Berikut 7 Cek Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Sejak Dini


  • Berikut 7 Cek Kesehatan Yang Wajib Dilakukan Sejak Dini
    Berkaca dari musibah yang menimpa Ashraf Sinclair, berikut adalah cek-cek kesehatan yang wajib kamu lakukan sebelum terlambat (Foto: Dok. Pexels)

    Kualitas fisik manusia akan menurun tiap tahunnya. Oleh sebab itu, sejumlah kebiasaan hidup sehat kini mulai dilakukan oleh mereka yang telah lepas dari usia 27. Awareness semakin baik dan pemahaman tentang olahraga serta makanan sehat juga kian membanjir di banyak portal berita dan media sosial. Tapi, bagaimana dengan medical check up? Apa sudah mulai direncanakan untuk dilakukan? Apa sudah kamu siapkan dana khusus untuk hal ini?


    Nyatanya langkah ini amat penting untuk mengetahui kondisi raga secara lebih holistik sebelum semuanya terlambat. Mengapa? Sebab hampir semua penyakit kronis punya peluang sembuh lebih besar jika diketahui sejak awal dan beberapa illness yang sifatnya genetis baru akan diketahui lewat pemeriksaan ini. Apa saja jenis tes yang harus dilakukan? Berikut adalah daftarnya.




    1. Pemeriksaan Hepatitis

    Sebagai salah satu penyakit berbahaya yang bisa berujung pada kanker hati, hepatitis yang penularannya seringkali tak disadari bisa jadi satu ancaman besar bagi mereka yang terlambat mengetahui. Oleh sebab itu, tes antibodi pada hepatitis B dan C amat wajib dilakukan khususnya bagi kamu yang sexually active.


    2. Fungsi hati dan ginjal

    Dilakukan untuk mengetahui kelainan yang mungkin terjadi pada ginjal dan hati melalui tes darah dan urin.


    3. Gula darah dan kolesterol

    Demi mendeteksi risiko diabetes dan darah tinggi, maka tes ini wajib dilakukan khususnya bagi kamu yang belum menikah dan akan hamil serta punya anak. Sebab kadar gula tinggi pada ibu hamil akan membahayakan kondisi ibu dan anak terutama saat akan melahirkan serta kondisi kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari. Early awareness tentu akan membantu untuk mawas diri.


    4. Kondisi jantung

    Perlu diketahui agar kamu bisa lebih tenang dalam menjalani aktivitas sehari-hari khususnya jika rutin melaksanakan olahraga berat. Namun meski terbukti sehat, kamu juga tetap harus membatasi aktivitas agar jantung tak bekerja terlalu keras. Jika kurang tidur atau istirahat, jangan paksakan melakukan olahraga yang memacu intensitas detak jantung. Karena, organ juga perlu istirahat cukup sebelum digunakan kembali. Jika tidak, bisa fatal akibatnya bahkan berujung kematian.


    5. USG Perut

    Tak hanya untuk memeriksakan segala macam hal yang berkaitan dengan kehamilan, USG juga bisa mendeteksi beberapa masalah kesehatan seperti sistem empedu, lambung, sistem urinasi (perkemihan), sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah), usus buntu, hingga pembesaran kelenjar getah bening.


    6. USG Payudara

    Salah satu tes wajib bagi kaum perempuan. Tak hanya mampu mendeteksi tumor dan kanker payudara sejak awal, tes ini juga bisa menyelamatkanmu dari pengamputasian payudara jika penyakit terlanjur kronis.


    7. Pap Smear dan Pemeriksaan Infeksi Menular Seksual

    Bagi kamu yang aktif berhubungan seksual, tes ini akan menyelamatkanmu lebih dini dari risiko kanker serviks, gonorrhea, sifilis, trichomoniasis, dan penyakit menular seksual lainnya.


    Setelah diketahui secara pasti, maka kamu akan lebih paham bagaimana cara menjaga kesehatan, makanan apa yang mulai harus dihindari, olahraga seperti apa yang aman dilakukan, bahkan vitamin apa yang wajib dikonsumsi bisa dipahami sejak dini. Hidup kamu pun bisa jadi lebih sehat.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below