Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Yang Ampuh


  • Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Yang Ampuh
    (Ini cara mengobati biang keringat pada orang dewasa. Foto: Dok.ipopba/iStock)

    Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis sehingga beberapa orang seringkali mengalami masalah kulit, salah satunya biang keringat. Masalah kulit yang kerap dikenal dengan istilah medis miliaria ini biasa ditandai gejala munculnya ruam-ruam merah pada kulit dengan ukuran kecil. Sensasi gatal dan panas kerap dirasakan juga oleh orang-orang yang terinfeksi biang keringat.




    Biang keringat bisa terjadi oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Biang keringat biasanya terjadi di berbagai bagian tubuh, mulai dari tangan, punggung, sampai jerawat di wajah. Jika kamu mengalami biang keringat, yuk simak beberapa cara mengobatinya seperti yang ada di bawah ini. 


    1. Mengoleskan Lidah Buaya

    mengobati biang keringat

    (Oleskan gel lidah buaya pada kulit yang biang keringat. Foto: Dok.iprogressman/iStock)

    Cara mengobati biang keringat yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi berbagai jenis masalah kulit, salah satunya biang keringat. 


    Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil daging lidah buaya yang berwarna putih lalu mengoleskannya pada kulit yang terkena biang keringat minimal satu kali dalam sehari. Lakukan secara rutin agar biang keringat cepat teratasi. 


    2. Gunakan Minyak Jarak 

    Selain lidah buaya, kamu juga bisa menggunakan minyak jarak karena sifatnya yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Caranya, kamu cukup mengoleskan minyak jarak ke kulit yang terkena biang keringat, lalu tunggu beberapa saat hingga benar-benar menyerap. Jika menginginkan hasil yang lebih optimal, lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin, sesuai kebutuhan.


    (Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Sunburn Pada Kulit)


    3. Memakai Kayu Cendana 

    Cara mengatasi biang keringat yang ketiga adalah dengan menggunakan kayu cendana. Ini adalah obat tradisional yang telah teruji untuk melawan biang keringat.


    Untuk menggunakannya, cukup campurkan cendana dengan susu dingin yang dioleskan pada kulit hingga mengering. Setelah itu, cuci bersih dengan air dingin. Sangat penting untuk menyelamatkan kulitmu dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Minyak alami yang terkandung dalam cendana ini mampu membantu menghilangkan jamur pada kulit serta biang keringat.


    4. Gunakan Pakaian Yang Longgar

    mengobati biang keringat

    (Gunakan pakaian yang longgar agar tidak mudah berkeringat. Foto: Dok.Nattakorn Maneerat/iStock)

    Tak hanya menggunakan beberapa bahan di atas saja, biang keringat bisa diobati dengan menggunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang tipis, sejuk, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Sebab, penggunaan pakaian yang longgar di iklim tropis seperti Indonesia ini mampu menjaga sirkulasi udara dan tubuh agar tetap sejuk dan tidak mudah berkeringat sehingga biang keringat tidak mudah muncul. 


    5.  Kompres Es atau Air Dingin 

    mengobati biang keringat

    (Kompres bagian biang keringat dengan es batu agar tubuh lebih sejuk. Foto: Dok.no_limit_pictures/iStock)

    Biang keringat disebabkan karena kondisi tubuh yang panas dan memproduksi keringat yang berlebih. Agar tubuh terasa lebih sejuk, maka kamu bisa mengompresnya dengan es batu karena mampu membantu meredakan kulit kemerahan dan iritasi seperti biang keringat.


    Kompres dingin bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Kain yang direndam dalam air dingin atau es yang dibungkus dengan kain dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan biang keringat. Jadi, tempelkan segera kantong es yang dibungkus handuk ke bagian ruam pada kulit.


    (Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mengatasinya)


    6. Cari Kipas Angin atau AC

    Salah satu cara mengatasi biang keringat adalah memastikan ruangan tempatmu tidur terasa sejuk. Pertimbangkan untuk memasang AC atau kipas angin agar udara di kamar lebih sejuk.


    Solusi yang bisa kamu lakukan selain memasang AC atau kipas angin adalah dengan membuat ventilasi udara yang lebih baik. Hal ini dilakukan sirkulasi udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan sehingga bisa mengurangi pengap. Selain itu, kamu juga bisa memasang kasa nyamuk di ventilasi udara agar kamu bisa tetap tidur dengan nyaman tanpa digigit nyamuk.


    7. Mengoleskan Krim Alergi Ruam atau Bedak Dingin

    mengobati biang keringat

    (Oleskan krim alergi atau bedak dingin untuk mengobati biang keringat. Foto: Dok.Ake Ngiamsanguan/iStock)

    Pada dasarnya, biang keringat bisa diatasi sendiri tanpa memerlukan bantuan dokter. Bahkan, obat untuk mengatasi biang keringat dijual bebas di apotek. Saat biang keringat terasa gatal dan mengganggu, kamu bisa mengoleskan krim alergi rumah atau bedak dingin untuk meredakan biang keringat.


    Gunakan krim secara teratur tentu agar memberikan hasil yang lebih optimal. Sebelum mengaplikasikan obat, sebaiknya kulit dalam keadaan bersih agar obatnya dapat bekerja secara efektif. 


    Berbagai cara mengobati biang keringat diatas bisa kamu coba sendiri di rumah. Namun, jika kondisi ini tak kunjung sembuh kamu bisa lakukan konsultasi ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below