Wajib Masuk List Liburan, Ini 6 Kota Paling Bersih di Dunia


  • Wajib Masuk List Liburan, Ini 6 Kota Paling Bersih di Dunia
    Helsinki jadi salah satu kota paling bersih di dunia. (Foto: Dok. Tapio Haaja/Unsplash)

    Memasuki liburan sekolah atau jadi kesempatanmu untuk meliburkan diri, mungkin kamu sudah menghabiskan beberapa hari terakhir mencari-cari destinasi liburan yang cocok. Mungkin ke daerah pegunungan untuk nikmati udara segar atau pesisir pantai dengan sinar matahari yang siap menyambutmu.


    Untuk kamu yang ingin tetap menikmati suasana perkotaan, hanya sedikit berbeda dari hiruk pikuk yang ditemui setiap hari, Her World punya jawabannya untukmu. Jika keramaian belum bisa terelakkan, mungkin beberapa kota paling bersih di dunia ini bisa jadi destinasi liburan yang kamu cari. Penasaran apa saja? Simak deretannya di bawah ini.




    (Baca Juga: 4 Negara Paling Bersih di Dunia)


    1. Calgary, Kanada


    kota paling bersih di dunia

    (Calgary menempati posisi pertama sebagai kota paling bersih di dunia. Foto: Dok. Patrick Mcvey/Unsplash)


    Kota paling bersih di dunia berikutnya adalah Calgary dan ada alasan mengapa kota ini menempati posisi tertinggi. Alasannya adalah kebersihan bukan lagi suatu kewajiban tapi sebuah kebudayaan sehingga setiap orang yang menetap di kota ini pun sadar betul akan pentingnya menjaga kebersihan.


    Kota yang berada di provinsi Alberta, Kanada ini menerapkan juga menerapkan beberapa aturan dan gerakan untuk pastikan kebersihannya terjaga. Mulai dari denda bagi orang-orang yang membuang puntung rokok sembarangan hingga gerakan, Green Calgary yang mendorong gaya hidup lebih ramah lingkungan.


    2. Copenhagen, Denmark


    kota paling bersih di dunia

    (Copenhagen bisa jadi destinasi liburanmu. Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)


    Copenhagen mengawali daftar kota-kota paling bersih di dunia. Ibukota negara Denmark ini tak hanya terkenal dengan bangunan warna-warni yang berdiri tegak di sepanjang kanal, tapi juga kebersihannya. Kelestarian lingkungan alam jadi aspek penting bagi kehidupan masyarakat Denmark sehingga berbagai tindakan pun dilakukan.


    Mulai dari menjaga kualitas air hingga melakukan inisiatif untuk memilah sampah dan melakukan daur ulang. Inisiatif yang dicanangkan pemerintah setempat ini juga dilakukan oleh masyarakat setempat sehingga proses untuk menjaga kebersihan kota pun dapat dilaksanakan dengan baik. Plus, sebagian besar masyarakat menggunakan sepeda sebagai moda transportasi.


    3. Honolulu, Hawaii


    kota paling bersih di dunia

    (Ruang terbuka hijau dan keindahan alam sempurnakan kota Honolulu. Foto: Dok. Jess Loiterton/Pexels)


    Bertolak ke benua Amerika, salah satu negara bagian tropis di Amerika Serikat pun memiliki ibukota yang dikenal akan kebersihannya. Honolulu adalah salah satu kota yang sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam. Berbagai gerakan pun dilakukan seperti melarang penggunaan kantung plastik dan memastikan seluruh penduduk melakukan daur ulang.


    Bahkan, ada aturan yang mengharuskan penduduk setempat membuat kompos dari sisa-sisa makanan. Berbagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan alamnya ditambah kawasan terbuka hijau yang luas menjadikan Honolulu sebagai salah satu kota paling bersih di dunia.


    (Baca Juga: Ini 5 Negara Paling Aman Bagi Wanita Untuk Solo Travelling)


    4. Kobe, Jepang


    kota paling bersih di dunia

    (Sudut kota Kobe, Jepang. Foto: Dok. Richard Tao/Unsplash)


    Tak hanya terkenal dengan kualitas daging sapinya, salah satu kota di Jepang ini juga menawarkan keindahan kota yang sayang untuk dilewatkan. Kota pelabuhan di Negeri Sakura ini menjadi salah satu kota paling bersih di dunia, tentu dengan berbagai macam hal yang dilakukan untuk memastikan kondisinya.


    Mulai dari pengumpulan sampah yang terbagi dalam beberapa hari, menyesuaikan dengan jenis sampahnya seperti sampah rumah tangga, sampah tak mudah terbakar, dan yang bisa didaur ulang. Selain pemilahan sampah yang dilakukan sejak 1896, Kobe juga memastikan kualitas air sehingga kamu bisa meminum air keran tanpa takut ada efek yang merugikan tubuh.


    5. Helsinki, Finlandia


    kota paling bersih di dunia

    (Suasana kota Helsinki, Finlandia di sore hari. Foto: Dok. Nicolas Messifet/Unsplash)


    Udara yang segar dan bersih bisa kamu dapatkan ketika menginjakkan kaki di Helsinki, Finlandia. Kota yang sudah dipastikan menjadi salah satu kota paling bersih di dunia, berkat kontribusi masyarakat yang memastikan kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Mulai dari pengurangan produksi sampah hingga sistem energi yang membantu kurangi penggunaan listrik berlebihan, Helsinki sudah menerapkannya sejak lama.


    Selain itu, kamu lagi-lagi akan melihat sepeda sebagai moda transportasi penduduk setempat dan di Helsinki, sepanjang 3000 kilometer jalan khusus sepeda dibuat oleh pemerintah. Jadi, ketika kamu sampai di Helsinki, jalanan padat sepeda akan jadi pemandangan yang kamu nikmati (atau tidak, your choice)


    6. Singapura, Singapura


    kota paling bersih di dunia

    (Kota Singapura jadi salah satu kota paling bersih di dunia. Foto: Dok. Adhitya Andanu/Pexels)


    Jaraknya tak jauh dari ibukota Jakarta, kurang lebih satu jam naik pesawat dengan tiket yang harganya sedang tak bersahabat, kamu akan menemukan salah satu kota paling bersih di dunia. Terlepas dari berbagai destinasi wisata yang tersebar di sudut-sudut kota dan kuliner yang tiada akhir, Singapura juga tawarkan kenyamanan bagi setiap orang karena kebersihan kotanya.


    Mulai dari pemilahan sampah hingga melarang penggunaan plastik, Singapura berhasil jadi contoh negara-negara tetangga untuk hidup lebih ramah terhadap lingkungan dan alam. Jadi, kamu bisa lebih puas menikmati sudut-sudut kota Singapura yang penuh warna dan tentunya, lebih bersih.


    (Baca Juga: Kembali Jelajahi Rasanya, Ini 5 Destinasi Kuliner Singapura)


    Inilah beberapa kota paling bersih di dunia yang wajib masuk list destinasi liburanmu. Kira-kira kota mana yang ingin kamu kunjungi lebih dulu?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below