10 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Diet, Agar Tak Gelambir!


  • 10 Cara Mengencangkan Kulit Setelah Diet, Agar Tak Gelambir!
    Ikuti tips di bawah ini untuk mengencangkan kulit setelah diet agar tidak terlihat bergelambir! (Foto: Karolina Grabowska/Pexels.com)

    Kita semua sadar bahwa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tak bisa terjadi dalam satu malam saja, namun ketika sudah berhasil meraih target berat badan idaman, bagaimana cara mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan?

    Tubuh kita memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan, namun terkadang ia tetap butuh waktu untuk menyesuaikan. Jika kamu sudah berhasil menurunkan berat badan dalam waktu cukup singkat, bisa jadi tubuhmu tetap memiliki kulit bergelambir di beberapa area tertentu. Meskipun ini adalah hal biasa, namun bisa memengaruhi penampilan dan rasa percaya diri kamu. Bahkan, bisa membuat kamu merasa tidak puas dan tidak ada kemajuan pada dietmu!

    Kali ini, kami memberikan beberapa cara untuk mengencangkan kulit setelah diet yang bisa kamu ikuti agar body goals kamu semakin mudah dicapai!




    (Baca Juga: Hati-Hati, Ini Penyebab Kerutan Paling Umum)


    1. Identifikasi Terlebih Dahulu: Kulit atau Lemak?

    Pertama, kamu perlu mengenali terlebih dahulu, apakah kulit bergelambir itu benar-benar hanya kulit saja atau ternyata ada lapisan lemak bandel di situ?

    Jika kamu bisa mencubit bagian tersebut lebih dari beberapa milimeter, bisa jadi kamu masih memiliki sejumlah sel lemak yang harus dibakar sebelum kulit di area tersebut bisa tampak lebih kencang. Tubuh kita cenderung mempertahankan lemak bandel. Pada laki-laki, biasanya di bagian perut dan punggung bawah, sedangkan biasanya perempuan memilikinya di area paha, punggung, perut, dan pinggul. Lemak tersebut memang biasanya akan lebih susah dihilangkan.

    Cara menghilangkan lemak bandel tersebut cukup alami, yaitu tubuh memproduksi sebuah zat bernama catecholamine. Zat tersebut menyebar ke seluruh tubuh dan menempel pada reseptor sel lemak lalu memfokuskan pembakaran energi dalam sel tersebut sehingga bisa terbakar. 

    Apa yang kamu kira kulit bergelambir bisa jadi adalah lemak bandel yang tersimpan di dalam kulit. Jika benar adanya, kamu perlu terus berolahraga secara rutin untuk menjadikan kulit tampak lebih kencang.


    2. Membangun Otot

    Membangun massa otot sangat penting dalam proses menghilangkan kulit bergelambir. Banyak sekali penurunan berat badan cepat berkat olahraga intens dan pengurangan kalori yang efisien. Karena dua hal itu, biasanya otot akan ikut hilang bersama lemak, dan bisa menyebabkan tampilan tubuh terlihat saggy atau bergelambir. 

    Melakukan latihan resistansi adalah salah satu cara terbaik untuk membakar lemak dan membangun otot, yang bisa menjadikan bentuk tubuh kamu kian ideal. 


    3. Eksfoliasi

    Mengeksfoliasi kulit secara teratur meningkatkan sirkulasi darah dan mengangkat sel kulit mati dari permukaan yang merangsang produksi kulit baru. Gunakan sikat pada tubuh yang kering sebelum mandi di pagi hari. Lakukan gerakan memutar mulai dari bagian kaki untuk mendorong pergerakan sel darah ke arah jantung. Cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan body scrub saat mandi. Coba produk yang memiliki kandungan kafein yang dipercaya bisa menstimulasi peredaran darah. Eksfoliasi ini juga mampu mengurangi tampilan selulit, lho!


