Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kulit


  • Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Buah Delima Untuk Kulit
    Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata buah delima juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit. (Image: Dok. racool_studio/Freepik)

    Apakah kamu pernah mendengar mengenai buah delima? Ya, buah ini merupakan salah satu buah yang tergolong ke dalam superfood. Tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah delima (pomegranate) ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Ingin tahu apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat buah delima untuk kulit.


    1. Anti Penuaan




    Salah satu manfaat buah delima yakni dipercaya mampu mencegah dan mengurangi timbulnya tanda-tanda penuaan akibat paparan sinar matahari, seperti kerutan, keriput, garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan bintik-bintik penuaan pada wajah. Ini berkat kandungan antioksidan polifenolnya yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet sekaligus membantu proses regenerasi sel.


    2. Mencegah Jerawat


    Tak hanya antioksidan, buah delima juga memiliki kandungan antimikroba alami yang dapat membantu melawan bakteri atau jamur, serta mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah, yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.


    3. Sebagai Perlindungan Terhadap Sinar UV


    Terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama tanpa perlindungan yang tepat dapat memberikan dampak buruk untuk kulit, seperti timbulnya tanda-tanda penuaan dini. Menurut penelitian, kandungan antioksidan dan senyawa asam ellagic dalam buah delima berfungsi untuk membantu memberikan perlindungan alami terhadap sinar ultraviolet (UV), sehingga mencegah kerusakan pada kulit. Namun, kamu tetap perlu untuk memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, sesaat sebelum beraktivitas. 


    4. Regenerasi Sel


    Buah delima membantu melindungi epidermis (lapisan luar kulit) dan membantu regenerasi sel kulit di epidermis dan dermis (lapisan dalam), meningkatkan sirkulasi darah, membantu memperbaiki jaringan parut dan penyembuhan luka. 


    5. Eksfoliasi Wajah Alami


    Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah secara teratur dapat membantu membuat warna kulit lebih merata, mengurangi penyebab timbulnya jerawat dan tanda-tanda penuaan. Salah satu bahan alami yang bagus untuk mengeksfoliasi wajah adalah biji buah delima yang sudah dihancurkan. Maka dari itu, tak heran jika banyak produk eksfoliator yang mengandung butiran biji buah delima untuk membuat wajah tampak lebih halus.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below