5 Makanan Pencegah Kerutan Di Wajah


  • 5 Makanan Pencegah Kerutan Di Wajah
    Alpukat merupakan salah satu makanan pencegah kerutan di wajah. (Foto: Dok. Unsplash)

    Melakukan perawatan tubuh untuk menciptakan penampilan yang maksimal tidak hanya dilakukan dari luar, melainkan juga dalam tubuh melalui makanan. Tubuh akan menunjukkan reaksi dari makanan yang dikonsumsi melalui organnya, salah satunya adalah kulit. Selain menggunakan produk anti-aging, kamu dapat mencoba 5 makanan pencegah kerutan di wajah berikut ini untuk menyamarkan garis halus dan tanda-tanda penuaan sebagai cara alami.


    (Baca Juga: Rekomendasi Produk Anti Aging Untuk Kulit Wajah Berminyak)




    Pepaya

    Pepaya kaya akan antioksidan, vitamin A, C, E, dan K, dan mineral yang membantu meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. Buah ini juga mengandung enzim papain yang bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan memberikan manfaat anti penuaan.


    Tak hanya kerutan, pepaya juga membantu tubuhmu melepaskan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih cerah. Untuk memperkaya rasa, teteskan jeruk nipis di atas potongan pepaya sebelum disantap atau gunakan sebagai masker.


    (Pepaya mengandung enzim papain yang memberi manfaat anti-inflamasi dan anti penuaan. Foto: Dok. Unsplash)


    Bayam

    Sayuran berdaun hijau ini mampu menghidrasi kulit dan kaya akan anti-oksidan yang membantu mengoksidasi tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi mampu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk menjaga kekencangan dan kehalusan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A bermanfaat untuk menguatkan dan memperkilau rambut, sedangkan vitamin K di dalamnya berfungsi untuk mengurangi peradangan pada sel dalam tubuh. 



    (Kandungan antioksidan pada bayam mampu mengoksidasi tubuh. Foto: Dok. Unsplash)


    (Baca Juga: 6 Cara Efektif Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata)


    Brokoli

    Brokoli merupakan sayuran yang mengandung komponen anti-inflamasi dan anti-penuaan yang dilengkapi dengan vitamin C dan K, anti-oksidan, serat, lutein, dan kalsium. Untuk memproduksi kolagen yang membentuk elastisitas pada kulit, tubuhmu membutuhkan vitamin C.


    Oleh karena itu, kamu dapat mengonsumsi brokoli sebagai sayuran pelengkap makan siangmu atau sebagai snack dengan saus pesto untuk menambah rasa.


    (Brokoli membantu tubuh dalam memproduksi kolagen. Foto: Dok. Unsplash)

    Alpukat

    Kaya akan asam lemak, alpukat dapat membuat kulit lebih halus dan kenyal. Berbagai nutrisi yang dapat mencegah efek negatif penuaan juga terdapat di dalamnya, seperti vitamin K, C, E, A, dan B, serta kalium. Kandungan karotenoid di dalamnya dapat membantu menghalangi racun dan kerusakan akibat sinar matahari sekaligus melindungi dari kanker kulit.


    Kamu dapat mengonsumsi alpukat atau menjadikannya sebagai masker untuk melawan peradangan, mengurangi kemerahan, dan kerutan di wajah.



    (Selain mengurangi kerutan, alpukat dapat melawan peradangan dan mengurangi kemerahan di wajah. Foto: Dok. Unsplash)


    (Baca Juga: 7 Rekomendasi Serum Anti Aging Dari Brand Lokal)


    Kacang-kacangan

    Banyak kacang-kacangan yang menjadi sumber vitamin E yang bagus, terutama pada almond. Vitamin E tersebut dapat memperbaiki jaringan kulit, mempertahankan kelembapan kulit, dan melindungi dari kerusakan sinar UV. Sementara pada asam lemak omega-3 dapat memperkuat membran sel kulit, dan membuat kulit berkilau dengan mempertahankan natural oil barrier.


    Pastikan kamu tidak membuang kulitnya saat mengonsumsi kacang-kacangan karena penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa 50% atau lebih kandungan antioksidannya akan hilang tanpa kulit.



    (Kacang-kacangan mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kulit wajah. Foto: Dok. Unsplash)


    Dari 5 makanan pencegah kerutan di wajah tersebut, mana yang sudah kamu konsumsi secara rutin?


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

5 Makanan Pencegah Tiroid

5 Makanan Pencegah Tiroid

oleh Kiki Riama Priskila

3 Makanan Pencegah Kanker Payudara

3 Makanan Pencegah Kanker Payudara

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below