Life & health

Stop Minder, Ini 5 Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

By : Her World Indonesia - 2022-06-20 17:00:01 Stop Minder, Ini 5 Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Merasa minder dan tidak nyaman karena keringat berlebihan? Berkeringat merupakan respons alami tubuh untuk menjaga keseimbangan sistem dengan melepaskan panas. Bukan hanya karena suhu yang panas, stres, emosi, dan cemas juga dapat memicu keluarnya keringat pada tubuh. Namun, terdapat beberapa kondisi kesehatan yang memicu produksi keringat berlebih atau biasa disebut hiperhidrosis.


Meski tidak mengancam kesehatan tubuh, produksi keringat berlebih membuat seseorang merasa tidak nyaman dan cenderung minder. Pasalnya, keringat ini biasa keluar dari ketiak atau telapak tangan. Lantas, apa penyebab keringat berlebih dan bagaimana cara mengatasi keringat berlebihan? Mari simak penjelasan berikut ini.


(Baca juga: Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Yang Ampuh)


Penyebab Keringat Berlebihan


(Dua Jenis Kondisi Keringat Berlebih & Penyebabnya. Foto: Dok. Tero Vesalainen/iStock)

Terdapat dua jenis kondisi keringat berlebih dengan penyebab yang berbeda, yaitu:


1. Hyperhidrosis Focal Primer

Hyperhidrosis focal primer, sebuah kondisi kesehatan yang memicu produksi keringat berlebih di teapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau wajah. Disebabkan oleh masalah di fungsi sistem saraf, kondisi ini biasanya terjadi pada remaja dan orang dewasa.


2. Secondary General Hyperhidrosis

Jenis kondisi keringat berlebih yang kedua pada umumnya terjadi hanya di malam hari. Secondary general hyperhidrosis dipicu oleh penyakit tertentu seperti, menopause, stroke, gagal jantung, kanker, diabetes, penyakit paru-paru, gangguan kecemasan, kecanduan alkohol, dan sebagainya.


(Baca juga: Begini 5 Cara Mengatasi Biang Keringat)


Cara Mengatasi Keringat Berlebihan

Untuk terbebas dari keringat berlebih dan bau badan, mari cari tahu cara mengatasi keringat berlebihan berikut ini.


1. Menjaga Berat Badan

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih tentunya akan membutuhkan lebih banyak tenaga untuk melakukan aktivitas. Penggunaan lebih banyak tenaga menyebabkan seseorang lebih mudah merasa gerah. Oleh karena itu, cara mengatasi keringat berlebihan dapat dimulai dengan menjaga berat badan kamu ideal.


2. Gunakan Pakaian Yang Menyerap Keringat


(Gunakan Pakaian Yang Menyerap Keringat. Foto: Dok. 5432action/iStock)

Cara mengatasi keringat berlebihan terbaik adalah dengan menggunakan pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu, kamu juga bisa memilih pakaian dengan warna yang lebih terang, sebab pakaian dengan warna lebih terang mampu memantulkan sinar matahari. Sehingga kamu akan merasa lebih sejuk dan keringat dapat terserap dengan baik.

Jika kamu khawatir terlihat sangat berkeringat, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna gelap atau berpola untuk menyembunyikan keringat. Kamu juga bisa menggunakan outer, supaya keringat tidak terlihat dari luar.


3. Minum Air Putih

Memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, air putih juga merupakan salah satu cara mengatasi keringat berlebihan lho. Minum air putih mampu membantu mendinginkan tubuh dan mengurangi keringat.

Ada cara mudah untuk memastikan kamu mencukupi kebutuhan air putihmu yaitu, delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter. Kamu harus menghindari meminum kafein atau alkohol. Sebab keduanya dapat memicu detak jantung dan meningkatkan temperatur sehingga kamu akan berkeringat.


4. Hindari Makanan Pedas, Berlemak, dan Asin


(Hindari Makanan Pedas, Berlemak, dan Asin. Foto: Dok. frantic00/iStock)

Apa yang kamu makan akan menentukan seberapa banyak kamu akan berkeringat. Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas, detak jantung suhu tubuh akan meningkat. Inilah yang menyebabkan kamu mudah berkeringat ketika mengonsumsi makanan pedas.

Di sisi lain, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses makanan berlemak. Ketika tubuh bekerja lebih, suhu tubuh akan meningkat dan menyebabkan kamu berkeringat. Sama halnya dengan makanan berlemak, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi untuk memproses makanan yang terlalu asin. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari beberapa makanan di atas, dan beralih ke makanan yang mengandung lebih banyak air seperti sayur dan buah.


5. Gunakan Antipersipan


(Antipersipan Ampuh Menghalangi Kelenjar Keringat. Foto: Dok. gpointstudio/iStock)

Untuk kamu yang masih asing dengan antipersipan, antipersipan adalah zat yang ampuh menghalangi kelenjar keringat kamu. Mengandung zinc dan aluminium, antipersipan berbeda dengan deodoran yang hanya menutupi bau keringat.

Pada umumnya antipersipan hanya digunakan di ketiak, namun antipersipan juga dapat digunakan di tangan, kaki, dan wajah. Kamu bisa menemukan zat ini di beberapa jenis deodoran. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah antipersipan setelah mandi di saat tubuh kamu sudah kering.

(Baca juga: Tips Mencegah Keringat Berlebih)


Ini dia lima cara mengatasi keringat berlebihan yang bisa kamu coba, supaya kamu lebih percaya diri dalam beraktivitas. Semoga bermanfaat!


(Penulis: Audrey Josephine)

Life & health