Tampil Awet Muda, Coba 5 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi


  • Tampil Awet Muda, Coba 5 Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi
    (Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi Untuk Tampil Awet Muda. Foto: Dok. ValuaVitaly/iStock)

    Kerutan di dahi mengganggu penampilanmu? Kerutan muncul beriringan dengan bertambahnya umur. Namun, faktor umur tidak menjadi satu-satunya penyebab munculnya kerutan. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, sering mengonsumsi minuman alkohol atau stres, juga merupakan penyebab munculnya kerutan di dahi.


    Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa memicu munculnya kerutan di dahi. Tidak hanya mempercepat proses penuaan, paparan sinar matahari akan merusak jaringan ikat kulit. Apabila kondisi jaringan ikat kulit tidak baik, kulit akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas. Inilah yang menjadi penyebab kulit di dahi kamu mulai berkerut.



    (Baca juga: Bebas Kerutan, Ini Produk Skincare Untuk Usia 40 Tahun)


    Kerutan memang tidak bisa dihindari, tapi jangan khawatir! Terdapat banyak perawatan yang bisa membantu kamu memperoleh kulit mulus. Her World sudah merangkum beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi yang wajib kamu coba.

    1. Botoks

    Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

    (Cara Menghilangan Kerutan di Dahi Dengan Botoks. Foto: Dok. SrdjanPav/iStock)


    Cara menghilangkan kerutan di dahi paling umum adalah dengan botoks. Botoks merupakan proses penyuntikan toksin botulinum tipe A dalam dosis kecil ke otot tertentu. Cara ini membuat otot tidak berkontraksi, sehingga kulit akan tampak lebih halus dan kerutan berkurang.


    Botoks bekerja maksimal pada garis kerutan di antara alis, dahi, dan kerutan di ujung mata. Bekerja secara instan, hasil botoks akan terlihat satu hingga tiga hari setelah penyuntikan dan efeknya akan bertahan selama beberapa bulan. Untuk mempertahankan kulit mulus tanpa kerutan, suntikan perlu dilakukan berulang kali.


    2. Lindungi Kulit Dari Sinar Matahari


    Cara menghilangkan kerutan di dahi selanjutnya adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat memicu munculnya kerutan pada kulit. Sinar matahari yang menembus kulit akan merusak serat elastis yang berfungsi menjaga kulit tetap kencang. Sehingga, tidak heran kerutan di dahi akan muncul untuk kamu yang tidak melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


    Yuk jangan lupa untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Oleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30, dan oleskan kembali setiap 2 jam. Kamu juga bisa memilih produk makeup dengan kandungan SPF, sehingga kulit memperoleh perlindungan lebih dari sinar matahari.


    (Baca juga: Intip 5 Rekomendasi Produk Sunscreen Stick Lokal)


    3. Terapi Laser

    Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

    (Laser Sebagai Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi Paling Efektif. Foto: Dok. bluecinema/iStock)


    Perawatan kulit dengan terapi laser mampu melapisi kembali kulit untuk menghilangkan kerutan di dahi. Ada dua jenis utama terapi laser yaitu ablatif dan non-ablatif. Laser ablatif merupakan metode pelapisan kembali kulit dengan memberikan luka mikro pada kulit untuk merangsang penyembuhan kulit itu sendiri. Laser jenis ini dianggap sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi paling efektif.


    Sedangkan laser non-ablatif merupakan metode pelapisan kembali tanpa melukai kulit. Merupakan metode modern, laser non-ablatif menggunakan teknologi cahaya atau ultrasound yang merangsang lapisan dermis kulit. Laser jenis ini membantu merangsang pertumbuhan serat kolagen baru yang berfungsi untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan kerutan.

    4. Berhenti Merokok


    Selain merusak organ dalam, seperti jantung dan paru-paru, merokok juga berdampak lho pada penampilan fisik kamu. Merokok berperan besar dalam membuat penampilan kamu tampak lebih tua. Dengan merokok, pembuluh darah menjadi lebih sempit, sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke kulit akan berkurang. Selain itu, produksi kolagen dan elastin tubuh, dua protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis, berkurang secara signifikan dengan merokok.


    Berhenti merokok menjadi jawaban untuk perbaikan kulit berkerut. Faktanya, kulit akan tampak lebih sehat setelah beberapa hari karena kolagen dan elastin memperbarui diri. Jadi, salah satu cara menghilangkan kerutan di dahi adalah dengan berhenti merokok, atau jangan pernah memulainya.

    5. Mengonsumsi Makanan Sehat

    Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi

    (Makan Makanan Sehat Supaya Tampil Awet Muda Tanpa Kerutan. Foto: Dok. amenic181/iStock)


    Kalimat “you are what you eat” mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Faktanya, kalimat tersebut memang telah terbukti oleh berbagai penelitian. Sebuah penelitian pada tahun 2007 membuktikan peran penting makanan dalam penuaan kulit. Para peneliti menemukan bahwa konsumsi vitamin C mengurangi risiko kerutan pada kulit. Pasalnya, vitamin C memiliki antioksidan yang membantu produksi kolagen pada kulit dan regenerasi sel kulit.


    Penelitian menunjukkan bahwa diet buah-buahan dan sayuran merupakan kunci kulit lebih sehat, khususnya di kalangan wanita. Kamu dapat menemukan beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin C alami seperti jambu merah, pepaya, jeruk, stroberi, dan brokoli.


    (Baca juga: 5 Makanan Pencegah Kerutan Di Wajah)


    Semoga beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin selalu tampil awet muda ya. Selamat mencoba!


    (Penulis: Audrey Josephine)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below