Life & health

Sirtfood Diet, Turunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

By : Her World Indonesia - 2022-06-06 19:00:02 Sirtfood Diet, Turunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Sirtfood diet telah menjadi program diet paling favorit oleh selebritas mancanegara, salah satunya adalah Adele. Penyanyi asal Inggris ini kembali ke publik secara mengejutkan setelah hiatus cukup lama dari panggung. Pasalnya, ia terlihat jauh lebih langsing dibandingkan sebelumnya.



(Transformasi Adele setelah sirtfood diet. Foto: Dok. MyVueNews)


Adele telah berhasil menurunkan berat badannya sebanyak 50 kilogram dalam waktu empat tahun melakukan diet ini. Keberhasilannya dalam melakukan diet menarik perhatian publik dan mengundang keingintahuan dari berbagai kalangan yang ingin mengikuti program diet Adele. 


(Baca Juga: 10 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Diet, Agar Tak Gelambir!)


Sirtfood Diet


Sirtfood diet adalah sebuah cleanse diet yang mengikuti pendekatan ilmiah untuk menurunkan berat badan. Program diet ini sangat disukai oleh kalangan selebritas karena mereka masih diperbolehkan untuk mengonsumsi red wine hingga cokelat, hal-hal yang biasanya dilarang saat melakukan diet pada umumnya. 


Sirtfood diet mendorong sang pelaku diet untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan sirtuin yang tinggi, sejenis protein untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sirtuin juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam pembakaran lemak, produksi energi, serta peningkatan metabolisme tubuh. 


Pada awalnya, program diet ini diciptakan oleh seorang ahli nutrisi asal Inggris, yaitu Aidan Goggins dan Glen Matten. Sirtfood diet dipercaya dapat menurunkan berat badan seseorang hingga tiga kilogram dalam waktu kurang dari seminggu. 


Jika kamu ingin mencoba Sirtfood diet, ini 20 makanan yang direkomendasikan:

1. Kale

2. Red wine

3. Stroberi

4. Kedelai

5. Peterseli

6. Bawang merah

7. Minyak zaitun ekstra virgin

8. Cokelat hitam (85% dark chocolate)

9. Teh hijau matcha

10. Gandum 

11. Kunyit

12. Kacang kenari (walnut)

13. Arugula (daun roket)

14. Cabai rawit

15. Lovage

16. Kurma Medjool

17. Sawi merah

18. Bluberi

19. Capers 

20. Kopi


Cara Kerja Sirtfood Diet


Saat melakukan sirtfood diet, asupan kalori dibatasi hingga 1.000 dan rutin olahraga secara teratur untuk menghasilkan sirtuin yang tinggi, mempertahankan massa otot, serta mencegah penyakit kronis. 


Satu siklus diet ini berlangsung selama tiga minggu. Fase pertama adalah tujuh hari dengan pembatasan kalori dan memperbanyak konsumsi jus hijau. Pada tiga hari pertama, maksimal kalori yang masuk adalah 1.000 kalori, yaitu dengan meminum tiga jus hijau dan satu kali makan berat per hari. Contoh menu adalah seperti tumis udang dengan tahu miso, mie soba, atau pun telur dadar ala sirtfood. Pada hari keempat sampai ketujuh, maksimal kalori yang masuk per harinya adalah 1.500 kalori, yaitu dengan meminum dua jus hijau dan dua makanan berat ala sirtfood


Tidak ada batasan kalori secara spesifik pada fase kedua yang berlangsung selama dua minggu. Pelaku diet dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sirtfood tiga kali sehari dan satu gelas jus hijau per hari.


(Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Diet)


Sirtfood diet dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka panjang agar memberikan hasil yang lebih maksimal karena berat badan cenderung naik kembali ketika satu siklus berakhir. Jika kamu tertarik mencobanya, konsultasikan dulu dengan ahli gizi agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Apapun diet yang dijalani, tetap rajin berolahraga dan menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat!


(Penulis: Andrea Nathania)


Life & health