Ini 5 Manfaat Delima atau Pomegranate untuk Kecantikan Kulit


  • Ini 5 Manfaat Delima atau Pomegranate untuk Kecantikan Kulit
    Selain menyehatkan tubuh, delima atau pomegranate ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. (Foto: Dok. 123RF/bykobrinphoto)

    Masuk dalam kategori super food, popularitas delima atau pomegranate juga semakin meningkat sebagai buah yang bisa membuat kulit lebih bersih bercahaya. Kylie Jenner pun menobatkan delima sebagai buah favoritnya. Delima dipenuhi oleh antioksidan seperti vitamin C dan E sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan sel tubuh dan kulit. Selain itu, ia memiliki beberapa komponen asam yang mampu meningkatkan kelembapan alami wajah. Yuk, kenali lebih jauh apa saja manfaatnya untuk kecantikan kulit.


    (Baca juga: Mengenal Manfaat Probiotik untuk Kecantikan Kulit)




    Manfaat Delima untuk Kecantikan


    1. Antipenuaan

    Asam ellagic dan asam punicic yang ditemukan dalam buah dan biji delima membantu meningkatkan elastisitas serta kelembapan kulit. Secara tidak langsung, efek ini membuat tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan lebih “terisi” juga tersamarkan.


    2. Mengurangi Inflamasi

    Setiap hari kita terpapar oleh radikal bebas yang bisa membuat kulit lebih sensitif dan rentan terhadap inflamasi. Nah, antioksidan tinggi di dalam delima membantu memberikan perlindungan ekstra terhadap radikal bebas sekaligus menekan sel mast untuk mencegah peradangan. Kondisi radang kulit seperti eksim dan psoriasis tentu akan terbantu olehnya.


    3. Menenangkan Jerawat

    Pomegranate juga diperkaya antimikroba alami dari vitamin C. Ini membuatnya efektif dalam melawan bakteri dan jamur pada kulit. Bakteri P. acnes sebagai penyebab jerawat juga dapat teratasi olehnya. Namun, penting juga untuk disertai dengan rangkaian perawatan yang tepat dan pola hidup sehat.


    4. Eksfoliasi Alami

    Di dalam bukunya yang berjudul "Skin Rules", dr. Debra Jaliman, seorang dermatologis terkemuka asal New York, mengungkapkan bahwa minyak biji delima dapat membantu melindungi epidermis dan dermis, sekaligus mendorong regenerasinya. Selain itu, buah delima juga efektif memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka. Berkatnya, sel kulit yang baru lebih cepat muncul ke permukaan sehingga kulit tampak cerah.


    (Baca juga: Manfaat Minuman Sarang Burung Untuk Kecantikan)


    5. Proteksi dari Sinar Matahari

    Tak hanya menangkis radikal bebas, antioksidan di dalam delima juga memberikan proteksi terhadap sinar ultraviolet. Namun untuk perlindungan maksimal, tabir surya atau sunscreen tetap wajib digunakan.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below