Sehat Jiwa & Raga, Ini 6 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita


  • Sehat Jiwa & Raga, Ini 6 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita
    (6 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita. Foto: Dok. Edwin Tan/iStock)

    Bersepeda, salah satu jenis olahraga yang sedang marak di masa pandemi. Selain berperan sebagai alat transportasi, sepeda dapat menjadi alat untuk meningkatkan kondisi kesehatan lho. Bersepeda menawarkan banyak manfaat penting bagi wanita, baik sepeda statis maupun sepeda biasa. Faktanya, wanita yang bersepeda secara rutin dapat melatih hampir seluruh bagian tubuh.


    Sebelum bersepeda, kamu perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan tubuh kamu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencapai tujuan yang tidak dapat tubuhmu capai. Kamu cukup menikmati setiap perjalanan bersepedamu. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan melihat manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan hidupmu. Penasaran apa saja manfaat bersepeda bagi wanita? Yuk, cari tahu manfaat bersepeda bagi wanita di bawah ini.




    (Baca juga: Lagi Tren, Ini Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan)


    1. Meningkatkan Kesehatan Mental

    Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

    (Bersepeda Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Wanita. Foto: Dok. AleksandarNakic/iStock)

    Bukan hanya meningkatkan kesehatan fisik, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Dilansir dari Mental Health Foundation, wanita berumur 16 hingga 24 tahun hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengalami gangguan kesehatan mental, dibandingkan dengan pria pada usia yang sama.


    Manfaat bersepeda bagi wanita yang pertama adalah membuat wanita merasa lebih percaya diri. Selain itu, dengan bersepeda kamu bisa menikmati me time berkualitas tanpa harus memikirkan tugas dan pekerjaan kamu. Adrenalin dan endorfin yang dihasilkan dari bersepeda mampu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.


    2. Membakar Kalori

    Memiliki tubuh ideal adalah dambaan sebagian besar wanita. Jadi, banyak wanita melakukan ragam jenis olahraga dan program diet untuk membakar kalori dalam tubuh. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang mampu membakar kalori cukup banyak.

    Dengan bersepeda satu jam, kamu dapat membakar 400 hingga 1000 kalori. Semakin lama kamu bersepeda, maka semakin berat kayuhannya dan kamu akan membakar lebih banyak kalori.

    (Baca juga: Jumlah Pesepeda Naik, Ini Tips Aman Bersepeda Buat Pemula)


    3. Meredakan Nyeri Saat Haid

    Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

    (Bersepeda Melancarkan Aliran Darah dan Oksigen. Foto: Dok. Milos Dimic/iStock)

    Siapa bilang kamu tidak boleh berolahraga saat haid? Bersepeda adalah salah satu olahraga yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri saat haid. Pasalnya, rutin bersepeda mampu melancarkan aliran darah dan membuat kamu lebih rileks. Dengan demikian, nyeri saat haid akan berkurang.

    Jangan khawatir untuk melakukan olahraga ini saat menstruasi, sebab bersepeda dipercaya sebagai olahraga yang aman dan baik dilakukan saat menstruasi. Untuk kamu yang belum terbiasa bersepeda, cobalah bersepeda selama 15-20 menit. Lalu tingkatkan durasi secara berkala, sekitar 30 menit setiap harinya.


    4. Mengurangi Risiko Penyakit Berbahaya

    Kinerja jantung, paru-paru, dan sirkulasi aliran darah meningkat ketika kamu bersepeda. Tak heran, jika olahraga satu ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan bersepeda, otot jantung lebih kuat, denyut nadi lebih rileks, dan kadar lemak dalam darah akan berkurang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark, ditemukan bahwa orang berusia 20 hingga 93 tahun yang bersepeda secara rutin, terlidungi dari penyakit jantung.

    Bukan hanya penyakit jantung, bersepeda juga dapat mengurangi risiko kanker, khususnya kanker usus besar dan kanker payudara. Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin dapat mengurangi 45% risiko kanker.


    5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

    (Jaga Imunitas Tubuh Dengan Bersepeda. Foto: Dok. recep-bg/iStock)

    Di masa pandemi seperti ini, meningkatkan kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting, agar kamu terlindungi dari paparan virus. Manfaat bersepeda bagi wanita selanjutnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga satu ini dapat meningkatkan produksi protein esensial dan sitokin, yang berkaitan erat dengan produksi sel imunitas tubuh.


    6. Memperkuat Otot Kaki dan Memperbaiki Postur Tubuh

    Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

    (Bersepeda Memperbaiki Postur Tubuh Wanita. Foto: Dok. pixdeluxe/iStock)

    Mengayuh sepeda dapat melatih fungsi seluruh tubuh bagian bawah, serta memperkuat otot kaki. Sehingga otot paha depan, paha belakang, bokong, hingga betis akan menjadi target utama saat kamu bersepeda.

    Tak hanya otot tubuh bagian bawah, punggung dan perut juga menjadi target utama saat kamu bersepeda. Alhasil, dengan bersepeda postur tubuh kamu akan menjadi lebih baik dan tulang belakang kamu dapat menopang tubuh dengan lebih stabil.

    (Baca juga: Jangan Khawatir, Ini Cara Mengecilkan Betis Yang Bisa Dicoba)


    Nah, itulah beberapa manfaat bersepeda bagi wanita. Cobalah bersepeda dan rasakan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below