4 Negara Paling Bersih di Dunia


  • 4 Negara Paling Bersih di Dunia
    Negara bersih juga membuat pemandangan yang indah. (Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Terdapat banyak sekali negara di bumi yang kita tinggali ini. Ini membuat banyaknya perbedaan, tidak hanya secara geografis tapi juga budaya. Perbedaan di setiap negara juga dipengaruhi oleh pemerintahan, masyarakat lokal, dan cara hidup. Meski berbeda, negara-negara di dunia tetap berada dalam kesatuan yang sama, seperti salah satu contohnya adalah Persatuan Bangsa-Bangsa.


    Tinggal di satu negara untuk waktu yang cukup lama terkadang membuat kamu ingin berkunjung ke negara lainnya. Tidak hanya itu, tempat spesifik yang ada, suatu event, atau bahkan kelebihan dari negara itu, seperti kebersihannya, pasti mengundang turis untuk berkunjung. Kebersihan menjadi faktor penting dalam berwisata, terutama dalam masa pandemi ini. Simak negara paling bersih di dunia berikut ini untuk kamu yang mencintai kebersihan.




    1. Denmark

    negara paling bersih di dunia

    (Kopenhagen, Denmark. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Salah satu negara dari Uni Eropa ini menjadi negara paling bersih pertama di dunia. Selain itu, Denmark juga merupakan negara paling ramah lingkungan pada tahun 2020 lalu. Pengolahan air limbah dan perlindungan spesies dikelola dengan baik oleh negara ini. Fokus Denmark lainnya pada keberlanjutan alam dan lingkungan juga meningkat, salah satunya dengan tersedianya makanan organik.


    Negara yang berada di antara Jerman dan Swedia ini juga menyediakan akses ke layanan kesehatan publik, walaupun tidak diperuntukkan bagi turis. Denmark juga memiliki banyak pantai, cocok untuk kamu yang menyukai pantai dan musim panas. Negara ini bahkan juga dikenal sebagai negara yang paling bahagia di seluruh dunia.


    2. Luksemburg

    negara paling bersih di dunia

    (Luksemburg yang banyak terdapat pedesaan. Foto: Dok. Milan Pieteraerents/Pexels)


    Mungkin banyak dari kamu yang belum pernah mendengar negara yang satu ini. Luksemburg menjadi negara yang telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif kerusakan lingkungan. Faktor sanitasi Luksemburg pun sempurna, yang juga meliputi air minum. Kebersihan dari negara ini juga bisa kamu lihat lewat banyaknya pedesaan dengan hutan lebat dan taman.


    Negara ini juga berada di benua Eropa dan dikelilingi oleh Belgia, Prancis, dan Jerman. Negara kecil dengan nama ibukota Luxembourg City ini, kelebihan terbesarnya adalah transportasi publik gratis untuk semua orang. Jalan-jalan di Luksemburg dan sampah juga terawat dengan baik, karena masyarakatnya yang sadar akan pertanggungjawaban untuk menjaga lingkungannya tetap bersih.


    3. Swiss

    negara paling bersih di dunia

    (Pegunungan Swiss yang bersalju. Foto: Dok. Ricardo Esquivel/Pexels)


    Negara yang dikenal dengan air bersihnya ini memang merupakan negara paling bersih ketiga di dunia. Air minum dan sanitasi tentu adalah dua faktor yang berperan untuk capaian ini. Kebersihan memang menjadi salah satu kekuatan Swiss sebagai negara yang dituju untuk berlibur. Dengan banyaknya situasi alam, panorama, dan pengungan yang indah, tentu kebersihan tidak bisa lepas dari perhatian.


    Dari pegunungan yang tertutup salju sampai cokelat yang legendaris, Swiss menjadi salah satu negara yang banyak dikunjungi di Eropa. Swiss juga menjadi tempat untuk banyak melakukan kegiatan outdoor, seperti bersepeda, mendaki, dan ski. Swiss memiliki banyak resor ski yang banyak dikunjungi saat musim dingin. Meski begitu, Swiss juga indah sepanjang tahun.


    (Baca Juga: Destinasi Liburan Anti-Mainstream Untuk Hobi Anda)


    4. Inggris

    negara paling bersih di dunia

    (Big Ben di London, Inggris. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Negara yang menjadi salah satu satu bagian dari United Kingdom ini dikenal baik untuk air minum, sanitasi, dan emisi polusinya. Emisi yang terkontrol tentu berperan untuk udara yang bersih. Emisi gas buang kendaraan menjadi salah satu sumber pencemaran udara. Banyak warganya juga mementingkan kebersihan di rumahnya.


    Selain itu, Inggris juga terkenal akan hal yang berhubungan dengan pariwisata, seperti Big Ben dan bus merah, yang terasosiasi dengan London, ibukotanya. Tempat lainnya yang juga terkenal adalah Stonehenge dan Lake District, yang merupakan situs UNESCO World Heritage.


    Terdapat juga banyak kastil yang bisa dikunjungi. Meski begitu, udara di Inggris dikenal basah yang bisa jadi satu kekurangan bagi mereka yang lebih menyukai udara segar atau panas.


    (Baca Juga: Serunya Menjelajah Australia Barat Sampai Pedalaman)


    Menjadi negara paling bersih di dunia tentu menjadi kebanggaan dan pencapaian tersendiri. Kebersihan juga membuat para turis mempunyai faktor yang disukai dari negara tersebut, dan mungkin akan berkunjung lagi, yang tentunya menjadi hal baik untuk pendapatan negara itu. Yang terpenting, negara harus mulai berlomba-lomba juga dalam menjaga kebersihan, setelah dunia dilanda dengan pandemi ini. Tetaplah berhati-hati saat berkunjung.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below