Apakah Mentimun Benar Bekerja Baik Sebagai Kompres Mata?


  • Apakah Mentimun Benar Bekerja Baik Sebagai Kompres Mata?
    Mentimun untuk mata (Photo by cottonbro from Pexels)

    Mentimun sering dikaitkan dengan relaksasi dan kecantikan. Itulah mengapa, sudah sejak lama orang-orang percaya bahwa menempatkan mentimun di atas mata dapat membantu menenangkan bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Mentimun juga dipercaya dapat memberikan efek hidrasi yang bisa mengurangi kekeringan dan kemerahan pada mata. 


    Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya: "Apakah irisan mentimun benar-benar bermanfaat untuk mata?" Teruslah membaca untuk mengetahui jawabannya. 




    (Baca Juga: Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah)


    Apakah mentimun benar-benar bekerja baik sebagai kompres mata? 

    manfaat mentimun

    (Mentimun untuk mata. Photo by Angela Roma from Pexels)


    Jawaban singkatnya, iya. Mentimun lebih dari sekadar aksesori kecantikan selama perawatan wajah, tetapi memiliki sejumlah manfaat untuk mata kamu.


    Meskipun ada sejuta pilihan perawatan mata saat ini, terkadang orang-orang dengan mata bengkak mencari cara yang mudah diakses. Tak heran jika mentimun menjadi andalan untuk mengatasi masalah mata bengkak atau puffy eyes, karena termasuk bahan alami, murah, dan mudah ditemukan. 


    Menurut satu studi tahun 2015 dalam The Journal of Aging Research and Lifestyle, mentimun mengandung sekitar 95 persen air, jadi, tidak mengherankan jika mentimum mampu memberikan efek menghidrasi bagi kulit, termasuk saat menaruhnya di atas mata —sebagai kompres mata. Puffy eyes dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah dehidrasi. Menggunakan mentimun sebagai kompres mata dapat memberikan hidrasi pada area kulit sekitar mata, sehingga mengurangi pembengkakan mata. 


    Selain mampu menghidrasi kulit, mentimun juga dapat meningkatkan produksi kolagen membuat kulit lebih kenyal dan kencang, berkat kandungan silika di dalamnya. Penurunan jumlah kolagen yang disertai dengan paparan sinar matahari, itu artinya penuaan pada kulit pun tidak dapat dihindari seperti muncul kerutan di bawah mata dan kulit kendur —memberikan kesan kelelahan dan tampak lebih tua. Mentimun juga memiliki efek mendinginkan yang bisa menenangkan kemerahan pada mata, mengurangi iritasi dan pembengkakan.


    Satu tahun berselang, sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia, menunjukan bahwa kandungan vitamin K, vitamin C, asam folat dan antioksidan dalam mentimun dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, mencerahkan kulit, dan mencegah munculnya garis-garis halus. 


    Bagaimana cara menggunakannya?

    manfaat mentimun

    (Mentimun. Photo by Senivpetro on Freepik)


    Untuk menggunakan mentimun sebagai kompres mata, simpan mentimun di dalam lemari es terlebih dahulu. Mulailah dengan kulit yang bersih dan kering. Potong salah satu ujung mentimun dan buang. Kemudian potong dua buah mentimun setebal sekitar satu setengah sentimeter. Jika kamu khawatir mengenai risiko bahan kimia pertanian, kamu bisa mengupas kulit mentimun. Berbaringlah dalam posisi yang nyaman, kemudian tutup mata, dan letakkan irisan mentimun di setiap mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika menggunakan mentimun bersama masker wajah, aplikasikan masker wajah terlebih dahulu.


    Jika satu sisi mentimun menjadi lebih hangat, kamu bisa membalikkan ke sisi sebaliknya dan nikmati sensasi dingin dan segarnya lagi.


    Kamu dapat menggunakan waktu ini untuk sekaligus bersantai, misalnya, lakukan sambil mendengarkan musik atau podcast.


    Kamu dapat melakukan cara ini sebanyak yang kamu mau, tetapi penting diketahui untuk tidak boleh menggunakan kembali irisan mentimun yang sama —segera buang setelah dipakai. 


    Jika kamu tidak melihat hasil apa pun dari cara ini, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter kulit tentang lingkaran hitam atau bengkak yang berlebihan di bawah mata. Meskipun jarang, namun itu bisa menjadi tanda awal kondisi kesehatan lain yang membutuhkan penanganan khusus. 


    Satu lagi, meskipun mentimun dinilai aman dan tidak menimbulkan iritasi, namun kamu tetap harus berhati-hati jika memulai rutinitas ini untuk pertama kalinya.


    (Baca Juga: Yuk Intip 5 Manfaat Buah Cherry Untuk Kecantikan)


    Dianjurkan untuk melakukan patch test terlebih dahulu dengan menempatkan irisan mentimun pada area kulit lainnya sebelum menempatkannya pada area mata. Kamu mungkin tidak sadar jika memiliki alergi terhadap mentimun, dan mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif yang bisa meningkatkan risiko infeksi mata. 






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below