obesitas dan penyakit hipertensi.


    Selain itu, kandungan potasium dan kalium dalam semangka dikenal dapat menjaga tekanan darah, bahkan selama berolahraga. Terlebih lagi, semangka mengandung citrulline. Citrulline bermanfaat untuk melebarkan dan melemaskan pembuluh darah supaya aliran darah lebih lancar dan tekanan darah turun.


    3. Meningkatkan kesehatan jantung

    Manfaat Semangka

    (Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Jantung. Foto: Dok. theerani lerdsri/iStock)


    Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat umum di dunia. Namun, kamu bisa mencegah penyakit ini dengan mengubah gaya hidup, dimulai dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Semangka mengandung likopen yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.


    Selain itu, semangka juga mengandung asam amino yang membantu pembuluh darahmu mengembang dan menurunkan tekanan darah. Berbagai nutrisi lain pada semangka juga membantu menjaga kesehatan jantung seperti, magnesium, potasium, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.


    (Baca Juga: Apa Itu Cerebral Palsy? Kenali Gejala & Penyebabnya!)


    4. Mencegah asma

    Manfaat Semangka

    (Semangka Mengurangi Risiko Kambuhnya Asma. Foto: Dok. FatCamera/iStock)

    Pernah mendengar atom yang disebut radikal bebas? Radikal bebas merupakan beberapa sel rusak yang berdampak negatif bagi tubuh, salah satunya adalah asma. Kaya akan antioksidan dan vitamin C, semangka dapat mengurangi risiko kambuhnya asma. Terdapat 12,5 miligram vitamin C dalam secangkir jus semangka, yaitu sekitar 14-16% kebutuhan vitamin C harian.


    Bukan hanya mencegah asma pada orang dewasa, semangka juga membantu mencegah kambuhnya asma pada anak-anak. Semangka membantu penderita asma untuk bernapas lebih baik dan lega.


    5. Meningkatkan sistem pencernaan

    Manfaat Semangka

    (Serat Semangka Melancarkan Sistem Pencernaan. Foto: Dok. bymuratdeniz/iStock)


    Dengan kandungan air yang berlimpah dan serat, semangka ada pilihan buat yang tepat untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Serat adalah jenis karbohidrat yang dapat mengikat air dalam usus dan memperlancar pencernaan. Sehingga, dengan mengonsumsi semangka, kamu dapat terhindar dari sembelit.


    6. Mencegah kanker

    Manfaat Semangka

    (Semangka Memiliki Efek Anti Kanker. Foto: Dok. vitanovski/iStock)

    Tidak diketahui oleh banyak orang, ternyata manfaat semangka selanjutnya adalah mencegah kanker. Semangka yang mengandung likopen memiliki efek anti kanker lho. Likopen diyakini mampu menurunkan kadar hormon yang berfungsi untuk membelah sel, khususnya pembelah sel kanker yang tak terkendali.


    Nah, semangka dapat menekan tingkat pertumbuhan hormon tersebut, sehingga risiko terjadinya kanker juga dapat menurun. Selain itu, senyawa cucurbitacin E dalam semangka juga ditemukan mampu menghambat pertumbuhan tumor.


    (Baca Juga: Bukan Cuma Untuk Diet, Ini Lho Manfaat Buah Plum)


    Ternyata manfaat semangka untuk kesehatan banyak sekali, ya. Yuk rutin memakan semangka untuk dapatkan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below