Life & health

Lindungi Keluarga, Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut

By : Her World Indonesia - 2022-05-10 16:00:01 Lindungi Keluarga, Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut

Penyebaran Hepatitis Akut di seluruh dunia semenjak 15 April 2022 sudah menghilangkan nyawa tiga anak di Indonesia yang dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), seperti yang dilaporkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.


Penyebab Hepatitis Akut diduga adalah SARS CoV-2, Virus ABV, Adenovirus, dan virus-virus lain yang menyerang saluran pernapasan dan pencernaan. Namun, Kementerian Kesehatan masih menelusuri lebih lanjut penyebab dari penyakit ini melalui panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi. Penyakit yang menular melalui asupan makanan atau mulut ini rentan menyerang anak sehingga para orang tua perlu waspada terhadap penyakit Hepatitis Akut.


Mari kita kenali gejala dan cara mencegah Hepatitis Akut demi melindungi anak dan saudara.


(Baca Juga: Berikut 7 Cek Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Sejak Dini)


Gejala Hepatitis Akut


(Gejala kuning tanda infeksi Hepatitis sudah parah. Foto: Dok. Jun/iStock)


Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari Sp. A, dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi di RSCM Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memaparkan beberapa gejala awal dari Hepatitis Akut, yaitu mual, muntah, sakit perut, diare. Beberapa penderita juga mengalami demam ringan.


Kemudian, gejala tersebut akan beralih ke gejala yang lebih berat, seperti warna tinja yang putih pucat dan warna kencing yang kuning kecokelatan pekat menyerupai teh. Jika tidak ditangani lebih lanjut, gejala kuning akan muncul ketika infeksi Hepatitis sudah sangat berat dan dapat menyebabkan penderita kehilangan kesadaran. 


Jika anak mengalami gejala ringan, segera cari pertolongan medis dan bawa ke rumah sakit terdekat. Disarankan juga untuk mengecek SGPT-SGOT anak ketika sudah mulai demam, jika hasil melampaui angka 100, segera bawa ke fasilitas kesehatan yang memadai. Perlu diingat bahwa nilai normal SGPT-SGOT adalah sekitar 30. Jangan tunggu sampai gejala semakin berat karena kemungkinan untuk menyelamatkan anak semakin tipis.


Cara Mencegah Hepatitis Akut

Penyakit Hepatitis Akut dapat dicegah cukup dengan menaati protokol kesehatan COVID-19, yaitu:

• Memakai masker (jenis N95, KN95, KF94, dan masker bedah)

• Menjaga jarak (sekitar 6 kaki atau 1,8 meter)

• Sering mencuci tangan dengan benar 

• Kurangi mobilitas dan hindari kerumunan ketika harus bepergian ke luar rumah

Dengan mematuhi protokol yang ada, maka penyebaran Hepatitis Akut akan terhambat dan keluarga tetap terlindungi. 


(Baca Juga: Waspada 9 Penyakit Yang Mudah Menyerang Saat Banjir)


Itulah gejala dan cara mencegah hepatitis akut yang wajib diketahui untuk melindungi anak dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Life & health