Bukan Cuma Untuk Diet, Ini Lho Manfaat Buah Plum


  • Bukan Cuma Untuk Diet, Ini Lho Manfaat Buah Plum
    (Manfaat buah plum untuk kesehatan. Foto: Dok.Boonchuay1970/iStock)

    Buah plum menjadi salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Meskipun tidak tumbuh di Indonesia, namun kamu tetap bisa mendapatkannya di supermarket, pasar tradisional, dan toko buah. Buah plum sendiri telah terbukti kaya akan gizi karena mengandung banyak antioksidan, mineral, serat, dan vitamin yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh.  Agar kamu lebih mengenal buah plum, yuk cari tahu manfaat buah plum untuk kesehatan berikut ini. 


    1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan 

    manfaat buah plum

    (Buah plum bermanfaat untuk mencegah sembelit. Foto: Dok.blanscape/iStock)

    Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya dalam mencegah sembelit. Ini karena kandungan serat yang ada dalam buah plum mampu memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker usus dan juga wasir. 



    Plum mempunyai serat tidak larut yang bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik, seperti flora alami di dalam usus besar. Dengan serat yang tidak larut ini, maka populasi flora alami tersebut bisa dilestarikan.


    (Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan)


    2. Menurunkan Kolesterol 

    Buah plum mempunyai asam propionat yang dihasilkan dari serat buah plum termasuk. Serat ini termasuk ke dalam jenis serat tidak larut yang berfungsi membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh organ hati.

    Ketika asam empedu tersebut diekskresikan bersama dengan serat buah plum, maka hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar.


    3. Mencegah Anemia 

    Jika kamu atau sanak keluargamu mempunyai penyakit anemia, maka tak perlu khawatir. Sebab, kamu hanya perlu mengonsumsi buah plum karena plum termasuk sumber zat besi yang dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Zat besi tersebut dibutuhkan agar kamu bisa memiliki atau memproduksi sel darah merah yang sehat. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit anemia. 


    4. Mengobati Osteoporosis

    manfaat buah plum

    (Kandungan vitamin D dan estrogen pada buah plum mampu mencegah kerusakan sel-sel tulang. Foto: Dok.bymuratdeniz/iStock)

    Buah plum kering merupakan sumber penting dari mineral boron yang dapat membantu menguatkan tulang dan otot. Tak hanya itu, buah plum juga dipercaya bisa membantu pengobatan osteoporosis yang dialami seseorang. Hal ini karena buah plum mengandung vitamin D dan estrogen yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tulang tubuh. 

    Di samping itu, buah plum juga memiliki kandungan vitamin K, kalium dan magnesium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga jika kamu mengonsumsi buah plum secara rutin tentu dapat menurunkan risiko penyakit osteoporosis yang ada.


    5. Menjaga Kesehatan Mata 

    manfaat buah plum

    (Buah plum mampu mencegah berbagai kerusakan mata. Foto: Dok.puhhha/iStock)

    Manfaat buah plum lainnya yakni dapat berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan vitamin A  atau beta karotan pada buah plum yang dibutuhkan oleh mata dalam mencegah berbagai macam kerusakan. Konsumsi buah plum secara rutin dan teratur agar kamu bisa merasakan manfaatnya secara maksimal. 


    (Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan)


    6. Membantu Menurunkan Berat Badan 

    Bagi kamu yang sedang dalam proses diet, ada baiknya jika mengonsumsi buah plum ini. Sebab buah plum termasuk ke dalam buah yang rendah kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan kandungan serat, vitamin C, dan vitamin A yang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan (diet). 

    Serat buah plum yang padat cukup lama ketika dicerna tubuh dan indeks glikemiknya yang rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama. 


    7. Melawan Virus dan Bakteri 

    manfaat buah plum

    (Buah plum dapat menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri. Foto: Dok.AlexSava/iStock)

    Saat pandemi seperti sekarang ini, setiap orang ingin menjaga kekebalan tubuhnya agar terbebas dari virus dan bakteri yang ada. Hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah plum karena buah plum kaya akan antioksidan yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab datangnya berbagai macam penyakit.

    Mengonsumsi buah plum secara rutin juga dapat membantu mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. Sehingga hal ini dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. 


    Itu dia beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Namun, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi buah plum ini terlalu banyak karena dapat menyebabkan perut kembung. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below