    4. Melembapkan Kulit

    Menghidrasi kulit dari dalam dengan mengonsumsi air putih yang cukup memang penting, namun kamu juga harus menunjangnya dengan hidrasi dari luar. Gunakan pelembap tubuh yang bisa melembapkan kulit kamu secara optimal. Pilih pelembap dengan kandungan kolagen, atau yang memiliki minyak alami seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun untuk mengunci kelembapan dan mengencangkan kulit. Kandungan minyak tersebut juga mampu mengurangi tampilan stretch mark.


    5. Pijat Tubuh

    Hampir sama seperti eksfoliasi, melakukan pijat tubuh secara teratur meningkatkan sirkulasi darah dan bisa membantu pertumbuhan sel kulit baru untuk tampilan kulit lebih kencang. Pijat teratur juga bisa mengurangi ketegangan pada otot dan menjauhkan stres.

    Sebaiknya kamu berhati-hati ketika memijat area tubuh yang memiliki kulit bergelambir supaya tidak terasa sakit. Hindari menggunakan minyak saat memijat area kulit bergelambir agar tidak terlalu licin dan kulit tertarik secara paksa. Sebaiknya gunakan krim bertekstur kaya seperti shea butter


    (Baca Juga: Rekomendasi Body Oil untuk Kulit Kering)


    6. Gunakan Retinoid

    Meskipun tidak ada yang namanya ramuan pengencang kulit, namun produk topikal bisa menunjang produksi kolagen dan memperbaiki tampilan kulit jika digunakan secara konsisten dan teratur. Minta dermatologis kamu meresepkan krim atau gel tubuh dengan kandungan retinoid seperti Retin-A atau Tretin-X. Atau kamu bisa mencari serum yang dijual bebas dengan kandungan epidermal growth factor, yang mampu menstimulasi produksi kolagen.


    7. Minum Air Putih yang Cukup!

    Konsumsi air putih yang cukup tetap menjadi kunci utama tubuh yang sehat dan ideal. Tahukah kamu ketika tubuh kekurangan air dan dehidrasi, hal tersebut bisa berpengaruh juga pada sel kulit? Kulit bisa terlihat layu, tidak segar, dan tentunya seperti kaku. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup setiap hari!


    8. Pola Makan Sehat

    Penuhi asupan nutrisi kamu dengan berbagai jenis buah dan sayuran, yang memiliki banyak manfaat dan vitamin penting untuk kesehatan kulit. Secara spesifik, kulit membutuhkan vitamin A atay lycopene yang kaya akan antioksidan untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar UV. Kamu bisa menemukan kandungan tersebut dalam tomat, paprika merah, dan sayuran berwarna serupa. Sementara itu, sayuran hijau dan jeruk juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen.


    9. Hindari Asap Rokok dan Polusi

    Kita semua sudah paham bahwa rokok tidak memiliki manfaat untuk kesehatan, malah berbahaya bagi tubuh. Selain menghindari kebiasaan merokok, kamu sebaiknya juga menghindari asap rokok dan asap polusi. Asap tersebut bisa membuat skin barrier kulit semakin menurun kekuatannya. Bahkan, perokok pasif pun bisa mengurangi level kolagen dalam tubuhnya, membuat kulit semakin tipis dan memicu kerutan.


    10. Lindungi Kulit Kamu!

    Jika kamu terbiasa berolahraga di luar ruangan, pastikan kamu selalu melindungi kulitmu dengan tabir surya. Pasalnya, sinar UV bisa menghancurkan dan menghambat produksi kolagen, sehingga kulitmu bisa terlihat semakin kendur dan bergelambir. Coba untuk berolahraga di pagi hari, sebelum sinar matahari terasa panas dan UV Index belum tinggi. Meskipun begitu, tetap gunakan tabir surya di seluruh area tubuh sebelum keluar ruangan, ya!



    (Baca Juga: Rahasia Kecantikan Emily Blunt yang Kini Berusia 38 Tahun)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below