Review Film: ‘Top Gun: Maverick’


  • Review Film: ‘Top Gun: Maverick’
    Tom Cruise saat syuting film Top Gun: Maverick. (Foto: Dok. Top Gun Movie/Instagram)

    Film ini mungkin membuat orang tuamu atau setidaknya, ayahmu semangat menonton di bioskop. Kisah Pete “Maverick” Mitchell, seorang pilot angkatan laut, salah satu terbaik dalam angkatannya yang memiliki kecintaan pada dunia aviasi dan profesinya. Tayang pada Mei 1986, film Top Gun arahan sutradara, Tony Scott dengan sosok Tom Cruise yang jadi ikon film tersebut, berhasil menjadi bagian masa muda kedua orang tuamu.


    Sebuah kisah persahabatan, romansa, dan solidaritas yang dikemas dalam sebuah drama aksi dan sebagian akting dilakukan di udara. Kini, setelah dua tahun tertunda, sekuel film ini bertajuk Top Gun: Maverick kembali menghiasi layar lebar dan sepertinya, tak hanya orang tuamu yang diajak bernostalgia tapi kamu pun bisa jadi keluar studio dengan bahagia.




    (Baca Juga: Rilis Sekuel Setelah 36 Tahun, Intip Film Top Gun: Maverick)


    Kembalinya Maverick ke Top Gun

    top gun: maverick

    (Tom Cruise kembali perankan Maverick. Foto: Dok. Tom Cruise/Instagram)


    Film ini menyambut para penonton sosok Pete “Maverick” Mitchell, tokoh ikonis yang diperankan Tom Cruise, menikmati kehidupannya di salah satu bungker angkatan laut dan profesinya sebagai pilot uji coba. Tentu, dengan prestasi dan keahliannya mengemudi pesawat, Maverick sudah bisa menduduki jabatan tinggi di angkatan laut.


    Namun, tiga dekade di angkatan laut, kecintaannya pada dunia aviasi dan terbang membuat sang pilot enggan naik pangkat tapi menjauhkan dirinya dari Top Gun, institusi khusus di bawah naungan angkatan laut Amerika Serikat. Apalagi, kepergian sahabat dan rekannya, Nick “Goose” Bradshaw, membuat perjalanannya di dunia angkatan laut terasa lebih sulit.


    Hingga akhirnya, sang pilot kembali dipanggil untuk mengajar 12 kandidat Top Gun terbaik, untuk menjalankan sebuah misi khusus dan membutuhkan kemampuan serta pengalaman Maverick. Selain mengajar bukanlah kemampuannya, perjalanannya kembali di Top Gun semakin dipersulit dengan keterlibatan Bradley “Rooster” Bradshaw.


    Mungkin dari namanya, kamu sudah bisa menebak, Bradley Bradshaw atau dengan nama Rooster, diperankan oleh Miles Teller, adalah putra dari sahabat Maverick. Namun, pertemuan Rooster dan Maverick tak diawali dengan baik sehingga dinamika hubungan ini juga jadi bagian penting dalam film ini.


    Dalam pesawat F-18, solidaritas dan persahabatan terpancar

    Ini adalah cerita militer angkatan laut di Amerika Serikat, yang terbaik untuk menjalani misi khusus. Banyak adegan akrobatik di atas pesawat tempur F-18 selama film berlangsung. Namun, film berdurasi 131 menit ini berhasil memancarkan nilai solidaritas dan persahabatan yang menjadi nilai utama dalam sekuel ini, maupun film pertamanya 36 tahun yang lalu.


    Film ini juga didedikasikan untuk mengenang sosok Tony Scott, pria di balik film pertama Top Gun yang meninggal pada 2012. Sebelumnya, Tony Scott menjadi salah satu orang yang akan kembali menghidupkan sekuel film ini, bersama dengan produser, Jerry Bruckheimer. Namun, setelah kematian, bangku sutradara pun diberikan kepada Joseph Kosinki.


    Setiap aktor mendapatkan pengalaman latihan terbang sesungguhnya


    top gun: maverick

    (Monica Barbaro dan Tom Cruise saat proses syuting Top Gun: Maverick. Foto: Dok. Top Gun Movie/Instagram)


    Top Gun: Maverick tak hanya suguhan pengalaman bagi para penonton dengan ceritanya, tetapi juga bagi para aktor yang terlibat di dalam film ini. Mulai dari Miles Teller hingga Monica Barbaro, setiap aktor mendapatkan latihan bernama Naval Aviation Survival Training di San Diego sebelum menaiki pesawat jet militer selama proses syuting.


    Tom Cruise menjadi salah satu aktor yang memiliki komitmen besar pada unsur realita pada setiap filmnya. Jadi, Tom memastikan setiap aktor rasakan pelatihan angkatan laut hingga cara mengoperasikan kamera saat mereka berada di dalam pesawat. Bahkan, Glen Powell, salah satu aktor yang memerankan sosok Jake “Hangman” Seresin dalam film, mengungkapkan bahwa dia sudah mendapat surat ijin mengemudi pesawat berkat latihan yang dilakukan selama proses syuting.


    Monica Barbaro, pemeran Natasha “Phoenix” Trace, mengungkapkan bahwa Tom berhasil membuat semua aktor merasa nyaman di atas pesawat sehingga selama proses syuting, Monica harus mengingatkan dirinya untuk memainkan ekspresi wajahnya agar ceritanya tersampaikan dengan baik.


    (Baca Juga: 4 Film Ini Melanjutkan Proses Syuting Selama Pandemi)


    Tiga dekade berjalan, orang tuamu tak lagi muda dan kamu pun belum tentu sudah menontonnya. Namun, Top Gun: Maverick bisa jadi salah satu film yang bisa membuatmu berdecak kagum sekaligus belajar tentang makna persahabatan dengan cara berbeda, selagi kedua orang tuamu mengenang masa muda. Tertarik untuk menonton?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below