Lebih Rileks, Ini 5 Rempah Terbaik Untuk Meredakan Stres


  • Lebih Rileks, Ini 5 Rempah Terbaik Untuk Meredakan Stres
    Rempah terbaik untuk meredakan stres. (Foto: Dok. Oleksandr Pidvalnyi/Pexels)

    Bulan Mei diperingati sebagai Mental Health Awareness Month yang berusaha mengajak semakin banyak orang, termasuk kamu, untuk lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental masing-masing. Dengan banyak topik seputar kesehatan mental yang semakin jadi pembahasan, pastinya ragam cara untuk menjaganya sudah tak lagi asing terdengar.


    Tanpa terkecuali, cara untuk meredakan stres. Dengan kehidupan yang serba cepat, ditambah media sosial yang mendorong diri untuk membandingkan satu sama lain, stres jadi mungkin sulit untuk kamu hindari. Jika terapi dan liburan sudah kamu lakukan, mungkin beberapa rempah terbaik untuk meredakan stres bisa jaga kondisi mentalmu setiap harinya. Penasaran apa saja?




    (Baca Juga: Tampil Awet Muda, Coba 5 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi)


    1. Daun basil


    Biasa disajikan sebagai garnish dalam sebuah hidangan atau jadi komponen utama saus pesto bersama bahan-bahan lainnya, daun basil tak hanya enak tapi bisa meredakan stres yang kamu rasakan. Daun rempah satu ini menyimpan ragam nutrisi yang membantu performamu sehari-hari, termasuk meredakan stres dan rasa khawatir.


    Kandungan flavonoid yang kaya di dalam daun basil bisa meningkatkan mood dan hanya butuh waktu dua jam setelah memakannya untuk kamu bisa jalani hari dengan lebih baik.


    2. Lavender


    rempah terbaik untuk meredakan stres

    (Lavender tawarkan aroma yang menenangkan dan tampilan yang menarik. Foto: Dok. Kelly Rabie/Pexels)


    Aroma lavender jadi salah satu pilihan populer untuk mengharumkan ruangan di rumah. Tak hanya berikan aroma menyenangkan, lavender juga hadirkan aroma menenangkan dan itulah alasannya rempah satu ini cocok untuk meredakan stres. Minyak lavender memiliki dampak yang efektif untuk meredakan rasa khawatir berlebihan.


    Plus, tak hanya mencium aromanya, lavender juga bisa redakan stresmu ketika meminumnya dalam bentuk teh. Namun, rempah satu ini bekerja maksimal sebagai minyak esensial.


    3. Daun lemon balm


    Daun satu ini sekilas mirip dengan mint, tapi saat kamu menciumnya justru aroma lemon segar yang keluar. Itulah alasannya rempah satu ini dinamakan lemon balm. Daun herbal satu ini membantu tingkatkan fungsi otak dan bantu kamu tidur lebih nyenyak (apalagi kamu yang alami insomnia).


    Stres dan insomnia jadi dua kondisi mental yang bisa diredakan dengan lemon balm. Kamu bisa menyeduhnya sebagai teh, dikonsumsi langsung dalam bentuk sirup, jadi bagian dalam masakanmu, atau bahkan memasukkannya dalam botol air yang kamu bawa sehari-hari. Cara paling mudah jika kamu memiliki tanamannya di rumah, cukup gosok daun di antara jarimu untuk serap aroma esensial dari lemon balm.


    (Baca Juga: Bikin Bahagia, Ternyata Ini 5 Alasan Pentingnya Self Reward)


    4. Kunyit


    rempah terbaik untuk meredakan stres

    (Kunyit bubuk. Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)


    Rempah terbaik untuk meredakan stres terletak pada kunyit. Mungkin kamu familier dengan warna kuning cerahnya, ditambah jejak yang ditinggalkan rempah satu ini ketika memasak menu makanan. Namun, kunyit menyimpan banyak khasiat yang perlu dimaksimalkan pemanfaatannya, termasuk meredakan stres.


    Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat bantu lancarkan peredaran darah ke otak sekaligus memiliki kandungan anti radang yang berikan efek positif terhadap pemulihan depresi. Kamu cukup mengonsumsi seperempat sendok teh kunyit bubuk setiap hari untuk rasakan manfaatnya dalam meredakan stres.


    5. Kamomil


    Mungkin kamu salah satu orang yang menikmati secangkir teh hangat sebelum tidur untuk sekadar relaksasi dari hari yang panjang. Rempah satu ini tak jarang dipilih karena kandungan di dalamnya yang beri ketenangan. Kandungan relaksasi pada kamomil bisa berikan dampak positif dan membantumu kelola stres lebih baik lagi. Kamu cukup menyeduh teh kamomil atau menambahkan bunga kamomil di tehmu sebelum tidur sehingga kamu bisa lebih rileks dan less stress.


    (Baca Juga: Cukup 10 Detik, Ini 4 Manfaat Pelukan Dalam Hubungan)


    Inilah beberapa rempah terbaik untuk meredakan stres yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga kamu bisa rasakan manfaatnya!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below