Begini 5 Cara Mengatasi Biang Keringat


  • Begini 5 Cara Mengatasi Biang Keringat
    Biang keringat menyebabkan rasa gatal dan menyengat. (Foto: Dok. Ivan Balvan/iStock)

    Biang keringat, atau disebut juga dengan millaria atau heat rash adalah suatu kondisi kulit kemerahan dan bergumpal. Kondisi kulit ini disebabkan oleh saluran keringat yang tersumbat dan keringat yang terperangkap di bawah kulit. Kondisi ini sangat umum terjadi di daerah yang bercuaca panas dan lembap, seperti salah satunya Indonesia. Walaupun biasanya hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari atau minggu, biang keringat akan menyebabkan rasa gatal dan menyengat, atau bahkan perih.


    Biang keringat tergolong tidak berbahaya, tapi tetap saja kita tidak ingin mengalami kondisi ini. Kondisi ini umumnya terjadi di area leher dan punggung. Meski begitu, ada cara mengatasi biang keringat yang bisa dicoba dan disimak berikut ini.




    1. Menggunakan lidah buaya

    Lidah buaya merupakan bahan alami yang mempunyai banyak sekali manfaat. Tanaman ini bisa mengatasi biang keringat karena mempunyai kandungan anti inflamasi yang dapat meredakan inflamasi atau peradangan, serta antiseptik yang nantinya bisa mencegah infeksi kulit. Lidah buaya juga bisa mengurangi area yang terkena biang keringat. Tentunya sangat berguna untuk kulit yang terasa gatal.


    Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Lidah buaya memiliki gel pada bagian batangnya. Kita cukup mengambil gel tersebut, lalu aplikasikan pada permukaan kulit yang mengalami biang keringat dan diamkan sampai meresap. Lakukan ini secara rutin setiap harinya sampai biang keringat itu hilang.


    (Baca Juga: Agar Anak-anak Nyaman Bermain di Luar Ruangan)


    2. Mandi menggunakan air dingin

    Biang keringat memang disebabkan oleh panas itu sendiri. Untuk itu, kulit perlu merasakan kondisi dingin agar tidak bertambah parah. Agar dapat merasakan dingin, kita bisa mandi dengan menggunakan air dingin yang juga dapat membantu. Cara ini bukan cara instan, tapi biasanya akan mereda setelahnya.


    Proses pembilasan saat mandi bisa membantu membuka pori-pori. Hal ini sangat berguna, karena pori-pori yang tesumbat layaknya saluran keringat juga bisa menyebabkan biang keringat pada kulit kita. Pori-pori tersumbat pada umumnya bukanlah hal yang bagus, itu bisa menyebabkan masalah pada wajah juga seperti komedo dan jerawat.


    cara mengatasi biang keringat

    (Mandi air dingin bisa meredakan perasaan tidak nyaman karena biang keringat. Foto: Dok. Kindel Media/Pexels)


    3. Menggunakan madu

    Layaknya lidah buaya, madu juga adalah bahan alami yang terkenal dengan anti inflamasinya. Kandungan anti inflamasi sangat dibutuhkan ketika mengalami biang keringat, seperti saat sedang berjerawat. Selain anti inflamasi, madu juga memiliki kandungan anti bakteri serta humektan. Humektan sendiri bisa memberikan kelembapan pada kulit.



    Madu juga bisa membantu untuk peremajaan kulit. Hal ini penting jika biang keringat itu terjadi pada bayi dan anak-anak. Cara mengatasi biang keringat dengan menggunakan madu juga sama seperti lidah buaya. Kita cukup aplikasikan madu tersebut ke kulit biang keringat. Kita diamkan selama sekitar 20 menit. Kali ini, kita harus membilasnya dengan air bersih. Lakukan perawatan ini rutin setiap harinya juga seperti lidah buaya.


    4. Menggunakan kompresan es


    Ketika biang keringat, kulit kita mengalami iritasi. Iritasi di kulit perlu untuk ditenangkan, dan cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan kompres dingin. Kita perlu menyiapkan es batu yang dibalut atau dibungkus dengan kain untuk mengurangi rasa iritasi tersebut. Es batu juga disebut dapat menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat. Untuk itu, kita perlu letakkan kain dingin tersebut ke permukaan kulit biang keringat.


    cara mengatasi biang keringat

    (Kompres dingin menggunakan es batu ke kulit biang keringat. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    5. Pakai pakaian yang tidak menyerap panas


    Penting untuk kita memakai pakaian yang tidak menyerap panas agar tidak memperparah biang keringat tersebut. Selain tidak menyerap panas, selama beberapa waktu selalu kenakan juga pakaian yang longgar. Pakaian yang sempit tidak akan terasa nyaman di kulit dan kulit tidak akan bisa bernafas dengan leluasa. Bahkan bukan tidak mungkin pakaian yang sempit itu akan menggosok kulit biang keringat yang bisa menyebabkan rasa perih. Untuk itu, hindari memakai pakaian sempit.


    Kita bisa juga tambahkan dengan mencari AC atau kipas angin. Ventilasi yang baik dibutuhkan untuk mengatasi biang keringat. Ruangan dengan ventilasi yang baik bisa menjaga kulit kita untuk tetap dingin.


    (Baca Juga: Ketahui 11 Kemungkinan Penyebab Payudara Gatal Pada Wanita)


    Itulah beberapa cara mengatasi biang keringat yang dapat kita coba. Tidak perlu panik karena memang biang keringat biasanya bisa kita rawat sendiri dan juga sembuh kembali dengan sendirinya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below