Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita


  • Jaga Tubuh Dari Dalam, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Wanita
    (Manfaat Buah Delima Untuk Wanita. Foto: Dok. pjohnson1/iStock)

    Pomegranate atau yang lebih sering disebut buah delima tengah populer di kalangan wanita selama beberapa tahun terakhir. Buah berwarna merah ini disukai oleh karena rasanya yang asam manis dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dikategorikan sebagai superfood, buah delima memiliki beragam manfaat untuk wanita seperti, kesehatan kulit, pencernaan, dan sebagainya. 


    Buah delima memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalium, dan serat, yang tentunya bermanfaat untuk tubuh wanita. Selain mampu meningkatkan kekebalan tubuh, buah yang tumbuh di negara beriklim tropis ini dapat mencegah beberapa penyakit apabila dikonsumsi secara rutin. Yuk cari tahu beberapa manfaat buah delima untuk wanita yang bisa bantu menjaga tubuhmu dari dalam.




    (Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kulit)


    1. Menjaga Berat Badan

    Buah delima mengandung 45% kebutuhan serat harian. Serat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Kandungan serat yang tinggi membuat buah delima mampu meningkatkan sistem pencernaan. Tidak hanya dalam membantu mengobati sembelit dan rasa perut tidak nyaman, buah delima juga mampu mengurangi risiko masalah perut dan penyakit usus.


    Dengan kandungan serat yang tinggi, mengonsumsi buah delima akan memberikan efek kenyang lebih lama. Kamu bisa menaburkan biji delima ke dalam bubur oatmeal, quinoa, atau yoghurt supaya makanan kamu lebih bernutrisi dan lezat.

    2. Mendukung Program Hamil

    Manfaat Buah Delima Untuk Wanita

    (Buah Delima Mendukung Program Hamil dan Menjaga Organ Reproduksi. Foto: Dok. hxyume/iStock)


    Manfaat buah delima untuk wanita selanjutnya adalah meningkatkan kesuburan dan menjaga organ reproduksi wanita. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan asam folat pada buah ini bermanfaat untuk kehamilan yang sehat dan bagi mereka yang sedang berencana memiliki buah hati.


    Selain dapat meningkatkan gairah seks, buah delima yang memiliki kandungan antioksidan ini mampu melancarkan aliran darah ke rahim. Hal ini akan meningkatkan persentase kehamilan. Program hamil membutuhkan banyak perhatian penting, khususnya kesiapan tubuh ibu. Dinding rahim seorang ibu harus siap dihuni calon buah hati selama 9 bulan ke depan. Nah, mengonsumsi buah delima secara rutin membuat dinding rahim menjadi lebih kuat. Sehingga, kemungkinan terjadinya keguguran pada ibu hamil akan berkurang.

    3. Mencegah Kanker

    Manfaat Buah Delima Untuk Wanita

    (Kandungan Antioksidan Pada Buah Delima Dapat Mencegah Kanker. Foto: Dok. BlackSalmon/iStock)


    Kaya akan antioksidan, buah delima dipercaya mampu melawan sel kanker, khususnya kanker payudara yang sering terjadi pada wanita. Sifat anti-kanker buah delima berasal dari kandungan asam punicic yang mampu mencegah penyebaran sel kanker serta mematikan sel kanker.


    Kandungan fitokimia dan polifenol antioksidan pada buah asam segar ini berfungsi menghambat enzim yang mempengaruhi perkembangan estrogen. Hormon estrogen pada wanita mempengaruhi kanker payudara. Sehingga, apabila seorang wanita sudah tidak memproduksi hormon estrogen lagi, risiko terjangkit kanker payudara akan semakin kecil.


    4. Menjaga Kesehatan Kulit


    Menggunakan skincare saja tidak cukup untuk merawat kesehatan kulit. Kamu membutuhkan perawatan kulit yang tepat dari dalam. Buah delima terbukti secara klinis mampu meremajakan kulit kering dan kusam. Terlebih lagi, buah delima menunjukkan efek anti-penuaan dan mengurangi bintik hitam serta kerutan, dengan melawan efek kerusakan akibat sinar matahari. Namun bukan berarti kamu berhenti menggunakan sunscreen ya. 


    Kembali ke segudang manfaat antioksidan pada buah delima, kandungan ini dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga mengonsumsi buah delima mampu mengurangi masalah kulit seperti jerawat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah delima juga membantu mengatur produksi sebum. Produksi sebum yang lebih terkontrol dapat mengatasi jerawat di wajah kamu. Dengan menggunakan skincare yang tepat dan disertai dengan konsumsi makanan sehat seperti buah delima, mendapatkan kulit glowing bukan suatu hal yang mustahil.


    (Baca juga: Ini 5 Manfaat Delima atau Pomegranate untuk Kecantikan Kulit)


    5. Mencegah Anemia

    Manfaat Buah Delima Untuk Wanita

    (Cegah Anemia Dengan Mengonsumsi Buah Delima. Foto: Dok. AsiaVision/iStock)


    Anemia merupakan penyakit yang cukup umum pada wanita, khususnya karena tubuh kekurangan darah ketika datang bulan. Penyakit anemia dipicu oleh kurangnya hemoglobin pada darah. Hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh yang penting. Inilah yang menyebabkan wanita mengalami rasa letih lesu ketika haid.


    Kandungan zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan zat besi, berpengaruh pada produksi sel darah merah dalam tubuh. Sehingga, mengonsumsi buah delima secara rutin mampu memperlancar peredaran darah dalam tubuh sekaligus menangkal berbagai gejala anemia.


    (Baca juga: Kenali 6 Ciri-Ciri Anemia Yang Perlu Kamu Tahu)


    Nah, itulah beberapa manfaat buah delima untuk wanita yang tentunya dapat membantu menjaga tubuhmu dari dalam. Yuk konsumsi buah delima dan rasakan manfaatnya!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below