Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah


  •  Bekas Jerawat Hilang, Ini 6 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah
    Gel lidah buaya. (Foto: Dok. Mars Bars/iStock)

    Aloe vera atau lebih familier dengan sebutan lidah buaya adalah salah satu tanaman kaktus yang mungkin menghiasi halaman rumah. Kerap disebut sebagai wonder plant, lidah buaya menyimpan khasiat yang kaya manfaat untuk kesehatan dan juga penampilan tiap-tiap individu. Dari ujung rambut hingga seluruh wajah, lidah buaya bisa jadi penyelamat untuk atasi berbagai masalah wajah yang kamu alami.


    Tanaman kaktus yang banyak tumbuh di wilayah Afrika Utara ini telah lama menjadi bagian dari hidup manusia, lebih dari sekadar penghias hunian. Mulai dari perisa makanan, bahan produk kecantikan, suplemen makanan, hingga pengobatan herbal. Bila kamu sedang mengalami masalah wajah, seperti jerawat maupun flek hitam, dan sudah mencoba berbagai produk perawatan tapi tak kunjung membaik.




    (Baca Juga: Ketahui Pentingnya 7 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan)


    Mungkin yang kamu perlukan hanyalah gel lidah buaya. Kenali beberapa manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa jadi solusi masalah kulitmu. Penasaran apa saja?


    1. Melembapkan kulit kering


    Sebagian besar kandungan yang tersimpan dalam lidah buaya adalah air. Jadi, kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya untuk melembapkan kulit kering, tanpa membuat wajahmu terasa berminyak. Selain itu, aloe vera juga berperan sebagai lem sehingga bisa membuat kulit wajah tampak halus dan lembut.


    Kamu cukup mengaplikasikan gel pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan wajah dengan menepuk-nepuk secara perlahan menggunakan handuk.


    manfaat lidah buaya untuk wajah

    (Gel lidah buaya. Foto: Dok. Natalia Lagutkina/iStock)


    2. Mengatasi jerawat


    Jika kamu memiliki masalah jerawat yang cenderung ringan atau sedang, lidah buaya bisa jadi obat yang ampuh untuk mengatasinya. Selain kandungan anti jamur dan bakteri, lidah buaya juga menyimpan asam salisilat atau salicylic acid, salah satu kandungan yang dikenal dapat membersihkan pori-pori. Lidah buaya pun bisa kamu jadikan bahan untuk menghilangkan bekas jerawat.

    Kamu bisa membuat face mask alami dengan mencampurkan lidah buaya dan air lemon dalam perbandingan 8:1. Setelah tercampur rata, aplikasikan secara menyeluruh ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Masker ini dikenal mampu atasi masalah jerawatmu, tapi hindari area mata ketika mengaplikasikannya.


    3. Menghilangkan area hitam pada mata

    Manfaat lidah buaya untuk wajah ini bisa dimanfaatkan untukmu yang kerap tidur malam dan langsung insecure melihat lingkaran hitam di area mata. Dengan kandungannya yang dapat melembapkan kulit, lidah buaya pun perlahan dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata.


    Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada kulitmu dan diamkan semalam, kemudian dibilas saat kamu mencuci wajah. Kamu pun bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lain seperti air lemon, madu, ataupun air mawar.


    (Baca Juga: Apa Itu Moisturizing dan Mengapa Pentingnya Pakai Pelembap)


    4. Menenangkan kulit terbakar akibat panas matahari


    Aloe vera gel sudah lama dikenal sebagai salah satu cara unutk menenangkan kulit yang terbakar akibat panas matahari. Lidah buaya menyimpan gula yang berperan dalam penyembuhan luka sekaligus memiliki kandungan anti inflamasi. Sensasi dingin yang diberikan gel lidah buaya ini tentu membantu area kulit yang terbakar jadi lebih tenang.


    Kamu dapat mengaplikasikan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar setidaknya dua kali sehari. Lakukan secara rutin hingga warna kulit kembali normal. Namun, jika kamu tidak ingin mengaplikasikannya secara topikal, campurkan air dan lidah buaya dengan perbandingan 2:1, lalu disimpan dalam kulkas sebelum digunakan.


    manfaat lidah buaya untuk wajah

    (Lidah buaya dalam bentuk spray. Foto: Dok. Veronika Vitskova/iStock)


    5. Menyamarkan kerutan halus pada wajah


    Tanda-tanda penuaan terlihat ketika timbul kerutan-kerutan pada area wajah dan lidah buaya, dengan segala manfaatnya bagi kulit, juga bisa jadi solusi untuk samarkan tanda-tanda penuaan. Baik diminum dalam bentuk suplemen atau diaplikasikan sebagai pelembap, lidah buaya terbukti bisa samarkan kerutan pada wajah.


    Melalui penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu, lidah buaya memiliki molekul yang bernama sterols. Molekul ini yang meningkatkan produksi kolagen dan hyaluronic acid pada kulit sehingga kelembapannya tetap terjaga agar kerutan pun ikut tersamarkan.


    (Baca Juga: Intip 5 Masker Wajah Alami Untuk Menghilangkan Kulit Kusam)


    Inilah beberapa manfaat lidah buaya yang baik untuk wajah. Mungkin saja semua masalah kulit wajah yang kamu alami bisa terselesaikan dengan lidah buaya. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below