Bukan Cuma Lawan Kanker, Ini Manfaat Ubi Jalar


  • Bukan Cuma Lawan Kanker, Ini Manfaat Ubi Jalar
    Intip manfaat ubi jalar. (Foto: Dok. Floortje/iStock)

    Makanan yang berbahan dasar ubi jalar bisa dibuat menjadi camilan, kue bolu, pudding hingga minuman. Ubi jalar mempunyai kandungan vitamin A, serat, dan potansium yang bermanfaat bagi tubuh. Ubi jalar juga mengandung gula alami yang lebih banyak dari kentang dan mampu melawan kanker karena kandungan antioksidannya. Sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, berikut ini manfaat ubi jalar untuk kesehatan.


    1. Menurunkan berat badan

    manfaat ubi jalar

    (Ubi jalar mampu menurunkan berat badan. Foto: Dok.stockvisual/iStock)

    Bagi kamu yang sedang menjalani program diet maka mengonsumsi ubi jalar adalah cara yang tepat. Pasalnya, ubi jalar mengandung kalori yang rendah, serat sehingga dapat membuatmu kenyang dalam waktu lama. Hal ini tentu menguntungkan bagi kamu atau orang-orang yang tengah diet. Rasa ingin makan atau ngemil pun akan berkurang karena perut terasa lebih kenyang.



    Cara terbaik mengonsumsi ubi jalar untuk menurunkan berat badan adalah dengan dipanggang, dikukus, atau direbus. Atau kamu juga bisa menambahkan ubi jalar ke dalam campuran salad atau yogurt.


    2. Menjaga kekebalan tubuh

    Saat ini kekebalan tubuh harus tetap dijaga agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh adalah ubi jalar sebab beta karoten pada ubi jalar bisa diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

    Dalam sebuah penelitian, jika seseorang kekurangan vitamin A maka dapat meningkatkan radang usus dan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Maka dari itu, konsumsi ubi jalar secara rutin dapat membantu menjaga kekebalan tubuh.


    (Baca Juga: Bukan Cuma Untuk Diet, Ini Lho Manfaat Buah Plum)


    3. Menjaga kesehatan mata

    Tak hanya menjaga kekebalan tubuh, ubi jalar juga mampu menjaga kesehatan mata karena kandungan beta karotennya. Saat dikonsumsi, beta-karoten dalam ubi jalar akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya dalam mata.

    Kurangnya vitamin A dapat menimbulkan xerophthalmia dan bisa berkembang menjadi rabun senja atau bahkan berpotensi merusak kornea mata. Manfaat ubi jalar bagi kesehatan mata ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi 200 gram atau secangkir ubi jalar berwarna oranye, yang dipanggang dengan kulitnya. 


    4. Meningkatkan kinerja otak

    Ubi jalar ungu juga dapat meningkatkan kinerja otak. Manfaat ubi jalar ungu ini berasal dari kandungan anthocyanin yang dapat meningkatkan memori dengan menangkal radikal bebas. 

    Selain itu, ubi jalar juga mampu meningkatkan kesehatan otak dengan mengurangi peradangan serta mencegah penurunan mental. Namun terkait hal ini, perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ubi jalar bagi kesehatan kinerja otak.


    5. Melindungi sistem pencernaan

    manfaat ubi jalar

    (Masalah pencernaan bisa diatasi dengan mengonsumsi ubi jalar. Foto: Dok.LightFieldStudios/iStock)

    Bagi kamu yang mempunyai masalah pencernaan mungkin bisa mencoba mengonsumsi ubi jalar karena kandungan serat yang ada di dalamnya mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga dapat membuat sistem pencernaan agar tetap sehat. 


    (Baca Juga: Ketahui 7 Manfaat Kurma Muda Bagi Kesehatan)


    6.  Mengatasi diabetesmanfaat ubi jalar

    (Kandungan indeks glikemik rendah pada ubi jalar mampu membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Foto: Dok.adrian825/iStock)

    Kandungan indeks glikemik yang rendah pada ubi jalar terbukti mampu membantu resistensi insulin pada penderita diabetes. Hal ini juga dibantu dengan kandungan serat yang ada di dalamnya. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi serat secara teratur dapat membantu mengendalikan kadar gula darah penderita diabetes.  Selain itu, ubi jalar mengandung vitamin C yang baik untuk memelihara kekebalan tubuh serta mengurangi risiko peradangan dalam tubuh.


    7. Menurunkan tekanan darah

    Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu meningkatkan asupan kalium dalam tubuh. Kalium dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi ketegangan pada jantung, serta membantu mengatur denyut jantung dan kontraksi otot.

    Namun disarankan untuk mengolah ubi jalar dengan tidak menambah garam secara berlebihan, karena kelebihan garam (sodium) dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 


    Itu dia beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan. Namun, kamu juga perlu menyeimbanginya dengan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan mengurangi makanan kurang sehat, seperti junk food dan gorengan. Semoga bermanfaat!


    (Penulis: Tiara Kandida E)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below