Bikin Bahagia, Ternyata Ini 5 Alasan Pentingnya Self Reward


  • Bikin Bahagia, Ternyata Ini 5 Alasan Pentingnya Self Reward
    (Image: Dok. Kate Hliznitsova/Unsplash)

    Self reward, atau kegiatan menghadiahi diri sendiri, bagi sebagian besar orang terkesan terlalu memanjakan diri dan selfish. Padahal sebenarnya tidak, lho. Mengapa? Menghadiahi diri sendiri setelah kerja keras atau mencapai suatu goal, dapat membantu menjaga kesehatan mental dan memotivasi kamu untuk bekerja lebih keras dan lebih baik lagi, serta dapat meningkatkan kepuasan diri sendiri. 

    Selengkapnya, berikut beberapa alasan pentingnya self reward setelah kerja keras yang kamu lakukan. 




    (Baca Juga: Ini 6 Hobi Yang Bisa Menenangkan Pikiran)


    1. Memberikan perasaan bahagia 

    self reward

    (Perasaan bahagia. Foto: Dok. Bruno Adam / Unsplash)


    Bayangkan kamu mendapatkan hadiah sesi spa, barang yang kamu idamkan, makanan lezat, atau liburan ke luar negeri selama seminggu, bagaimana perasaan kamu tentang hal ini? Sangat mendebarkan dan membahagiakan, bukan? Nah, itulah yang akan kamu rasakan saat kamu melakukan self reward, perasaan kamu menjadi lebih bahagia. 


    Saat mendapatkan hadiah (self reward), otak kamu akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamin, inilah yang membuat kamu merasa lebih positif dan bahagia. 


    2. Ini berfungsi sebagai penguatan positif 

    self reward

    (Penguatan yang positif. Foto: Dok. George Milton/ Pexels)


    Menurut artikel dari JMC Academy, rewards dapat menjadi salah satu cara yang bagus untuk memotivasi kamu bekerja lebih keras lagi dalam mencapai tujuan tertentu. Ketika suatu perilaku diikuti oleh hasil yang menyenangkan, kamu cenderung akan mengulangi perilaku tersebut, dan inilah yang disebut sebagai penguatan positif. Artinya, ketika kamu bekerja keras lalu mendapatkan reward yang menyenangkan, kamu akan mengulangi sikap kerja keras tersebut untuk mendaparkan reward lainnya di kemudian hari. Menghubungkan kerja keras dengan memberi reward secara efektif sangat baik untuk memberi motivasi.


    3. Bisa meningkatkan self-esteem

    self reward

    (Self-esteem. Foto: Dok. Pawel Czerwinski / Unsplash)


    Selain dapat membuat perasaanmu lebih bahagia, self reward juga dapat membantu meningkatkan harga diri (self-esteem). Pasalnya, memberikan reward dapat memvalidasi harga diri kamu; Ini memberitahu kamu bahwa kamu berharga dan perasaan senang itu layak kamu terima. Jadi, memberikan hadiah kecil dapat membantu meningkatkan harga diri kamu sendiri.


    4. Membantu melepas penat dan stres

    self reward

    (Melepas stres. Foto: Dok. Radu Florin/Unsplash)


    Melakukan self reward juga bisa menjadi salah satu cara bagus untuk membantu melepaskan penat dan stres. Setelah memanjakan diri, itu akan memberikan perasaan dan energi positif yang bisa membuat kamu merasa lebih siap beraktivitas lagi dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan lebih percaya diri. 

    Melakukan aktivitas dan pekerjaan menjadi lebih mudah jika kamu tidak dalam kondisi stres, bukan? 


    5. Karena kamu pantas mendapatkannya!

    self reward

    (Hadiah untuk diri sendiri. Foto: Dok. Kate Hliznitsova/Unsplash)


    Mengapa penting melakukan self reward? Jawabannya sederhana, kamu pantas mendapatkannya! Kamu sudah benar-benar bekerja keras dan berusaha. Jadi, sangat penting untuk menghargai diri sendiri. 



    Nah, sekarang sudah mengerti, kan alasan pentingnya self reward setelah kerja keras yang kamu lakukan. Namun pastikan kamu melakukan self reward dengan benar, ya karena kamu tentu tidak ingin rencana memanjakan diri sendiri berujung menjadi penyebab stres, misalnya saja, harus membayar tagihan kartu kredit yang membengkak setelah liburan atau berbelanja. 


    (Baca Juga: 4 Manfaat Aromatherapy Candle Yang Perlu Kamu Tahu)


    Pilihlah hadiah yang tepat dan sesuai dengan kemampuan finansial kamu, serta membuat kamu merasa bahagia, bersemangat, dan termotivasi. 






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below